Traveler Sejati Harus Tahu Tips Memanfaatkan Waktu di Bandara

Advertisement
Advertisement

Mereka yang sudah terbiasa melakukan perjalanan jauh dengan tujuan luar negeri pasti sudah terbiasa dengan yang namanya delay atau transit di bandara. Kalau penundaan keberangkatan pesawat 1-2 jam saja sih tidak masalah. Kalau lebih dari 5 jam, pun keadaan sekitar sedang gelap gulita. Kalau kamu mengalami penundaan keberangkatan, istirahatlah. Kalau tidak tahu caranya, perhatikan tips berikut ini.

1. Mencari Tempat yang Nyaman

Yang dimaksud nyaman di sini tentu bukan berupa kasur atau sofa yang empuk. Yang dimaksud nyaman di sini adalah lokasi yang tidak terlalu dingin, tidak terlalu tersembunyi, dan kalau bisa dekat dengan petugas keamanan. Kamu bisa mencari kursi yang cukup lebar untuk duduk atau rebahan jika dibutuhkan.

Mencari Tempat yang Nyaman [via]
Jangan mencari tempat istirahat yang agak jauh dari ruang tunggu atau ada kemungkinan tidak mendengar speaker. Jika sudah mendapatkan tempat seperti ini segera keluarga baju hangat atau alas untuk menutupi kursi. Segeralah istirahat agar tidak terlalu capai sembari menunggu keberangkatan pesawat.

2. Satukan Koper dan Bawaan

Mereka yang membawa hanya satu koper mungkin tidak akan masalah saat mau tidur. Cukup dikunci atau digembok dan kopernya didekatkan dengan tubuh. Saat ada pergerakan pada koper, kamu akan sedikit terasa dan buru-buru bangun untuk melihat apa yang terjadi.

Satukan Koper dan Bawaan [via]
Kalau kopernya lebih dari satu, usahakan untuk membawa sebuah tali. Tali ini digunakan untuk menyatukan beberapa koper yang ada. Apabila satu koper diambil orang, koper lain akan ikut sehingga kemungkinan kamu sadar dan bangun jadi lebih besar daripada satu dengan yang lain dipisahkan.

3. Bawa Buku dan Camilan

Ada kalanya seseorang tidak bisa tidur ketika menunggu pesawat yang delay selama beberapa jam. Untuk mengatasi kebosanan yang kadang tidak bisa dihindarkan, bawalah buku atau apa saja yang bisa dibaca dan mampu membuang waktu. Bagi mereka yang tidak suka baca bisa membawa pemutar musik atau apa saja agar kebosanan tidak datang.

Bawa Buku dan Camilan [via]
Karena menunggu pasti membosankan dan kadang membuat kamu jadi lapar. Jangan lupa untuk selalu membawa makanan saat bepergian. Mungkin kamu bisa membawa kuaci untuk membuang waktu, atau aneka kerupuk yang bisa dibeli di minimarket dalam bandara. Saat menunggu, manjakan perutmu baik-baik.

4. Jangan Lupakan Alarm

Yang terbiasa ngebo di dalam bandara untuk menunggu pesawat, usahakan untuk selalu memasang alarm. Tidak mau kan keasyikan tidur lalu lupa berapa jam waktu tunggu dan tidak mendengar pemberitahuan kalau pesawat sudah ready dan akan segera diberangkatkan.

Jangan Lupakan Alarm [via]
Untuk menghindari pusing karena kaget dari alarm, pasang alarm 1 jam sebelum keberangkatan. Gunakan nada dering yang tidak terlalu mengejutkan. Buat tubuh bangun perlahan-lahan dan masih bisa menyiapkan banyak hal seperti packing barang-barang ke dalam koper atau mencari makanan untuk mengganjal perut.

5. Selalu Waspada dengan Kejahatan

Tidur ya tidur, tapi tetap harus waspada meski letaknya di dalam bandara. Pihak pengamanan pasti standby selama 24 jam, tapi tidak mungkin mengawasi satu per satu. Kejahatan bisa terjadi kapan saja tanpa memberi tahu. Jadi, jangan terlalu lengah agar hal tidak menyenangkan seperti ini bisa dihindari.

Selalu Waspada dengan Kejahatan [via]
Kalau kamu melakukan perjalanan dengan banyak orang. Usahakan untuk bergantian jaga, misal kamu tidur beberapa jam lalu teman baca. Ketika giliran kamu bangun, teman bisa tidur. Intinya saling menjaga agar barang bawaan terutama paspor dan visa tidak hilang entah diambil orang atau terjatuh.

Inilah beberapa tips tidur atau istirahat saat berada di dalam bandara. Karena hal-hal tidak diinginkan kerap terjadi, bawalah beberapa perlengkapan standar seperti selimut atau alas, tali, atau gembok untuk koper.

Advertisement
Tags
tidur di bandara tips tidur
Share