Tour de Banyuwangi Ijen 2019 Bakal Digelar, Siapkan Dirimu dari Sekarang

Di Bulan September ini, Banyuwangi akan mengadakan acara besar nih yaitu Tour de Banyuwangi Ijen. Kegiatan ini sudah menjadi gelaran tahunan di daerah tersebut. Acara ini diadakan untuk memeriahkan Hari Olahraga Nasional pada tanggal 9 September 2019 lalu dan juga berfungsi sebagai wadah bagi para pecinta olahraga sepeda. Ingin tahu bagaimana meriahnya acara ini? Simak ulasan berikut, ya. 

Tujuan Utama Acara Digelar 

tour de banyuwangi ijen
Gelaran tahun 2018 via instagram/zaynulak

Tour de Banyuwangi Ijen ternyata juga punya tujuan utama selain yang sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya. Acara ini juga digunakan sebagai ajang promosi Banyuwangi kepada para peserta lomba. Terutama keindahan alam Banyuwangi yang belum banyak orang tahu. Maka dari itu, arena lomba dibuat bermacam-macam yang tentunya memperlihatkan panorama indah Banyuwangi. 

Rute yang Disajikan Bermacam-macam

tour de banyuwangi ijen
Perlombaan tahun 2018 via instagram/joko.hermanto

Pada tahun ini, rute yang disajikan oleh pengelola acara lebih beragam. Para pembalap akan melalui jalur lintas desa dan kota yang di dalamnya juga ada banyak jenis jalur. Di antaranya persawahan, perkebunan kopi dan karet hingga kaki Gunung Ijen. Tak lupa juga beberapa area wisata Banyuwangi yang cukup populer lainnya. 

Diikuti oleh Peserta Nasional dan Internasional 

Suasana Kompetisi Tahun 2017 via instagram/wawanyadmadi02

Event yang sudah berlangsung sejak tahun 2012 ini diikuti oleh banyak peserta. Pertama adalah tim dari Indonesia sendiri yang sudah menjadi langganan peserta atau yang masih baru ikut di tahun ini. Kemudian yang kedua, ada dari negara luar yakni Jepang, Thailand, Filipina dan juga Malaysia. 

Lokasi dan Waktu Pelaksanaan 

Peserta tahun 2017 via instagram/michaelabrahamk

Tour de Banyuwangi Ijen diselenggarakan pada tanggal 25 hingga 28 September 2019. Di tanggal-tanggal tersebut, setiap peserta akan melewati jalur yang berbeda. Di tanggal 25, pembalap akan mulai dari RTH Marathon Genteng hingga Kantor Bupati Banyuwangi.

Suasana Kompetisi via Shutterstock

Kemudian pada tanggal 26, balapan dimulai dari Alas Purwo Tegaldlimo sampai Kantor Bupati Banyuwangi. Lalu, di tanggal 27, peserta akan start dan finish di Kantor Bupati Banyuwangi. Terakhir, pada tanggal 28 September, pembalap akan memulai perjalanannya dari Purwoharjo dan berakhir di Paltuding Ijen. 

Demikianlah informasi mengenai Tour de Banyuwangi Ijen yang diadakan pada tahun 2019. Bagi kalian yang ingin menonton, yuk segera persiapkan diri. Teman Traveler bisa menginap di akomodasi sekitar Tour de Banyuwangi Ijen. Jangan lupa siapkan kamera untuk abadikan momen, ya. 

Tags
Banyuwangi Indonesia info terbaru Jawa Timur tour de banyuwangi ijen Tour de Banyuwangi Ijen 2019
Share