Traveling ke Luar Negeri Saat Puasa? Kenapa Nggak, Simak Tips Ini Ya

Puasa tidak dapat menjadi alasan untuk malas berkegiatan. Traveling saat bulan puasa pun tidak menjadi masalah. Memang akan sedikit menguras tenaga dan mempersiapkan banyak hal. Namun itu semua tidak akan menjadi masalah jika kamu dapat menemukan triknya. Berikut beberapa tips traveling saat puasa yang dapat diaplikasikan ketika melancong ke negeri orang.

Pilih Destinasi dengan Tepat

Foto aerial dari Kota Perth via instagram
Foto aerial dari Kota Perth via instagram/@abstract_air

Memilih negara destinasi yang tepat menjadi salah satu hal yang penting saat traveling di bulan Ramadhan. Beberapa negara memiliki waktu puasa yang pendek. Seperti di Perth, Australia Barat, yang memiliki waktu puasa sekitar 11 jam saja. Negara yang ramah muslim juga dapat menjadi salah satu tujuan. Karena kamu tak akan kesulitan untuk menemukan segala sesuatu yang berkaitan dengan ibadahmu.

Cari Penginapan di Sekitar Area Muslim

Kampong Glam, wilayah muslim di Singapura yang menjadi destinasi wisata via instagram
Kampong Glam, wilayah muslim di Singapura yang menjadi destinasi wisata via instagram/@indiradha

Menginap di wilayah yang memiliki komunitas muslim dapat menjadi salah satu keuntungan. Dengan begitu kamu tak akan kelewatan informasi sekaligus tetap dapat merasakan nuansa ramadhan yang kuat, meskipun berada di negeri orang. Setiap negara pasti memiliki wilayah yang memiliki banyak penduduk muslim. Contohnya seperti Kampong Glam di Singapura.

Trik Mencari Cari Makanan Halal

The Halal Guys menjual makanan western halal yang memilki cabang di beberapa negara via instagram
The Halal Guys menjual makanan western halal yang memilki cabang di beberapa negara via instagram/@jue_ashburn

Hal ini termasuk kendala yang sering ditemukan saat traveling ke negeri orang, terutama negara-nagara non muslim. Namun bukan berarti menemukan makanan halal menjadi tidak mungkin. Jika kamu memilih penginapan seperti yang telah disebutkan pada poin di atas, tentunya kamu akan mendapat banyak informasi. Tapi kalau kamu berada jauh dari area muslim, tak menjadi masalah. Kamu dapat menggunakan aplikasi seperti Muslim Pro.

Gunakan Aplikasi Adzan

Nggak cuma waktu sholat tapi juga tempat yang menyajikan makanan halal via
Nggak cuma waktu sholat tapi juga tempat yang menyajikan makanan halal via insider.pk

Pergi ke negara yang mayoritas penduduknya non-muslim akan menjadi tantangan tersendiri. Selain memerlukan sedikit trik untuk menemukan makanan halal, bebera aspek lain juga perlu diperhatikan. Salah satunya adalah adzan yang jarang terdengar, karena keberadaan masjid yang terlalu jauh jaraknya. Untuk menyikapi hal ini, kamu juga menggunakan aplikasi yang memberikan informasi adzan. Aplikasi Muslim Pro juga dapat kamu gunakan untuk hal ini.

Persiapkan Diri Untuk Hal tak Terduga

Membawa sandwich dan air mineral adalah salah satu persiapan yang dapat dilakukan via instagram
Membawa sandwich dan air mineral adalah salah satu persiapan yang dapat dilakukan via instagram/@najmafoods

Selama perjalanan pastinya banyak hal tak terduga yang terjadi. Saat traveling di bulan Ramadhan kamu lebih waspada dengan hal seperti ini. Misalkan pesawat sedang delay namun waktu imsak sudah semakin dekat. Untuk itu kamu dapat membawa beberapa bekal, agar tidak ketinggalan sahur.

Puasa akan lebih menyenangkan jika kamu tidak sendiri dalam menjalankan ibadah puasa. Maka itu, memilih penginapan atau bahkan destinasi yang ramah muslim dapat menjadi pilihan yang tepat. Tapi menguji mental sampai sejauh mana kamu bisa bertahan puasa dengan segala godaan dan cobaan juga terdengar seru bukan?

 

Tags
Bulan Puasa Bulan Ramadhan tips traveling Traveling Ramadhan
Share