Jangan Sampai Menyesal, Catat 5 Tips Wisata ke Tempat Terpencil Ini

Ada banyak sekali lokasi indah yang belum banyak terjamah di Indonesia. Tempat-tempat semacam ini biasanya memberikan nuansa yang jauh lebih alami. Namun demikian, sebaiknya cari tahu dulu informasi mengenai tips wisata ke tempat terpencil agar perjalanan tetap terasa nyaman.

Bepergian ke lokasi yang relatif sepi membutuhkan persiapan dan perencanaan yang lebih matang. Bisa jadi di tempat tujuan takkan ada akses Internet maupun akomodasi super nyaman. Berikut adalah beberapa tips wisata ke tempat terpencil di Indonesia yang patut diketahui.

1. Utamakan Keamanan

Ilustrasi kursi kereta api
Ilustrasi kursi kereta api via Pixabay

Sudah jelas bahwa Anda akan membutuhkan sebanyak mungkin informasi mengenai tempat yang akan dituju. Beberapa hal yang perlu Anda cari tahu sebelumnya antara lain budaya dan kebiasaan warga setempat, kondisi cuaca, akses jalan, dan juga informasi umum soal keamanan.

Berhati-hatilah akan beberapa tindakan kriminal seperti pencurian dan pencopetan. Biasanya hal semacam ini rawan menimpa traveler yang sedang berada di pasar, transportasi umum, atau tempat ramai lainnya.

Selalu awasi barang-barang bawaan Anda. Jangan kenakan terlalu banyak perhiasan dan jangan terlalu sering menggunakan gadget mahal yang bisa menarik perhatian.

2. Packing dengan cermat

Ilustrasi tas untuk traveling
Ilustrasi tas untuk traveling via Pixabay

Jangan sampai anda membawa koper mewah berukuran besar ketika bepergian ke tempat terpencil. Akan lebih bijak jika Anda menggunakan tas anti air ataupun carrier demi keamanan dan kepraktisan.

Tergantung tempat yang dituju, tidak ada salahnya membawa jaket tebal untuk menahan angin, boots khusus untuk mendaki, atau sepatu trekking agar tubuh Anda tetap terasa nyaman dan hangat.

Jika memang nantinya tidak ada hotel dengan fasilitas lengkap, Anda bisa berjaga-jaga dengan membawa sabun cuci dan hanger sendiri. Jangan lupa siapkan baju yang mudah kering plus handuk.

3. Kontak dengan warga lokal

Ilustrasi pemandu dari warga lokal
Ilustrasi pemandu dari warga lokal via Pixabay

Bepergian ke lokasi populer seperti Bali atau Yogyakarta tidak membutuhkan upaya ekstra karena di sana sudah banyak pemandu wisata dan pusat turis yang bisa Anda tanyai.

Namun lain halnya jika Anda bepergian ke lokasi yang cukup terpencil. Kadang Anda mungkin membutuhkan kontak khusus dengan salah seorang warga lokal, yang bisa menjadi pemandu selama perjalanan di sana. Hal ini nantinya juga penting untuk menjalin komunikasi dengan warga sekitar maupun tawar-menawar.

4. Persiapkan segalanya

Ilustrasi dompet
Ilustrasi dompet via Pixabay

Fasilitas yang ada di area terpencil sudah pasti takkan selengkap seperti yang Anda temui di kota-kota besar. Meskipun beberapa wilayah belakangan ini sudah mengalami percepatan pembangunan, masih ada sejumlah pedesaan yang bahkan belum tersentuh listrik maupun Internet.

Oleh karena itu, pastikan Anda membawa peralatan yang tepat untuk menunjang perjalanan. Gunakan layanan operator telekomunikasi yang punya jangkauan sinyal luas dan sambungan Internet memadai.

Selain itu, Anda mungkin ingin membawa uang tunai dengan jumlah yang cukup. Bisa jadi Anda akan kesulitan mencari ATM jika berada di daerah pelosok.

5. Jaga kesehatan

Ilustrasi obat-obatan
Ilustrasi obat-obatan via Pixabay

Jangan lupa untuk membawa kelengkapan obat-obatan. Anda takkan pernah tahu bagaimana reaksi tubuh Anda terhadap cuaca dan makanan dari daerah setempat.

Sangat disarankan untuk membawa lotion atau spray anti-nyamuk. Hal ini penting jika Anda bepergian ke tempat yang masih dipenuhi pohon-pohon dan tanaman rimbun. Tentunya Anda tak ingin terkena malaria atau Demam Berdarah ketika pulang nanti.

Itulah tadi beberapa tips wisata ke tempat terpencil di Indonesia yang patut diketahui. Melakukan perjalanan ke daerah pelosok bisa memberikan pengalaman yang unik, asalkan semua persiapan dilakukan dengan matang.

Tags
Share