Tongkonan Lempe di Toraja, Spot Swafoto di Atas Awan

Advertisement

Indonesia bagian timur memang memiliki keindahan yang luar biasa seperti objek wisata Tongkonan Lempe di Toraja, Sulawesi Selatan. Pemandangan negri di atas awannya sangat mengagumkan, lokasi ini terkenal jadi spot swafoto keren. Yuk simak ulasan berikut.

Kawasan Rumah Adat Warga

rumah adat
Ilustrasi via instagram herukandari

Tongkonan Lempe ini awalnya adalah rumah adat warga setempat, lalu lebih dieksplor menjadi tempat yang punya potensi sebagai objek wisata. Setelah banyak juga fotografer dari beberapa kota mengabadikan panorama di sini. Warga sekitar dan pihak pengelola menyediakan fasilitas yang semakin memadai untuk para wisatawan.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

aktivitas seru
Ilustrasi via instagram putriii_santoso

Panorama yang indah seakan berada di atas awan, menjadikan objek wisata ini semakin ramai dikunjungi. Teman Traveler bisa melakukan aktivitas seru juga lho! Seperti berswafoto pada spot-spot yang tersedia, atau menunggu momen sunrise karena menakjubkan jika diabadikan.

Selain itu bisa menikmati kopi khas Toraja sambil melihat view alamnya, di sini juga disediakan camping ground dan penginapan untuk wisatawan yang ingin bermalam.

Fasilitas, Harga Tiket dan Lokasi

fasilitas harga lokasi tongkonan
Ilustrasi via instagram newtongkonanlempe

Kemudian untuk fasilitas wisata ada area parkir, toilet, restoran, musala, resort, camping ground, spot foto dan lainnya. Harga tiket masuk per orang Rp 15.000, biaya parkir motor Rp 5.000, mobil Rp 10.000. Tarif menginap pada resortnya per malam mulai Rp 250.000 sampai 1 juta. Penyewaan tenda Rp 80.000-Rp 100.000 tergantung ukuran.

Tongkonan Lempe berlokasi di Lolai, Toraja Utara, Sulawesi Selatan, dari pusat kota Rantepao berjarak 11 km dengan waktu tempuh sekitar 40 menit perjalanan. Jam operasional wisata, buka 24 jam setiap hari.

Wisata Lain di Toraja

wisata lain di toraja
Ilustrasi via instagram agung_gandi23

Berikut ini ada wisata lain di Toraja yang bisa dikunjungi juga, yaitu Bori Kalimbuang merupakan kompleks batu megalitik berdiri menjulang pada padang rumput, berjumlah 102 batu.

Masyarakat sekitar menyebutnya Simbuang Batu adalah batu menhir dibuat saat persemayaman jenazah. Memiliki ukuran yang berbeda, semakin tinggi maka tinggi juga strata sosialnya. Tidak tampak menyeramkan lokasi ini malah terlihat sangat instagramable lho!

Jika tertarik Teman Traveler bisa datang ke daerah Bori, Sesean, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Tiket masuk Rp 5.000 untuk biaya parkir saja, cukup terjangkau bukan? Jam operasionalnya pukul 08.00-18.00 WIB, buka setiap hari.

Demikian ulasan Tongkonan Lempe di Toraja dan wisata lainnya. Bisa dijadikan referensi liburan di Sulawesi Selatan.

Advertisement
Tags
Bori Kalimbuang Tongkonan Lempe di Toraja Wisata Sulawesi Selatan
Share