Tips Traveling Berdua Bersama Anak, Dijamin Mudah dan Menyenangkan

Solo traveling saja membutuhkan persiapan sangat matang. Jadi bisa dibayangkan bagaimana sulitnya jika hanya melakukan perjalanan berdua bersama anak. Namun apakah mustahil dilakukan? Tentu saja tidak. Ada beberapa tips traveling berdua bersama anak yang bisa membuat perjalanan jadi kian mulus.

Bahkan jika sudah terbiasa, berwisata berdua bersama sang buah hati bisa jadi pengalaman tak terlupakan. Bukan tak mungkin ikatan emosional dengan anak juga menjadi lebih kuat. Berikut Travelingyuk berikan sejumlah tips traveling berdua bersama anak yang bisa coba dipraktekkan.

1. Komunikasikan Rencana Traveling Dengan Anak

Ilustrasi dua anak kecil memandang laut
Ilustrasi dua anak kecil memandang laut via Instagram megswonderful

Lakukan komunikasi aktif dengan anak mengenai rencana maupun tahapan di setiap perjalanan. Berikan gambaran jelas pada mereka soal ekspektasi dari orang tua selama proses traveling. Memberikan anak sedikit tanggung jawab juga tak ada salahnya, untuk membuat mereka sibuk selama perjalanan.

Bergantung pada usia anak, orang tua juga perlu mengatakan bahwa traveling bisa membuat mereka stres dan lelah. Oleh karena itu, anak-anak harus bersikap baik selama perjalanan dan tidak merepotkan orang lain.

2. Bikin Semuanya Lebih Mudah

Ilustrasi anak-anak di bandara
Ilustrasi anak-anak di bandara via Instagram rachchi82

Jika memang ada hal yang bisa dilakukan untuk membuat perjalanan lebih mudah, lakukan. Mulai dari parkir mobil secara vallet, check-in pesawat via online, memilih akomodasi dengan kamar luas plus balkon, dan masih banyak lagi.

Manfaatkan sejumlah aplikasi atau laman Internet untuk memilih akomodasi yang tepat. Dengan ruangan luas, orang tua akan punya waktu menyendiri dan beristirahat sejenak ketika buah hati mereka tidur lelap.

3. Rencanakan Penerbangan Dengan Cermat

Ilustrasi anak di dalam pesawat
Ilustrasi anak di dalam pesawat via Instagram jetsetscottishgal

Disarankan untuk memilih jadwal penerbangan di malam hari, terutama sebelum waktu tidur anak. Hal ini penting untuk memuat siklus tidur sang buah hati tak terganggu. Selain itu, perhatikan juga fasilitas apa saja yang disediakan masing-masing maskapai untuk penumpang cilik.

Jika memang penerbangan menyediakan beragam sarana hiburan menarik, itu artinya tidak perlu memenuhi tas atau koper dengan beragam mainan si kecil. Namun yang terpenting, pilih jadwal penerbangan dengan cermat agar anak tak rewel selama perjalanan.

4. Jangan Bawa Barang Berlebihan

Ilustrasi ibu dan anak saat traveling
Ilustrasi ibu dan anak saat traveling via Instagram soymamaviajera

Upayakan untuk tidak membawa barang berlebihan. Jika memang memungkinkan, cukup membawa tas model ransel dan hindari koper besar. Orang tua wajib memastikan minimal ada satu tangan bisa bergerak bebas untuk menjaga gerak-gerik anak selama perjalanan.

5. Bawa Makanan Secukupnya

Ilustrasi ekspresi gembira seorang anak melihat es krim
Ilustrasi ekspresi gembira seorang anak melihat es krim via Instagram madeliefhelena

Buat perencanaan dan persiapan matang. Bawa makanan secukupnya untuk berjaga-jaga andai anak tidak berselera menyantap hidangan yang disediakan di tempat tujuan. Sebisa mungkin buat mereka terus menjalani rutinitas seperti biasanya.

Selain itu, jangan lupa bawa makanan kecil atau camilan. Gunakan sebagai ‘sogokan’ untuk membuat anak tak rewel ketika diminta membawa tas mereka sendiri atau menjaga ketenangan selama mengantre tiket.

6. Bikin Itinerary Ramah Anak

Ilustrasi seorang ibu gendong anak di balkon
Ilustrasi seorang ibu gendong anak di balkon via Instagram trippinmomma

Susun rencana mendetail mengenai apa yang ingin dilakukan dan bagaimana cara menuju ke sana. Pastikan untuk memasukkan lokasi-lokasi menarik seperti museum, taman bermain, atau lokasi tertutup yang membuat mereka aman dan sedikit bersantai.

Namun yang terpenting adalah temukan akomodasi tepat sesuai kebutuhan. Biasanya anak-anak sulit sekali diajak turun ke lobby hotel untuk makan malam. Oleh karena itu, carilah penginapan dengan restoran luas dan model pelayanan ramah keluarga.

Itulah tadi sekilas mengenai tips traveling berdua bersama anak. Jika memang direncanakan dengan matang dan teliti, perjalanan wisata bersama sang buah hati bisa menjadi pengalaman indah tak terlupakan. Setuju?

Tags
tips traveling Wisata
Share