Tradisi Berburu di Indonesia, Dari Hutan Sampai Dasar Samudera yang Kadang Kontroversial

Suku Bajau
Suku Bajau berburu ikan via Instagram/bajaubeats

Indonesia memiliki kekayaan budaya dan alam yang luar biasa besar. Setiap suku di Indonesia memiliki tradisi berbeda-beda yang kerap tercipta karena kondisi alam yang mereka tempati. Salah satu tradisi yang menyebar merata di Indonesia adalah berburu hewan. Bukan cuma di hutan belantara, masyarakat Indonesia juga berburu ke dasar samudera. Berikut adalah tradisi berburu di Indonesia yang masih ada sampai saat ini.

Berburu Baleo di Lamalera

Lamalera, Lembata
Lamalera, Lembata via Instagram/oscarsiagian

Berburu ikan paus (baleo) sudah menjadi tradisi warga Lamalera, Kabupaten Lembata selama ratusan tahun. Memanfaatkan lokasi mereka sebagai salah satu jalur migrasi paus, masyarakat Lamalera melakukan perburuan ikan raksasa itu secara tradisional selama periode Mei hingga Oktober. Seluruh prosesi perburuan dilakukan dengan ritual khusus. Meski sempat menuai kontroversi, namun perburuan ini kini justru menjadi salah satu daya tarik wisata di Lamalera.

Berburu Penyu Beracun di Mentawai

Penyu di Mentawai.
Penyu di Mentawai. via Instagram/malinggaiumatradisional

Sebagian tradisi perburuan saat ini sudah berusaha dihentikan oleh pemerintah, salah satunya adalah perburuan penyu oleh Suku Mentawai. Pemerintah melarang perburuan penyu ini karena dua alasan besar. Yang pertama adalah karena populasi penyu yang terus menurun dan yang kedua adalah karena daging penyu bisa sangat beracun. Daging penyu bisa mengandung arsenik yang mematikan bagi manusia.

Nganyang Rusa di Sumbawa

Tradisi Nganyang di Sumbawa Barat.
Tradisi Nganyang di Sumbawa Barat.via Instagram/ammanmineral

Tradisi Nganyang di Sumbawa Barat sudah berlangsung secara turun-temurun. Nganyang adalah perburuan dilakukan untuk menghalau hewan liar yang merusak perkebunan warga. Saat ini, Nganyang sudah diperlombakan dengan memburu rusa liar. Perlombaan ini juga sudah menjadi salah satu daya tarik wisatawan.

Berburu Hama Babi Hutan

Perburuan hama babi hutan. via Instagram/lajarterkembang

Bagi para petani tradisional, babi hutan bisa menjadi hama yang kerap merusak tanaman mereka. Di hampir semua tempat di Indonesia, babi hutan menjadi salah satu hewan buruan utama karena jumlahnya yang banyak dan sifatnya yang dinilai merugikan manusia. Dari Sumatra Utara, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Lombok, hingga Papua memiliki tradisi memburu babi hutan dengan nama yang berbeda-beda. Saat ini, perburuan hama babi hutan sudah menjadi hobby yang didukung oleh Perbakin.

Menyelam Berburu Ikan ala Suku Bajau

Suku Bajau.
Suku Bajau. via Instagram/mister_sticky

Suku Bajau kerap disebut sebagai suku nomaden di lautan. Selama berabad-abad, mereka menjalani hidup di atas lautan. Mereka berpindah dari satu pulau ke pulau lainnya. Suku Bajau tentu saja mengandalkan laut untuk mencari makan. Mereka menyelam tanpa alat dan mencari ikan menggunakan peralatan tradisional yang sederhana.

Tags
Indonesia tradisi berburu Wisata
Share