5 Toko Kue Lawas Bergaya Modern di Indonesia, Serasa Bernostalgia

Tak hanya dikarunia kekayaan alam mengagumkan, Indonesia terkenal hingga pelosok dunia berkat keragaman budayanya. Selain itu, kuliner merupakan salah satu bagian dari variasi budaya Nusantara yang tak boleh disepelekan. Banyak sekali makanan lezat yang layak diangkat sebagai identitas budaya Tanah Air. Beberapa di antaranya adalah kue-kue lawas populer seperti spikoe, ongol-ongol, maupun, lumpia.

Upaya menuju arah tersebut perlahan sudah mulai dilakukan oleh sejumlah toko kue di Indonesia. Untuk menarik minat konsumen, kue-kue lawas tersebut dikemas dan ditawarkan dengan nuansa modern yang tidak kalah dengan jajanan kekinian. Penasaran? Berikut daftar lima toko kue di Indonesia yang tawarkan jajanan lawas dengan gaya modern. Pas sekali untuk Anda yang ingin bernostalgia sembari menyantap cemilan jadul.

1. Toko Kue Sara, Malang

Desain menarik kafe di Toko Kue Sara via Instagram ebbylombogia

Toko ini sangat pas bagi Anda yang ingin mencicipi jajanan lawas tanpa perlu repot-repot pergi ke pasar tradisional. Semua panganan dan kue di sini disajikan dengan konsep modern, plus pengemasan yang lebih higienis. Selain itu, desain Toko Kue Sara juga terlihat sangat modern.

Sajian kue tradisional di Toko Kue Sara via Instagram teressaws

Menu minuman yang ditawarkan tak hanya kopi, namun juga sejumlah pelepas dahaga tradisional seperti Dawet Sruntul dan Es Puter. Toko Kue Sara tentunya pas sekali disambangi oleh Anda yang ingin mencoba dan membeli beragam jajanan sekaligus di satu tempat.

2. Laritta Bakery, Surabaya

Meski relatif baru, cikal bakal usaha ini sudah dimulai sejak 2002 silam dengan nama Rita Cookies. Delapan tahun berjalan, pemilik merasa bisnisnya kurang berkembang dan akhirnya mulai merambah ke penjualan roti. Namanya pun kemudian diubah menjadi Laritta Bakery.

Sajian pisang coklat di Laritta Bakery via Instagram larittabakery

Meski didirikan dengan konsep modern, Laritta Bakery tetap setia memenuhi kebutuhan pelanggan yang masih setia dengan jajanan lawas. Kue-kue klasik seperti spiku slice, lapis jelita, roll pandan, dan kastengel bisa didapatkan di sini. Hampir semua jajanan yang ada di Laritta Bakery ditawarkan dengan harga murah meriah. Selain itu mereka juga melayani pemesanan kue dalam jumlah besar untuk pesta maupun hajatan lainnya.

3. Le Gourmet Bread Boutique, Jakarta

Salah satu sudut Le Gourmet Jakarta via Instagram jolie_anas

Le Gourmet adalah bakery bernuansa modern yang fokus menawarkan beragam sajian jajanan tradisional khas Indonesia. Mereka mengklaim semua jajanan di sini dikreasikan berdasarkan resep yang dikembangkan sendiri, sehingga menghasilkan rasa khas namun tak terlalu melenceng dari pakem asli.

Beragam jajan lawas bisa didapatkan di sini, mulai dari yang asin hingga manis. Mulai dari bolu kukus, cente manis, lapis pelangi, hingga kue khu, semuanya dikemas dengan nuansa baru yang lebih cantik namun tak sampai menghilangkan sentuhan tradisionalnya.

Jajanan tradisional di Le Gourmet via Instagram amalia_triastuti

Le Gourmet termasuk salah satu toko kue yang lumayan popouler di Jakarta. Total mereka sudah membuka enam gerai di seluruh penjuru ibu kota. Beberapa ada di mall populer seperti Pondok Indah, Kota Kasablanka, dan Plaza Senayan.

4. Bisou Patisserie, Bandung

Berawal dari industri rumahan di Bandung, Bisou Petisserie mulai berdiri sejak 2012 silam. Konsep yang mereka usung adalah menyajikan kue berkualitas premium dengan elegan. Bisou Patisserie mengklaim semua kue yang ada di tempat mereka dibuat dengan berdasarkan resep tradisional warisan zaman Belanda, yang terus-menerus dimodifikasi untuk menjaga kualitas dan mengikuti perkembangan zaman.

Cantiknya penyajian kue kering di Bisou Patisserie via Instagram bisoupatisserie

Demi memuaskan konsumen, Bisou juga tidak pernah menggunakan bahan sembarangan. Beberapa kue lawas yang bisa dibeli di sini antara lain kaastengels, nastar, sagu keju, lidah kucing, dan indische kroket. Semuanya dikemas secara berkelas dan dijamin takkan mengecewakan dari segi rasa.

5. Fancy Bakery, Semarang

Fancy Bakery juga sajikan fruit cake via Instagram fancy_bakery

Jika kebetulan berada di Semarang dan ingin mencari jajan tradisional berkualitas premium, langsung saja meluncur ke Fancy Bakery. Kue-kue lawas yang disajikan di sini semuanya diproses secara cermat dan menggunakan bahan berkualitas tinggi. Sekali mencoba dipastikan akan langsung jatuh cinta.

Berdiri sejak 1975, Fancy Bakery menawarkan sejumlah kue lawas seperti ledre pisang, semar mendem, dan talam ayu. Begitu memakan kue-kue tersebut, konon para pengunjung seperti dibawa bernostalgia ke beberapa puluh tahun silam. Fancy Bakery juga menjual beberapa kue modern seperti red velvet, tiramisu cake, dan orange cheese cake. Pastikan jangan sampai lupa berkunjung ke sini jika kebetulan mampir kota berjuluk Venetie van Java.

Itulah beberapa toko kue modern yang menawarkan jajanan lawas atau tradisional di Indonesia. Ingin bernostalgia mengenang masa lalu? Coba saja berkunjung dan cicipi semua hidangan lezat yang ada di sana.

Tags
Bandung Indonesia Jakarta kuliner kuliner tradisional Malang semarang Surabaya toko kue lawas toko kue tradisional
Share