Serunya Naik Tokaido Shinkansen, Rute Kereta Api Cepat Tokyo-Osaka

Salah satu hal yang tak boleh dilewatkan ketika liburan ke Jepang adalah naik shinkansen. Yap, kereta super cepat di Negeri Sakura dengan kecepatan 300 km/jam yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1964. Tokaido Shinkansen dapat mengantar Teman Traveler dari Tokyo hingga Osaka hanya dalam waktu kurang lebih tiga jam. Sebelum memesan tiket, ada beberapa tips yang harus diketahui agar liburan makin menyenangkan.

Penasaran kan dengan tips naik kereta cepat ini? Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Muthia Anindita.

Pesan Tiket Jauh Sebelum Hari Keberangkatan

Untuk dapat naik Tokaido Shinkansen, Teman Traveler dapat memesan tiket secara online atau dengan membeli langsung di loket Shinkansen. Namun, sebaiknya tiket dipesan jauh sebelum hari keberangkatan. Pasalnya, kereta cepat ini sangat digemari baik oleh warga lokal maupun wisatawan. Hal tersebut juga bisa membatalkan perjalananmu karena tiket sudah ludes. Keuntungan lainnya, Teman Traveler bisa memilih tempat duduk yang diinginkan.

Tiket Kereta Tokaido Shinkansen
Tiket Kereta Tokaido Shinkansen (c)Muthia Anindita/Travelingyuk

Nah, setiap tiket kereta ini berisikan keterangan nama stasiun asal, nama stasiun tujuan, tanggal dan jam keberangkatan, serta waktu kedatangan kereta di stasiun tujuan. Pada tiket juga tertera nama kereta, nomor gerbong kereta (car) dan nomor tempat duduk (seat). Lengkap!

Jalur yang Berbeda dengan Kerata Biasa

Peron 16 dan 17
Peron 16 dan 17(c)Muthia Anindita/Travelingyuk

Jika bepergian dengan Tokaido Shinkansen dari Stasiun Tokyo, maka jalur kereta ini berada di sisi sebelah timur stasiun atau Yaesu Side. Nah, transportasi canggih ini akan berangkat dari peron 16 dan 17. Nah, karena laju kereta yang super cepat, pinggiran peron dijalur Shinkansen dibatasi dengan pagar dan pintu otomatis. Setiap ada penumpang yang akan naik atau turun, pintu tersebut secara otomatis akan terbuka. Letak pintu ini sendiri berada di depan pintu gerbong saat berhenti.

Peron
Peron di Tokyo(c)Muthia Anindita/Travelingyuk

Di atas pintu otomatis terdapat plang penunjuk nomor gerbong kereta yang akan berhenti. Kerennya, di lantai peron depan pintu otomatis juga tertera nomor gerbong kereta dan lajur antrean. Nah, di are abu-abu yang dibatasi garis biru ini penumpang kereta harus mengantre.

Gerbong Istimewa di Kereta Cepat

Kompartemen Atas Kursi
Kompartemen Atas Kursi (c)Muthia Anindita/Travelingyuk

Jika Teman Traveler membawa tas atau koper, letakkan barang bawaan tersebut di kompartemen. Letaknya di atas kursi. Nah, ketika mendapatkan kursi paling belakang gerbong, letakkan saja koper di celah antara sandaran kursi dan dinding gerbong.

Petunjuk Di Belakang Kursi
Petunjuk Di Belakang Kursi(c)Muthia Anindita/Travelingyuk

Di balik meja lipat terdapat petunjuk berupa denah gerbong kereta. Denah gerbong ini menyampaikan informasi mengenai letak toilet, tempat sampah, ruang merokok dan banyak lain. Ada pula imbauan yang perlu diperhatikan Teman Traveler saat berada dalam gerbong.

Aturan Saat Naik 

Tokaido Shinkansen
Tokaido Shinkansen(c)Muthia Anindita/Travelingyuk

Demi kenyamanan bersama, telepon seluler harus berada dalam mode silent selama berada di dalam gerbong. Jika mendesak, sebaiknya tidak dilakukan di tempat duduk dalam gerbong melainkan di bordes kereta.

Ekiben
Ekiben(c)Muthia Anindita/Travelingyuk

Makan dan minum di dalam Shinkansen diperbolehkan. Bahkan merupakan suatu tradisi untuk membawa nasi kotak, atau ekiben dalam Bahasa Jepang, untuk disantap di dalam gerbong. Nah, jika tak membawa bekal, Teman Traveler bisa membeli ekiben di Stasiun Tokyo.

Hot Seat Di Tokaido Shinkansen

Gunung Fuji
Gunung Fuji (c)Muthia Anindita/Travelingyuk

Satu hal yang paling dinanti saat naik Tokaido Shinkansen adalah melihat pemandangan Gunung Fuji dari dalam gerbong. Nah, untuk dapat menikmati indahnya puncak Gunung Fuji dengan leluasa, Teman Traveler bisa memilih kursi dengan nomor tempat duduk D atau E. Jika dari Tokyo menuju Osaka, kursi tersebut terletak di sebelah kanan gerbong dengan jendela menghadap langsung ke Gunung Fuji.

Demikian tips bepergian dengan Tokaido Shinkansen. Bagaimana, makin penasaran ingin liburan ke Jepang dan naik kereta cepat ini kan?

Tags
Akomodasi di Jepang jepang Luar negeri osaka tokyo Travelingyuk wisata Tokyo
Share