Inikah Tempat Pembuangan Akhir dengan View Paling Keren?

Advertisement

Jika biasanya pemandangan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) hanya berupa tumpukan sampah maka lain halnya dengan TPA kabupaten Pacitan. Selain sampah ada pemandangan lain yang bikin tempat ini terlihat keren, yaitu keindahan Teluk Pacitan. Bisa jadi ini adalah salah satu TPA dengan pemandangan paling keren di Indonesia.

Apa yang ada di benak traveler saat mendengar nama Tempat Pembuangan Akhir (TPA)? Sampah, bau dan kotor pasti tak jauh dari kata-kata tadi. Tidak salah dan wajar karena TPA memang tempatnya sampah berkumpul. Tapi ada yang beda dengan TPA di Pacitan, ada pemandangan pantai yang bikin tempat tersebut cocok buat hunting foto.

Tempat Pembuangan Akhir Pacitan (Anton/Travelingyuk)
Tempat Pembuangan Akhir Pacitan (Anton/Travelingyuk)

Travelingyuk pernah iseng-iseng masuk ke kawasan TPA Pacitan yang ada di desa Dadapan tepatnya di pinggir jalan Pacitan-Solo, kecamatan Pringkuku buat melihat-lihat kondisi tempat pembuangan akhir kota kecil yang menyabet penghargaan Adipura 8 kali secara beruntun ini.

TPA Pacitan punya view keren menghadap Teluk Pacitan, (Anton/Travelingyuk)
TPA Pacitan punya view keren menghadap Teluk Pacitan, (Anton/Travelingyuk)

Awal masuk melewati pintu gerbang bau tak sedap sudah mulai tercium, kami pikir wajar lah namanya juga tempat berkumpulnya sampah dari seluruh penjuru Pacitan. Saat itu belum nampak gunungan sampah, setelah berjalan beberapa ratus meter melewati mesin pengolahan sampah barulah tumpukan sampah terlihat dan bau tak sedap kian menyengat.

Pengolahan Limbah di TPA Pacitan, (Anton/Travelingyuk)
Pengolahan Limbah di TPA Pacitan, (Anton/Travelingyuk)

Eits tapi tunggu dulu, karena ada kejutan saat datang ke TPA ini. Tidak diduga kalau ternyata pembuangan sampah akhir ini berada di atas bukit yang menghadap ke Teluk Pacitan. Dari tempat ini terlihat indahnya Samudera Hindia serta deretan Gunung Lima yang menjadi ikon kota kelahiran SBY ini.

Pemandangan di TPA Pacitan, (Anton/Travelingyuk)
Pemandangan di TPA Pacitan, (Anton/Travelingyuk)

Karena posisinya yang menghadap ke arah timur bukan tidak mungkin jika TPA Pacitan bisa menjadi spot hunting sunrise yang keren di pagi hari. Sayang saat itu Travelingyuk datang pada sore hari. Bisa jadi ini adalah TPA dengan view yang keren di Indonesia. Ya, meski traveler yang datang tetap harus menahan bau tak sedap dari sampah yang menggunung. Bagaimana menurutmu?

Advertisement
Tags
pacitan Teluk Pacitan TPA Pacitan
Share