Tirtanadi Water Tower, Indah Berjuluk Eiffel-nya Medan

Sebagai salah satu kota besar di Tanah Air, Medan punya banyak potensi wisata menarik yang sayang dilewatkan. Selain pantai, gunung, dan danau, ada banyak bangunan ikonik yang cukup menarik perhatian. Jika kebetulan berada di pintu gerbang Indonesia bagian barat ini, cobalah berkunjung ke Tirtanadi Water Tower.

Sesuai dengan namanya, Tirtanadi Water Tower merupakan sebuah menara air. Namun karena arsitekturnya begitu unik, bangunan ini menjadi salah satu spot ikonik di Medan. Di malam hari, banyak lampu warna-warni menghiasi hingga menghasilkan pemandangan menawan.

Peninggalan Zaman Belanda

Menara Air Tirtonadi
Menara Air Tirtonadi via Instagram medannook

Tirtanadi Water Tower atau Menara Air Tirtanadi memiliki gaya arsitektur yang unik. Hal ini tak terlalu mengejutkan lantaran proses pembangunannya dimulai sejak 1896 pada zaman pemerintahan Belanda dan baru rampung pada 1908. Lokasinya berada di Jl Pandu, namun masyarakat sekitar lebih familiar dengan nama Tirtanadi.

Menara Air Tirtanadi dulunya merupakan properti perusahaan air minum Belanda, NV Water Leiding Maatschappij Ajer Beresih. Namun seiring berjalannya waktu, tandon air kemudian dikelola oleh PDAM Tirtanadi yang berpusat di Jl Sisingamangaraja.

Dijuluki Menara Eiffel

Menara Tirtanadi di malam hari
Menara Tirtanadi di malam hari via Instagram elysabethong

Menara Air Tirtonadi memiliki ketinggian yang cukup menjulang. Dari kejauhan, keindahan arsitekturnya sudah terlihat jelas. Tak heran jika spot ini lantas menjadi salah satu titik ikonik di kota Medan.

Begitu matahari terbenam, lampu warna-warni di sekitar menara akan menyala terang. Pemandangan yang dihasilkan sangat luar biasa, membuat suasana malam Medan kian semarak. Beberapa ulasan pun sepakat menjuluki menara air unik ini sebagai Eiffel-nya Sumatra Utara.

Sering Dijadikan Spot Foto

Situasi di sekitar menara pada malam hari
Situasi di sekitar menara pada malam hari via Instagram iandirollgiinting

Struktur yang unik, pemandangan menarik di malam hari, serta nuansa klasik yang kental membuat Menara Air Tirtonadi menjadi salah satu titik favorit para wisatawan. Tak sedikit anak muda yang meluangkan waktu khusus untuk berfoto di lokasi ini. Jika sobat traveler mencari tagar tirtnoadiwatertower di Instagram, akan ada banyak gambar cantik bertebaran.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, menara air ini dikelola oleh PDAM Tirtonadi. Oleh karena itu jika ingin melihat-lihat ke dalam wajib meminta izin pada pihak terkait. Hal ini terutama bagi pasangan yang ingin melakukan kegiatan foto-foto pre-wedding di lokasi unik ini.

Sketsa menara Tirtanadi
Sketsa menara Tirtanadi via Instagram yuliantoqin

Well, itulah tadi sedikit gambaran mengenai keindahan dan daya tarik Tirtonadi Water Tower alias Menara Air Tirtonadi di Medan. Jika kebetulan sedang berada di sekitar sana saat liburan, tak ada salahnya mampir dan mencoba menghasilkan foto menarik untuk menghiasi akun media sosial. Plus, mengambil gambar di sana sama sekali tidak dikenai biaya, jadi tunggu apa lagi?

Tags
Medan Sumatra Utara Wisata
Share