6 Cara Hilangkan Stress Sebelum Naik Pesawat

Walau menyenangkan, namun pengalaman liburan bisa saja rusak gara-gara perjalanan yang kurang nyaman. Terlebih bagi mereka yang harus melakukan perjalanan via udara. Melakukan persiapan menjelang penerbangan seperti memeriksa isi bagasi, memperhatikan ketepatan waktu, hingga mengatur jadwal keberangkatan bisa memicu stress. Karenanya, penting sekali memastikan semua terencana dengan baik. Berikut TravelingYuk sajikan enam tips yang bisa dipratekkan untuk menghindari stress sebelum naik pesawat.

1. Pelajari Lokasi Bandara

Ilustrasi lapangan terbang di bandara via Instagram loveplanespot

Boleh jadi Anda sudah familiar dengan bandara tempat keberangkatan, namun bagaimana dengan pelabuhan udara di tempat tujuan? Guna meminimalisir kecemasan dan masalah, ada baiknya carilah keterangan lengkap mengenai fasilitas apa saja yang ada di bandara tersebut. Jangan lupa untuk merencanakan moda transportasi apa yang bakal digunakan mencapai tempat penginapan atau destinasi wisata tujuan.

2. Buat Diri Sendiri Merasa Nyaman

Ilustrasi seorang penumpang wanita memakai bantal leher via Instagram 0r0052

Buatlah diri Anda sendiri merasa nyaman sepanjang perjalanan. Terutama jika penerbangan memakan waktu lebih dari dua jam. Setiap orang punya caranya masing-masing, namun beberapa yang bisa dilakukan antara lain membawa bantal leher atau penutup mata agar istirahat jadi semakin nyaman. Tak ada salahnya pula membawa perangkat pemutar musik atau video untuk menghindari kebosanan.

3. Simpan Gambar Boarding Pass

Ilustrasi kumpulan boarding pass via Instagram sprite_thai

Belakangan ini sudah ada banyak maskapai dan bandara yang menerapkan sistem boarding pass lewat smartphone. Jika memang Anda menumpangi penerbangan dengan sistem seperti ini, tak ada salahnya untuk mengambil bukti screenshot dan menyimpannya di folder gambar. Nantinya Anda takkan perlu panik dilarang masuk ke dalam kabin, jika sewaktu-waktu koneksi Internet di ponsel mengalami masalah.

4. Bawa Wadah Plastik Transparan

Ilustrasi wadah transparan via Instagram conimexsme

Benda cair sangat dilarang keras dibawa ke dalam kabin pesawat. Namun biasanya ada izin khusus jika cairan tersebut jumlahnya tidak terlalu banyak dan disimpan dalam wadah plastik transparan. Persiapkan wadah semacam itu untuk menghemat waktu selama proses check-in di bandara. Anda tentunya tidak ingin harus repot-repot membuka koper besar hanya demi memakai deodoran atau parfum.

5. Persiapkan Pakaian Khusus

Ilustrasi penumpang tidur di pesawat via Instagram gabriele_click

Penerbangan yang memakan waktu berjam-jam rawan membuat tubuh merasa tak nyaman. Apalagi suhu udara di ketinggian bisa cukup dingin meski kita berada di dalam kabin pesawat. Oleh karena itu sangat penting untuk menyiapkan pakaian khusus untuk naik pesawat terbang. Upayakan pakaian tersebut terasa nyaman, namun rapi. Tidak terlalu tebal atau terlalu tipis, dan yang penting bisa menahan udara dingin.

6. Bawa Botol Air Kosong

Ilustrasi seorang pria membawa botol air minum via Instagram spencers

Sejumlah bandara tidak lagi memperbolehkan penumpang masuk ke gerbang keberangkatan dengan membawa air mineral kemasan. Anda diwajibkan membeli air mineral, biasanya berharga jauh lebih mahal, yang ada di bandara.

Namun tidak perlu khawatir, ada cara untuk mensiasati ini. Bawalah botol minum plastik kosong. Benda ini masih diperbolehkan untuk dibawa dan nantinya Anda bisa mengisinya di keran khusus air bersih yang ada di kompleks bandara.

Itulah sejumlah persiapan yang bisa dilakukan untuk mengurangi stress menjelang perjalanan naik pesawat. Penerbangan yang nyaman niscaya akan membuat Anda merasa lebih antusias begitu sampai di tempat liburan.

Tags
Indonesia tips tips penerbangan tips wisata
Share