Merajut Perbedaan, Inilah Kisah-kisah Viral Tentang Toleransi di Ramadan 2019

Indonesia merupakan negara yang memiliki penduduk dengan beragam suku, ras, dan juga agama. Meskipun hidup dalam perbedaan, ada saja cara-cara yang dilakukan penduduknya untuk merajut keanekaragaman yang terjadi. Seperti halnya di Ramadan kali ini, ada banyak kisah viral tentang toleransi di Ramadan 2019 yang bikin kita bersyukur tinggal di Indonesia. Yuk kita kulik lebih mendalam.

Perempuan Non Muslim Pesan Pizza untuk Driver Ojol

Perempuan non muslim beri pizza, via Instagram/dramaojol.id
Perempuan non muslim beri pizza, via Instagram/dramaojol.id

Ada lagi di Twitter yang menceritakan seorang perempuan bernama Agnes Claudia. Ia beragama Katolik dan sengaja memesan pizza untuk makanan berbuka driver ojek online. Tidak hanya memberikan makanan untuk berbuka saja, Agnes juga mendoakan supaya puasa sang driver lancar. Tak lupa sang driver mengucapkan terima kasih dengan penuh haru. Kisah tersebut viral di Twitter dan mengundang rasa haru.

Dosen Non Muslim Bagikan Takjil

Kisah dosen yang viral, via Facebook/Andi TriWahyudi
Kisah dosen yang viral, via Facebook/Andi TriWahyudi

Ada juga seorang mahasiswa bernama Andi bercerita tentang seorang dosennya di Universitas Kristen Maranatha, Bandung. Ia menceritakan dosennya yang bernama Rusli yang ternyata sudah mempersiapkan makanan dan minuman untuk mahasiswanya yang tengah berpuasa.

Padahal, sang dosen sendiri bukan penganut agam Islam. Tidak hanya itu saja, Pak Rusli juga menghentikan sejenak perkuliahannya saat waktu Magrib tiba.

Perempuan Non Muslim Bagikan Cokelat untuk Berbuka

Perempuan bagikan cokelat, via Facebook, via Instagram/Nasx Seth
Perempuan bagikan cokelat, via Facebook, via Instagram/Nasx Seth

Kisah toleransi di Ramadan 2019 lainnya datang dari negeri tetangga, Malaysia. Viral kisah seorang perempuan non muslim yang membangikan cokelatnya kepada seluruh penumpang kapal yang kala itu tengah berpuasa. Kebetulan, kapal tersebut akan pergi dari Langkawi ke Alor Setar.

Kebetulan kapal sedang mengalami masalah, dan waktu berbuka puasa tiba. Wanita tersebut viral di media sosial setelah akun Facebook bernama Nasx Seth membagikannya. Wanita keturunan Tionghoa tersebut membagikan semua cokelat miliknya ke seluruh penumpang yang tengah berpuasa. Pemdnangan yang begitu menyejukkan.

Umat Hindu Bagikan Takjil di Kendari

Umat Hindu bagikan takjil, via Antara
Umat Hindu bagikan takjil, via Antara

Terakhir, tidak viral di media sosial namun juga perlu untuk diangkat. Toleransi umat Hindu di Kendari yang bisa meluluhkan hati. Menjelang waktu berbuka puasa, puluhan pemuda dan pemudi umat Hindi membagikan takjil di Masjid Al-Muhajdirin, Kota Kendari. Dengan ramah, mereka membagikan takjil kepada teman-teman muslim, panorama yang begitu menentramkan hati.

Tinggal di Negara Majemuk seperti Indonesia ini, kita perlu sangat beruntung ya Teman Traveler. Kita banyak belajar mengenai toleransi, saling menghargai, dan bersinggungan langsung dengan perbedaan setiap harinya. Yuk perbanyak traveling, supaya pikiran makin terbuka, teman jadi bertambah.

Tags
kisah toleransi toleransi Toleransi di Ramadan 2019
Share