Waspada Copet Saat Traveling, Ini 5 Tips Untuk Menghindarinya

Liburan yang nyaman dan aman jadi dambaan tiap orang. Namun waspada, ancaman copet saat traveling bisa menghancurkan seluruh itinerari kalian. Untuk menghindarinya, ada 5 tips yang bisa Teman Traveler lakukan. Simak selengkapnya!

1. Backup Data-Data Penting

Ilustrasi memfotokopi data-data penting via Shutterstock

Pertama, fotokopikan semua data-data pribadi Teman Traveler, mulai dari KTP, SIM, hingga passport beserta isinya. Setelah itu, taruh hasilnya di bagian ransel atau koper yang akan kalian bawa buat berlibur.

Jika dirasa terlalu ribet, Teman Traveler bisa mengambil foto data-data pribadi tersebut lewat kamera smartphone, lalu menaruhnya di online folder. Hal ini sangat diperlukan untuk berjaga-jaga, andaikan terjadi peristiwa yang tak diinginkan selama berlibur, kalian tetap punya salinan data pribadi untuk diurus ke kepolisian setempat.

2. Bawa Uang Secukupnya

Ilustrasi membawa uang secukupnya via Shutterstock

Ada anggapan bahwa selama di tempat liburan, seseorang harus membawa uang tunai sebanyak-banyaknya agar tidak ribet pergi ke ATM. Sebenarnya, pendapat ini salah besar.

Justru dengan membawa uang berlebih, dompet yang kita bawa akan terasa lebih tebal serta menonjol jika dimasukkan ke saku. Hal itu sangat berisiko untuk dilihat pencopet. Jika memang harus membawa uang tunai, usahakan disimpan di tempat tersembunyi yang tidak mudah dijangkau orang lain.

3. Jaga Barang Saat Berada di Keramaian

waspada copet saat traveling
Ilustrasi waspada copet saat traveling di keramaian via Shutterstock

Pencopet akan lebih mudah beraksi saat kondisi sedang ramai. Gesekan antar wisatawan yang saling berdesakan akan membuat kita lalai apabila ada barang yang diambil. Maka, sebagai saran, sebisa mungkin hindari tempat yang terlalu ramai. Selain itu, pakailah tas atau ransel di depan sehingga berada dalam jangkauan mata dan tangan.

4. Gunakan Pakaian dan Ransel Anti Maling

waspada copet saat traveling
Ilustrasi menggunakan tas tersembunyi via Shutterstock

Belakangan ini semakin banyak tersedia aneka pakaian dan tas yang didesain khusus untuk anti maling. Mulai dari jaket dengan desain saku berlapis yang terpasang di bagian dalam, tas dengan retsleting tersembunyi, dan sebagainya.

Ada juga ragam tas pinggang yang didesain dengan apik sehingga nampak stylish buat kita yang menggunakannnya. Selain aman juga tetap bisa bergaya!

5. Terakhir, Ada Kalanya Perlu Belajar Teknik Bela Diri

waspada copet saat traveling
Ilustrasi bela diri via Shutterstock

Di beberapa tempat wisata, peraturan tidak memperbolehkan pengunjung untuk membawa benda pertahanan diri. Maka satu-satunya ‘senjata’ untuk bertahan dari musuh hanyalah anggota badan kita sendiri.

Ini sebabnya Teman Traveler perlu mempelajari teknik-teknik dasar bela diri. Selain membuat tubuh lebih berstamina, kalian juga bisa siap apabila menghadapi bahaya.

Itulah tadi deretan tips yang bisa kalian pakai untuk menghindari atau menghadapi pencopet. Semoga Teman Traveler bisa berlibur dengan selamat!

Tags
Indonesia Luar negeri tips dan inspirasi traveling waspada copet saat traveling
Share