Titik Rawan Macet Jawa Tengah, Hindari Saat Arus Balik

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Akomodasi
Titik Rawan Macet Jawa Tengah via Instagram @purwantoyulieko Titik Rawan Macet Jawa Tengah via Instagram @purwantoyulieko

Teman Traveler yang sudah puas menghabiskan waktu di kampung halaman, kini saatnya kembali ke rutinitas. Bukan hanya arus mudik, namun arus balik pun biasanya cukup padat. Terdapat beberapa titik rawan macet di Jawa Tengah.

Buat Teman Traveler yang balik dari kampung halaman di Jawa Tengah sebaiknya menghindari beberapa spot berikut. Jangan sampai waktu habis di jalan gara-gara terjebak macet. Yuk, disimak ulasan berikut.

Tol Bawen

Tol Bawen via Instagram @arkananta_outdoors
Tol Bawen via Instagram @arkananta_outdoors

Bukan hanya Jawa Tengah, titik rawan macet juga ada di area menuju Jogja dari Semarang yaitu di tol Bawen. Teman Traveler yang bertujuan menuju Magelang atau Jogja, sebaiknya tidak melewati spot tersebut. Setidaknya ada 2 jalan alternatif yang dapat dilewati. Jalur Salatiga-Kopeng-Magelang atau Colomadu-Klaten-Jogja.

Exit Tol Pemalang

Exit Tol Pemalang via Instagram @moch.sukronteguhimanto
Exit Tol Pemalang via Instagram @moch.sukronteguhimanto

Diperkirakan bahwa exit tol Trans Jawa di ruas Jawa Tengah akan mengalami kemacetan, seperti di exit tol Pemalang. Dikarenakan adanya penumpukan kendaraan pemudik yang hendak balik ke perantauan.

Namun tidak usah khawatir karena terdapat beberapa jalan alternatif. Di antaranya Randudongkal, Belik, Purbalingga, dan Purwokerto. Sehingga Teman Traveler yang mau ke arah Purwokerto dapat memilih sendiri dari ke-4 jalur tersebut.

Brebes-Pasar Tonjong dan Flyover Bumiayu

Flyover Bumiayu via Instagram @sewamobil_bumiayu
Flyover Bumiayu via Instagram @sewamobil_bumiayu

Brebes punya setidaknya 2 titik rawan macet jalur balik Jawa Tengah. Ia berada di Pasar Tonjong dan flyover Bumiayu. Kalau di Pasar Tonjong, umumnya ada kegiatan warga lokal yang membuat bahu jalan makin sempit.

Sedangkan di flyover Bumiayu, biasanya ada penumpukan akibat membeludaknya kendaraan. Teman Traveler yang berencana melewati jalan area tersebut sebaiknya dibatalkan. Cobalah melewati jalur alternatif yaitu kawasan Pemalang-Belik apabila bertujuan ke Purwokerto.

Semarang-Pasar Mangkang

Titik Rawan Macet Jawa Tengah
Jalanan Sekitar Pasar Mangkang via Instagram @purwantoyulieko

Titik rawan macet Jawa Tengah selanjutnya ada juga di Semarang. Misalnya saja di area Pasar Mangkang. Hal tersebut terjadi karena adanya aktivitas warga, biasanya pasar tumpah. Akibatnya, terjadi penyempitan badan jalan. Sehingga terjadi penumpukan kendaraan di kawasan tersebut.

Teman Traveler sebaiknya lewat jalur alternatif kalau mau ke arah Temanggung atau Magelang. Coba pilih jalan Weleri (Kendal)-Parakan-Temanggung-Magelang. Kalau melintasi ruas tersebu, setidaknya dapat meminimalisir kemungkinan terjebak macet.

Macet memang rasanya sudah menjadi teman sehari-hari para pemudik. Semoga dengan adanya jalur alternatif, Teman Traveler dapat terhindar dari kemacetan yang berlarut terlalu lama. Teman Traveler sendiri punya rekomendasi jalan alternatif untuk menghindari spot-spot di atas?