Tol Manado-Bitung Siap Digunakan, Sambut Mudik 2019

Musim mudik sebentar lagi akan tiba. Semuanya ikut merencanakan agar perjalanan lancar, mulai dari rencana perjalanan Teman Traveler sampai pemerintah yang memberi kemudahan akses jalan. Salah satunya adalah tol Manado-Bitung yang akan difungsikan secara fungsional. Ada fakta apa dibalik jalan tol tersebut?

Dioperasikan Jelang Mudik 2019

Tol Manado-Bitung
Dioperasikan Jelang Mudik 2019 via Instagram @medilimbanadi

Jalan tol Manado-Bitung diperkirakan segera beroperasi secara fungsional demi mendukung kelancaran mudik 2019. Rencananya akan dibuka beberapa hari sebelum lebaran, tepatnya mulai tanggal 29 Mei sampai 11 Juni 2019. Ruas yang sudah siap digunakan adalah Simpang Susun (SS) Airmadidi-Manembo-nembo, sepanjang kurang lebih 17 kilometer.

Jenis transportasi yang dapat melewati jalan bebas hambatan tersebut akan ditentukan. Misalnya kendaraan roda dua tidak diperkenankan melewati jalur tol itu. Untuk sementara, jalur tol tersebut tidak dipungut biaya, setidaknya sampai ada pengumuman lebih lanjut.

Pada jalur mudik di sana, nantinya disediakan dua posko keamanan. Terdiri dari beberapa instansi, seperti kepolisian, Dinas Perhubungan, dan Jasa Marga.

Tol Pertama di Sulawesi Utara

Tol Pertama di Sulawesi Utara via Instagram @kanwilbpnsulut
Tol Pertama di Sulawesi Utara via Instagram @kanwilbpnsulut

Jalan bebas hambatan jalur Manado-Bitung merupakan bagian dari tol Trans Sulawesi. Ia menjadi yang pertama di Provinsi Sulawesi Utara. Salah satu proyek jalur tol Trans Sulawesi ini mempunyai dua seksi.

Seksi 1 dimulai dari Ring Road Manado-Sukur-Airmadidi. Seksi 2 dari Airmadidi-Bitung. Jalan ini nantinya akan punya lima Simpang Susun (SS) di antaranya Airmadidi, Danowuwu, Bitung, Sukur, dan Kauditan. Jalan tol tersebut mempunyai total hampir 40 kilometer.

Manado-Bitung Hanya 30 Menit

Durasi Manado-Bitung 30 Menit via Instagram @ambi_thole_mangolongsongke
Durasi Manado-Bitung 30 Menit via Instagram @ambi_thole_mangolongsongke

Kehadiran tol Manado-Bitung diharapkan dapat membawa sejumlah dampak positif, terutama di bidang wisata dan ekonomi. Kalau Teman Traveler melewati jalur tersebut, dari Manado ke Bitung hanya memakan waktu sekitar 30 menit. Jika melalui jalan nasional, biasanya durasi perjalanannya 1,5-2 jam.

Berkat waktu tempuh yang lebih singkat, tentu perputaran ekonomi dan sektor pariwisata dapat lebih berkembang. Apalagi KEK Bitung dan Pelabuhan Internasional Bitung dapat diakses melalui rute tersebut.

Rencana Diresmikan September 2019

Rencana Diresmikan September 2019 via Instagram @sinceroid
Rencana Diresmikan September 2019 via Instagram @sinceroid

Walaupun belum rampung sepenuhnya, namun sampai saat ini progres pengerjaan tol Manado-Bitung sudah mencapai sekitar 60%. Pembangunannya sendiri terbagi menjadi dua bagian, yaitu ruas Manado-Airmadidi lalu Airmadidi-Bitung. Dikabarkan akan diresmikan kira-kira pada September atau Oktober 2019, oleh Presiden Jokowi.

Teman Traveler yang berada di Sulawesi Utara, sudah siap buat lewat tol baru tersebut? Tahun ini mudik ke mana, sih?

Tags
Akomodasi Indonesia Jalan Tol Mudik 2019 Tol Manado-Bitung
Share