Tradisi Lebaran di Inggris, Para Cowok Potong Rambut

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Budaya
Tradisi Lebaran di Inggris Tradisi Lebaran di Inggris

Teman Traveler sudah cukup familiar dengan kebiasaan perayaan lebaran di Indonesia, kan. Nah bagaimana kalau tradisi lebaran di Inggris? Apakah ada yang sama dengan Indonesia? Daripada penasara, disimak saja ulasan berikut.

Para Cowok Potong Rambut

Ilustrasi Para Cowok Potong Rambut via Shutterstock
Ilustrasi Para Cowok Potong Rambut via Shutterstock

Tradisi lebaran yang dilakukan oleh para pria di Inggris adalah memotong rambut. Jadi biasanya sehari sebelum perayaan tiba, mereka akan pergi ke barbershop favorit. Memangkas rambut sampai rapi. Menandakan bahwa mereka siap menyambut hari kemenangan dengan fresh.

Dekorasi Rumah

Tradisi Lebaran di Inggris
Ilustrasi Membersihkan Rumah Lalu Didekor via Shutterstock

Bukan hanya memperindah diri, rumah masing-masing juga didekorasi agar terlihat lebih cantik dan rapi. Mereka akan membersihkan rumah, membeli sedikit furnitur baru, dan memasang dekorasi berbau Idul Fitri. Apakah rumah Teman Traveler juga dihiasi untuk menyambut lebaran?

Silaturahmi ke Rumah Saudara

Ilustrasi Silaturahmi ke Rumah Saudara via Shutterstock
Ilustrasi Silaturahmi ke Rumah Saudara via Shutterstock

Tradisi lebaran ini memang umumnya dilakukan hampir semua umat Muslim saat lebaran tiba. Setelah salat Idul Fitri, mereka akan kembali ke rumah masing-masing. Kemudian silaturahmi ke rumah saudara maupun teman dekat.

Ziarah

Kalau di Indonesia, biasanya ziarah dilakukan beberapa hari sebelum puasa. Mereka akan membersihkan makam keluarga dan menabur bunga. Nah umat Muslim di Inggris, juga melakukan ziarah pada hari lebaran.

Makan Bareng Keluarga Inti

Ilustrasi Makan Bareng Keluarga Inti via Shutterstock
Ilustrasi Makan Bareng Keluarga Inti via Shutterstock

Umat Muslim di Inggris juga punya sesi makan bareng setelah salat Idul Fitri. Seluruh anggota keluarga berkumpul di meja, menikmati beragam menu yang disajikan. Beberapa kulinernya berasal dari Asia Selatan, di antaranya samosa, simeya, dan handesh.

Kasih Hadiah atau Galak Gampil

Kasih Hadiah via Shutterstock
Kasih Hadiah via Shutterstock

Tradisi lebaran di Inggris satu ini membuat anak-anak begitu senang. Apalagi kalau bukan bagi-bagi hadiah atau galak gampil. Hadiah maupun uang tersebut diberikan oleh para orang tua.

Muslim Keturunan Asia Selatan Pakai Baju Khas

Tradisi Lebaran di Inggris
Salwar Kameez via Shutterstock

Beberapa Muslim di Inggris ada yang pindah maupun keturunan Asia Selatan. Nah saat lebaran tiba mereka ada yang memilih memakai pakaian khas. Kalau laki-laki menggunakan gamis, sedangkan perempuan mengenakan salwar kameez.

Menghadiri Festival Idul Fitri

Trafalgar Square via Shutterstock
Trafalgar Square via Shutterstock

Perayaan Idul Fitri juga disemarakkan dengan adanya festival, seperti yang berlangsung di Trafalgar Square. Atraksi menariknya adalah konser musik religi dan pertunjukan kaligrafi. Selain itu ada juga booth yang menjual beragam barang dari Mesir, Libanon, dan Moroko. Bebas, deh, mau belanja apa.

Begitulah setidaknya 8 kebiasaan dalam merayakan lebaran di Inggris. Ada tradisi khusus apa di daerah Teman Traveler?