Tradisi Lebaran Unik di Dunia, Yuk Ketahui Supaya Eid Mubarak Makin Semarak

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Luar Negeri
Tradisi Lebaran Unik Tradisi Lebaran Unik

Di Indonesia, lebaran sangat identik dengan silaturahmi, ketupat, opor, dan berbagai jajanan. Untuk anak-anak, lebaran di Indonesia selalu identik dengan uang galak gampil ya Teman Traveler. Lalu bagaiman dengan tradisi negara lain? Maka dari itulah Travelingyuk akan mengulik tradisi lebaran unik dari negara lainnya, supaya Hari Kemenangan makin semarak.

Arab Saudi

Diisi dengan pertunjukan menari, via
Diisi dengan pertunjukan menari, via Shutterstock

Tradisi lebaran unik yang pertama dari Arab Saudi. Silaturahmi memang hal yang wajib saat Idul Fitri. Namun di Arab Saudi ada aktivitas lainnya yang dilakukan saat lebaran, yakni mengadakan berbagai pertunjukan seperti halnya pembacaan puisi, musik, tari-tarian, dan beragam pertunjukan lainnya.

Tidak hanya itu saja, untuk menambah semarak perayaan Hari Kemenangan, masyarakat Saudi juga menghiasa rumah mereka dengan berbagai pernik lebaran.

Sementara itu kuliner yang banyak tersedia adalah beras basmati yang diolah dengan daging domba kemudian dicampur dengan beragam sayuran tradisional. Tapi meskipun begitu, perayaan Idul Fitri di Arab Saudi masih kalah meriah dengan Idul Adha.

China

Mengenakan peci putih, via website/xora.pro
Mengenakan peci putih, via website/xora.pro

Sementara itu di China, terutama di daerah Xianjiang dan Yunnan akan terasa beragam kemeriahan lebaran. Kedua wilayah tersebut memang mayoritas penduduknya muslim. Dan tradisi lebaran di sana adalah mengenakan baju khas lebaran. Yakni, bagi kamu pria mereka akan mengenakan jas dan kopiah berwarna putih.

Bagi para wanita, akan menggunakan baju hangat dan kerudung. Di sana juga ada tradisi mengunjungi makam leluhur atau makam tokoh Muslim setempat yang biasa disebut dengan ziarah.

Turki

Lebaran di Turki, via website/inspiration.rehlat.com
Lebaran di Turki, via website/inspiration.rehlat.com

Perayaan Hari Raya Idul Fitri di Turki juga tidak kalah meriah. Idul Fitri disebut dengan kata ‘Bayram’. Kala itu orang-orang akan mengenakan pakaian yang bernama Bayramlik, kemudian mereka akan memberikan salam antara satu sama lain dengan ucapan lebaran “Multu Bayramlar”, atau Bayraminiz Kultu Olsu” yang memiliki arti selamat Hari Raya Bayram.

Uniknya, jika silaturahmi kebanyakan masyarakat Indonesia akan memberikan galah gampil, mereka akan yang lebih muda akan mendapatkan hadiah berpa permen, cokelat, ataupun makanan tradisional khas Turki. Unik sekali, seperti perayaan Halloween bukan?

Australia

Lebaran di Australia, via website/lifestan.com
Tradisi lebaran unik di Australia, via website/lifestan.com

Sementara itu di Australia, perayaan Idul Fitri dimeraihkan dengan Festival Multi Kultur. Di sini, tidak hanya melibatkan umat Muslim saja melainkan yang lainnya juga. Acara ini terbuka untuk semua orang, bahkan pejabat juga kerap datang. Festival ini akan diisi dengan banyak hal, kuliner, pertunjukan, dan lain-lain. Idul Fitri semakin mempererat silaturahmi, untuk sesama manusia.

Semoga Idul Fitri kali ini Teman Traveler bisa berkumpul dengan orang-orang tersayang ya. Oh iya, mudik 2019 dengan aman dan utamakan keselatamatan.