Toko Oen, Restoran Zaman Kolonial yang Masih Eksis Hingga Sekarang

Adi Nugroho

Adi Nugroho

On Kuliner

Tempat wisata Malang dari dulu sudah terkenal. hal itu didukung dengan udara sejuk karena kawasannya merupakan pegunungan. Namun teteap saja saat siang hari bisa terasa panas karean terik matahari. Saat itu terjadi  rasanya sangat enak jika menikmati sajian kuliner berupa es cream di tempat yang bernuansa tempo dulu dan masih terjaga atau terawat keeksotisannya, seperti di Toko Oen.

Tentang Toko Oen

Toko Oen Semarang [image source]
Toko Oen adalah sebuah restoran yang didirikan oleh seorang Tionghoa keturunan Belanda bernama Liem Goe Nio yang dirintis sejak tahun 1910-an. Pertama kali dibuka di Yogyakarta pada tahun 1922, Toko Oen menjadi tempat favorit para bangsawan Belanda untuk bersantai dan menikmati hidangan kuliner, khususnya es cream yang disajikan di tempat tersebut.

Menu di Toko Oen Semarang [image source]
Setelah Yogyakarta, pemilik Toko Oen mendirikan cabang di beberapa kota, seperti Jakarta (1934) serta di Malang dan Semarang (1936). Sayangnya, dikarenakan suatu sebab, Toko Oen yang ada di Yogyakarta harus tutup dan dipindahkan ke Semarang. Sedangkan cabangnya yang ada di Jakarta juga ditutup pada tahun 1973 setelah tokonya dibeli oleh ABN Bank yang kemudian dibongkar untuk perkantoran. Berikut ini cerita dari 2 Toko Oen yang masih tersisa dan melegenda hingga saat ini.

Toko Oen Semarang

Toko Oen Semarang [image source]
Jika Anda berkunjung dan menikmati tempat wisata Semarang, untuk menemukan lokasi Toko Oen bukan suatu hal yang susah. Restoran legendaris satu ini berada di depan pasaraya Sri Ratu. Atau beberapa meter dari sisi jalan yang sama dengan berdirinya tempat kuliner terkenal Semarang lainnya, yaitu Lumpia Mbak Lin, tepatnya di Jalan Pemuda No 52, Semarang.

Toko Oen Semarang [image source]
Sejak didirikan sampai sekarang, pengelola Toko Oen tetap menjaga orisinilitas bangunan dan segala interior di dalamnya. Seketika Anda masuk ke dalamnya, maka ‘aura’ vintage akan menyeruak dan seakan sedang memasuki era tempo dulu yang khas seperti di zaman Belanda. Berbagai macam makanan, mulai dari yang khas luar negeri sampai dengan jenis kuliner lokal disediakan di Toko Oen Semarang ini. Harganya pun tidak sampai menguras isi dompet karena kualitas dan rasa dari setiap makanan yang disajikan setara dengan uang yang dikeluarkan.

Toko Oen Semarang [image source]
Satu sajian yang khas dan dipertahankan rasa serta kualitasnya secara turun temurun adalah es cream home-made yang berwarna-warni.  Di beberapa bagian ruangan, Anda dapat menjumpai etalase dantoples-toples yang berisikan berbagai macam kue siap santap dengan rasa yang sesuai dengan harganya.

Nama tempat : Toko Oen Semarang

Lokasi : Jl. Pemuda No.52, Bangunharjo, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah

Phone: (024) 3541683

Web : tokooen.com

Toko Oen Malang

Toko Oen Malang [image source]
Berada tepat di sekitaran ‘jantung’ Kota Malang atau di area Alun-Alun, Anda akan mudah menjumpai sebuah bangunan dengan desain klasik yang di bagian depan atasnya terpajang tulisan, “Toko Oen” berukuran sedang. Restoran jadul satu ini beralamatkan di Jalan Jenderal Basuki Rakhmad 5, Malang.

Toko Oen Malang [image source]
Seperti halnya Toko Oen Semarang, Toko Oen yang berada di Malang ini juga masih mempertahankan segala sesuatu, mulai dari bangunan, desain interior sampai dengan kualitas rasa dan jenis kuliner yang disajikan. Bahkan, ketika Anda menyantap hidangan yang disajikan di dalamnya, hawa tenang dan dingin seakan menyelimuti tubuh dan membawa Anda ke era-era kolonial.

Toko Oen Malang [image source]
Sedikit berbeda dengan Toko Oen di Semarang, restoran yang kabarnya sudah dibeli oleh seorang pengusaha bernama Dany Mugianto ini masih menggunakan tempat duduk dan meja rotan, seperti yang banyak digunakan oleh para bangsawan zaman penjajahan Belanda. Di beberapa sisi di dalamnya, terpajang foto-foto Malang tempo dulu yang sudah terlihat buram karena termakan usia, namun masih dapat dilihat dengan jelas.

Toko Oen Malang [image source]
Untuk jenis masakan dan harganya, Toko Oen Malang tidak memiliki perbedaan terlalu jauh dengan yang ada di Semarang. Rata-rata sama dan memiliki hidangan spesial yaitu es cream home-made dengan rasa, kualitas dan warna-warni yang menawan.

Nama Tempat : Toko Oen Malang

Lokasi : alan Jenderal Basuki Rahmat No. 5, Kauman, Klojen, Malang

Phone: 0819-4530-0035

Web : tokooen.com

Instagram : https://www.instagram.com/toko_oen_malang/

Selain 2 toko ini, keturunan dari Toko Oen telah membuka cabang baru mereka di luar negeri, yaitu di Delf (1997) dan Den Haag (2000), Belanda. Tentunya akan menjadi satu kerugian jika saat Anda mengunjungi Kota Malang atau Semarang dan tidak menyempatkan waktu untuk sekadar bersantai dan menikmati hidangan di toko legendaris tersebut.