Praktikkan Tips di Bawah Ini untuk Dapatkan Upgrade Kamar Hotel Gratis!

Ada banyak alasan untuk menginap di hotel. Tak hanya bagi mereka yang sedang traveling, bosan di rumah atau hanya ingin bersantai di tempat nyaman juga bisa menjadi alasan. Meski di zaman serba teknologi ini sangat mudah untuk memesan room, namun ada beberapa cara agar bisa mendapat upgrade kamar hotel gratis. Bisa menginap di kamar mewah dengan harga murah meriah, deh. Apa saja, ya?

1. Gunakan Koneksi Hotel

Travel agen
Travel agen via Travel Weekly

Bukan rahasia, di era serba teknologi ini banyak bermunculan agen travel online yang memudahkanmu untuk memesan tiket pesawat hingga kamar hotel. Namun, mungkin tak banyak yang tahu bahwa memesan dengan agen yang menggunakan tenaga manusia bisa membuatmu mendapat kamar mewah dengan harga lebih murah. Biasanya mereka memiliki koneksi dengan hotel, atau bahkan bisa bernegosiasi untukmu.

2. Menyebutkan Hari atau Perayaan Spesial

Rayakan hari spesial di hotel
Rayakan hari spesial di hotel via hotelesdann.com

Mungkin kamu tidak akan tiba-tiba dipindah ke presidential suite. Namun menyebutkan bahwa kamu sedang merayakan hari spesial akan membuat pihak hotel menyiapkan fasilitas-fasilitas khusus sebagai salah satu bentuk servis pada pelanggan. Ulang tahun pernikahan, rencana melamar si dia, sebutkan saja. Siapa tahu kamu akan mendapat sekotak coklat atau buket bunga gratis di kamarmu.

3. Langsung Bertanya pada Resepsionis

Bertanya pada resepsionis hotel
Bertanya pada resepsionis hotel via Euspert

Kamu bisa menyampaikan langsung keinginanmu untuk upgrade kamar pada resepsionis. Ingat, permintaan yang sopan sangat susah untuk ditolak. Dilansir dari www.smartertravel.com, seorang resepsionis akan dengan senang hati memberi diskon atau bonus-bonus pada tamu yang sopan dan ramah.

4. Menginap di Hotel yang Sama

Tips upgrade hotel gratis
Menginap di hotel yang sama via www.kiplinger.com

Tamu yang loyal jelas mendapat tempat di hati pihak hotel. Memesan lewat online travel agent yang sama bisa membuat sejarah menginapmu tercatat sempurna. Mereka tidak akan segan memberi bonus kepada pelanggan setia. Hal ini juga berlaku pada tamu yang menginap lama. Siap-siap saja mendapat kejutan kamar lebih indah di hari ke lima atau selanjutnya.

5. Melaporkan Kerusakan dengan Sopan

Ilustrasi komplain dengan tidak sopan
Ilustrasi komplain dengan tidak sopan via community.mystar12.com

Tidak semua kamar di hotel tampil sempurna. Tak masalah jika kamu ingin melaporkan barang atau fasilitas yang tak berfungsi dengan baik di kamarmu. Hanya saja, sampaikan semua keluhanmu dengan sangat sopan. Demi kenyamanan sang tamu, pihak hotel tidak akan ragu mengganti ruangan. Bahkan jika tidak ada kamar setipe yang tersedia, kamu akan dipindah ke ruangan yang lebih mahal tanpa biaya tambahan. Tentu saja, masing-masing hotel memiliki kebijakan berbeda.

6. Kenal dengan Orang yang Tepat

Kenal dengan orang yang tepat
Kenal dengan orang yang tepat via LinkedIn

Kenal dengan orang yang tepat bisa membawa keberuntungan tersendiri. Dilansir dari Popsugar, Freddie Floyd, “The Consummate Concierge,” menyarankan untuk mengucapkan salam pada general hotel yang akan ditempati setelah memesan kamar. Sampaikan bahwa kamu sangat antusias akan menginap dan tak sabar setelah membaca banyak review bagus tentang hotelnya. Kamu tidak akan tahu apa yang terjadi jika tidak mencoba.

7. Check-In di Akhir Waktu

Check in late at hotel
Check in late at hotel via Business Insider

Check-in di akhir waktu mungkin terdengar sangat beresiko, padahal tidak. Sebelum mencoba tips ini, pastikan masih ada kamar kosong. Pihak hotel mungkin akan menempatkanmu di kamar terbaik karena tidak ada kamar lagi yang tersisa. Apalagi jika mereka mengenalimu sebagai salah satu pelanggan setia yang sudah sering menjadi tamu di hotel tersebut.

Wah, ternyata ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mendapatkan upgrade kamar gratis. Jangan sedih jika tak berhasil, kunci dari traveling asyik adalah bisa menikmati perjalan. Bagaimana, setuju kan?

Tags
Akomodasi Indonesia tips upgrade kamar
Share