Ini yang Perlu Kamu Siapkan untuk Rafting yang Penuh Tantangan

Ada banyak kegiatan outdoor yang ekstrem dan penuh tantangan. Salah satunya adalah rafting, yaitu mengarungi arus sungai yang jeram. Biasanya naik perahu karet dan butuh keterampilan khusus agar perahu tidak terbalik. Meski begitu momen ketika hal itu terjadi justru ditunggu-tunggu. Agar raftingmu semakin seru, sebaiknya kamu memanfaatkan beberapa tips berikut ini.

1. Pakai Tabir Surya

menggunakan tabir surya
menggunakan tabir surya via ExpertBeacon

Sama seperti ke pantai, meski kamu akan bermain air tapi cahaya matahari siang bisa membakar kulitmu. Apalagi jika kamu tidak cocok dengan air sungainya. Atasi dengan memakai tabir surya untuk melindungi kulit dari efek sinar matahari. Pilih yang tidak waterproof atau tidak mudah larut di air.

2. Gunakan Tas Anti Air

menggunakan tas anti air
menggunakan tas anti air via YouTube

Beberapa paket tur yang menyediakan jasa rafting melengkapi pemandunya dengan tas anti air. Para tamu bisa menyimpan barang di tas tersebut. Lebih baik lagi jika kamu membawa tas anti air tersendiri agar barang-barangmu tidak bercampur dengan milik orang lain. Pilih juga yang kuat dan aman serta bisa diikatkan. Sehingga jika perahu terbalik kamu tidak kehilangan tas tersebut.

3. Pakai Pakaian yang Cepat Kering

Pakai pakaian yang cepat kering
tips rafting Pakai pakaian yang cepat kering via Brewbrew Coffee Lounge

Memilih pakaian yang tepat untuk rafting juga penting. Kamu tidak mau kan salah kostum dan akhirnya liburanmu jadi terganggu. Rafting biasanya membutuhkan waktu yang lama mengarungi sungai. Agar kamu tidak kedinginan, sebaiknya gunakan baju yang tidak menyerap air dan cepat kering. Begitu juga dengan celana.

4. Siapkan Tubuh yang Fit

Rafting dengan tubuh yang fit
Tips rafting dengan tubuh yang fit via Kelle Terre

Namanya juga olahraga outdoor, maka pastikan tubuhmu fit saat melakukan rafting. Sebaiknya kamu melakukan pemanasan terlebih dahulu. Rafting memiliki beberapa tingkatan tergantung tantangannya. Maka kamu harus menggunakan peralatan keamanan yang lengkap terutama helm kepala.

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan seputar rafting. Salah satu spot yang bisa kamu coba ada di Sungai Ayung Bali dan Probolinggo. Kamu ingin rafting di mana dulu nih?

Tags
Indonesia rafting tips
Share