Ini Dia Tips untuk Sailing Trip Pertamamu, Baca Sebelum Mencoba Ya

Pernah dengan istilah island hopping? Ini merupakan kegiatan menjelajah dari satu pulau ke pulau lainnya. Serunya, kamu bisa menggunakan kapal laut sebagai sarana transsportasinya. Tak hanya menyeberang, kamu juga akan bermalam dan makan di atas kapal yang dikenal dengan istilah sailing trip. Nah, bagi pemula, kamu wajib memperhatikan tips untuk sailing trip pertama. Apa saja yang perlu disiapkan, ya?

1. Siapkan Pakaian Hangat

Bawa jaket anti air
Bawa jaket anti air via Instagram/@xmasbingi

Tips untuk sailing trip pertama adalah kamu harus menyiapkan baju hangat, hal ini dikarenakan angin yang bertiup sangat kencang. Selain itu, pastikan kamu memiliki jaket anti air. Sehingga, saat terciprat air laut, kamu tetap dalam keadaan kering dan nyaman. Paling penting, kamu mengenakan alas kaki tertutup dan tidak licin.

2. Jangan Simpan di Saku

Jangan simpan di saku
Jangan simpan di saku via Instagram/@hardport555

Tips untuk sailing trip pertamamu yang tak kalah penting adalah tidak menyimpan dompetmu di saku. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan seperti terkena air atau malah tercebur ke laut. Peraturan yang sama juga berlaku untuk handphone dan barang penting milikmu yang lainnya.

3. Jangan Injak Tali atau Layar

Jangan injak layar
Jangan injak layar via Instagram/@star_sailing_school_phuket

Perhatikan langkah dan tempatmu berdiri. Pastikan untuk tidak menginjak tali atau kain layar. Selain itu, pastikan untuk tidak berada di sekitar tali. Jauhkan diri dan tangan dari tali-tali berada. Pilihlah tempat yang nyaman dan berpeganglah pada badan kapal.

4. Bawa Obat Sendiri

Bawa obat sendiri
Bawa obat sendiri via Instagram/@sailinguniverse

Tips untuk sailing trip pertama lainnya adalah tidak lupa membawa obat-obatanmu sendiri. Para awak kapal jelas menyediakan kotak pertolongan, namun bisa jadi obat yang kamu butuhkan tidak disediakan. Jika cenderung mabuk laut, jangan lupa membawa minyak angin atau aroma terapi yang membantumu lebih tenang.

5. Jangan Buang Apapun ke Laut

Jangan buang sampah ke laut
Jangan buang sampah ke laut via Instagram/@kazu_watch

Jangan buang apapun ke laut. Hal ini perlu dilakukan agar kelestarian laut kita masih terjaga. Sehingga anak dan cucu kita esok masih bisa menikmati keindahan alam seperti sekarang. Khususnya setelah makan, pastikan untuk tidak membuang sampahnya ke lautan, ya.

6. Ikuti Petunjuk dari Instruktur

Ikuti Instruksi
Ikuti Instruksi via Instagram/@mare_yachtcharter

Setiap kru kapal akan menyediakan jaket pelampung dan memberikan arahan dasar yang dibutuhkan saat berlayar. Pastikan untuk selalu mengikuti arahan yang diberikan oleh ahlinya. Jika kamu tidak mendapatkan briefing apapun, jangan ragu untuk meminta, ya.

7. Tak Perlu Bawa Makanan

Makan disediakan
Makan disediakan via Instagram/@blueline_lll

Makanan dan bermacam-macam camilan memang tidak pernah ketinggalan, khususnya saat traveling. Ngemil bisa menjadi salah satu kegiatan pembunuh bosan saat harus melakukan perjalanan selama berjam-jam. Namun, saat sailing trip kamu tidak perlu bersusah payah dengan membawa bekal makanan. Apalagi kalau bukan semuanya disediakan oleh kri kapal? Seru banget, kan?

Nah itu tadi beberapa tips untuk sailing trip pertamamu. Boleh nih ajak para  sahabat untuk mencoba sailing trip di Labuan Bajo, juga Lombok. Bagaimana, tertarik untuk coba?

Tags
Indonesia tips dan inspirasi tips untuk sailing trip Wisata
Share