Tips Penghalau Cemas Saat Penerbangan, Percayalah Liburan Seru Menantimu

Maunya liburan yang bikin happy. Namun terkadang terhalang rasa cemas saat perjalanan di dalam pesawat. Teman Traveler yang ingin mengurangi rasa khawatir tersebut, bisa ikutin tips penghalau cemas saat penerbangan yang dilansir dari berbagai sumber berikut. Percayalah Teman Traveler, liburan seru telah menanti.

Ngobrol dengan Teman/ Pramugari 

Ilustrasi Ngobrol dengan Teman atau Pramugari via Shutterstock

Bila terbang bersama teman atau keluarga, sampaikanlah pada mereka bahwa kamu punya kecemasan saat penerbangan. Tujuannya supaya mereka bisa membantumu untuk mengurangi perasaan tersebut. Kalau terbang sendirian, bolehlah katakan kepada pramugari.

Selain sharing soal rasa cemas yang dialami, bisa juga habiskan waktu dengan ngobrol beragam topik menyenangkan. Namun jangan sampai teman ngobrol tersebut malah ‘berlomba-lomba’ cerita tentang penerbangan terseram yang pernah dialami.

Fokus pada Destinasi Wisata, Rajin-rajin Liat Foto Tujuan Liburanmu 

Ilustrasi Fokus pada Destinasi Wisata via Shutterstock

Perjalanan di pesawat merupakan langkah awal sebelum memulai liburan sesungguhnya. Namun memang harus dijalani. Nah, tips penghalau cemas saat penerbangan selanjutnya adalah Teman Traveler harus fokus pada destinasi tujuan. Dibayangkan saja bisa, tapi bakal lebih terasa kalau ada bentuk visualnya. Seperti melihat foto-foto wisata keren di tempat tujuan liburan.

Sibukkan Diri

Ilustrasi Sibukkan Diri via Shutterstock

Selama berada di pesawat cobalah untuk menyibukkan diri. Sesuaikan saja dengan kegiatan favorit Teman Traveler. Misalnya saja mewarna pada buku yang konon mampu membuat pikiran lebih rileks. Bisa juga membaca novel favorit atau bekerja.

Minum Teh Chamomile

Ilustrasi Minum Teh Chamomile via Shutterstock

Pikiran relaks juga dapat membuat rasa cemas cukup berkurang. Salah satu metodenya adalah minum teh chamomile atau peppermint. Kedua bahan tersebut dipercaya mampu memicu rasa nyaman dan tenang. Atau bisa juga menghirup essential oil. Namun pastikan baunya tidak terlalu menyengat. Jangan sampai membuat penumpang lain kurang nyaman, ya.

Dengerin Musik yang Menenangkan

Ilustrasi Dengerin Musik yang Menenangkan via Shutterstock

Menurut penelitian yang dilakukan oleh salah satu universitas di Amerika Serikat, mendengarkan musik favorit dapat menurunkan tingkat kecemasan. Pilihlah lagu yang punya nada relaxing, bisa jadi bikin rasa was-was saat naik pesawat berkurang.

Kalau Udah Mulai Cemas, Tarik Nafas Panjang 

Ilustrasi Tarik Nafas Panjang via Shutterstock

Jika cemas sudah mulai datang namun berbagai kegiatan tidak bisa mengalihkannya, maka lakukan tarik nafas panjang dan hembuskan lewat mulut secara perlahan. Konon breathing technique satu ini mampu memicu rasa tenang dan membantu mencegah hiperventilasi (nafas cepat atau tersengal-sengal).

Kurangi Dulu Minum Kopi 

Ilustrasi Kurangi Dulu Minum Kopi via Shutterstock

Kopi mengandung kafein yang dipercaya dapat membuat badan lebih cepat merasa dehidrasi. Selain itu, konon bisa memperparah masalah kecemasan. Sehingga disarankan untuk mengurangi minum kopi. Kalau bisa malah tidak minum sama sekali sebelum atau saat penerbangan.

Semoga tips penghalau cemas saat penerbangan di atas mampu membantu, ya. Kalau Teman Traveler sendiri punya cara apa untuk menenangkan diri selama di pesawat?

Tags
Akomodasi Indonesia Tips Penghalau Cemas Saat Penerbangan
Share