4 Tips untuk Melihat Gugusan Bintang dengan Mata Telanjang

Langit memiliki pemandangan yang memukau. Gugusan, rasi bintang, hingga aurora semuanya terdapat di langit. Namun tak semua orang dapat menyaksikan keindahan ini. Karena untuk dapat menikmati keindahan alam ini diperlukan kejelian dan sedikit trik. Apalagi jika kamu berada di kawasan kota, banyak faktor yang membuat bintang tak dapat terlihat sempurna. Berikut ini Travelingyuk akan memberikan tips untuk melihat gugusan bintang dengan mata telanjang.

Pergi ke Lokasi dengan Ketinggian Sedang

Ketinggian sedang adalah tempat terbaik via pexels.com
Ketinggian sedang adalah tempat terbaik via pexels.com

Titik terbaik untuk melihat bintang dengan mata telanjang di tengah lereng gunung. Ketinggian sedang adalah tempat terbaik. Memang di puncak akan lebih minim awan, namun atmosfer di puncak sangat tipis sehingga membuat kita menerima oksigen lebih sedikit.

Jauhi Polusi Cahaya

Jauhi Polusi Cahaya via pexels.com
Jauhi Polusi Cahaya via pexels.com

Kunjungi wilayah yang memiliki langit tanpa awan, serta jauh dari cahaya lampu kota. Karena polusi cahaya akan menyamarkan bintang dari pandanganmu. Karena itu keindahan langit tak dapat terlihat secara maksimal dari perkotaan. Ada pula aplikasi The Dark Sky Finder yang membantu menemukan lokasi ideal untuk melihat bintang.

Jangan Hanya Dilihat

Jangan lupa diabadikan via pexels.com
Jangan lupa diabadikan via pexels.com

Karena pemandangan seperti tak selalu dapat dilihat di kota, kamu dapat mengabadikannya dengan kamera dslr yang kamu bawa. Selain mengabadikan momen pemandangan indah ini, kamu juga dapat mempelajari tentang benda-benda langit. Aplikasi seperti sky guide dapat kamu unduh untuk dapat menjelaskan apa yang kamu lihat di langit.

Siapkan Perlengkapan

Jangan lupa membawa perlengkapan via pexels.com
Jangan lupa membawa perlengkapan via pexels.com

Karena titik untuk melihat bintang kebanyakan berada di lokasi yang lebih tinggi, jangan lupa untuk membawa pakaian berlapis. Selain itu, jangan lupa membawa perlengkapan seperti kompas, senter dengan cahaya merah (agar mata terbiasa dengan kegelapan). Beberapa kudapan seperti kopi dan cokelat juga tak ada salahnya untuk dibawa.

Pemandangan seperti ini memang jarang dapat ditemukan di kawasan perkotaan. Banyaknya polusi udara maupun cahaya, membuat bintang tidak dapat terlihat secara maksimal. Di mana tempat favoritmu untuk melihat bintang?

Tags
Indonesia Melihat Bintang tips
Share