Ramaikan Ramadan, TNI AU Bangkitkan ‘Tradisi’ Bangunkan Sahur dengan Pesawat Tempur

Lagi-lagi, cuitan admin akun resmi Twitter TNI Angkatan Udara (AU) viral di awal bulan puasa 2019 ini. Dari akun resmi tersebut didapatkan kabar jika TNI AU akan turut serta membangunkan sahur umat muslim yang menjalankan ibadah puasa. Uniknya, bukan membangunkan sahur seperti biasa, mereka akan menggunakan pesawat tempur. Greget banget kan cara TNI AU?

Tradisi Unik TNI AU Bangunkan Sahur

Bangunkan sahur unik, via Twitter/@_TNIAU
Bangunkan sahur unik, via Twitter/@_TNIAU

Ternyata, bukan kali ini saja TNI AU membuat heboh membangunkan warga dengan pesawat tempur, sebelumnya juga pernah. Awalnya ternyata ini dari latihan yang dilakukan menjelang dini hari, saat sahur. Di tahun 2017, di sekitaran langit Jogja dan sekitarnya. Dan berdasarkan cuitan admin resmi Twitter TNI AU, mereka akan membangkitkan ‘tradisi’ tersebut.

Tujuan dibangkitkannya ‘tradisi’ tersebut ternyata lebih mendekatkan TNI AU dengan masyarakat. Sekaligus ingin menyemarkan sahur di bulan Ramadan.

Wilayah-wilayah yang Dibangunkan Sahur

Bangunkan sahur dengan pesawat tempur, via Twitter/@_TNIAU
Bangunkan sahur dengan pesawat tempur, via Twitter/@_TNIAU

Akan ada beberapa daerah yang dilintasi pesawat tempur. Mulai dari Surabaya, Solo, Sragen, Klaten, Jogja, dan beberapa tempat lainnya.

“Jika tak ada aral melintang di runway, Insyaallah akan diadakan lagi “tradisi” membangunkan #sahur pakai pesawat tempur buat Airmen di Surabaya, Solo, Sragen, Klaten, Jogja, Papringan, Wirobrajan, Gejayan, Tukangan, Maguwo, Kotagede, dsk. #Ramadan #jauhdilangitdekatdihati,” cuit admin @_TNIAU pada Selasa (7/5/2019) sekitaran jam 2 siang.

Disambut Gembira Netizen

Sebenarnya ini merupakan jadwal latihan, via Twitter/@_TNIAU
Sebenarnya ini merupakan jadwal latihan, via Twitter/@_TNIAU

Unggahan admin Twitter TNI AU tersebut mengundang respon yang cukup banyak dari netizen, yang penasaran dan antusias. Sejak diposting sampai sekarang ini, cuitan tersebut sudah mendapatkan lebih dari seribu likes, dan retweet yang hampir 1000 jumlahnya. Komentar dari netizen juga berdatangan, mereka tak sabar dengan apa yang dilakukan oleh TNI AU.

Cara Bangunkan Sahur Kreatif Lainnya

Ilustrasi akan terbang, via Twitter/@_TNIAU
Ilustrasi akan terbang, via Twitter/@_TNIAU

Sebagai negara yang kreatif, masyarakat Indonesia memiliki banyak cara untuk membangunkan orang-orang untuk sahur. Yang paling sering adalah dengan keliling kampung, desa, atau komplek. Bahkan, ada beberapa tradisi bangunkan sahur di wilayah-wilayah Indonesia. Misalnya saja di Jogja ada yang namanya kletekan (memukul-mukul kentongan atau bambu), di Situbondo ada Patrol Canmacan, dan lain-lain.

Ramadan memang selalu berhasil memberikan kejutan-kejutan ya Teman Traveler. Jadi, bagaimana cara orang-orang di sekitarmu bangunkan sahur?

Tags
Indonesia TNI AU bangunkan sahur twitter TNI AU viral di Twitter
Share