Isu Miss Universe Australia Telantar di Bali, Tips Paspor Hilang atau Rusak di Luar Negeri

Dikabarkan bahwa mantan Miss Universe Australia, Tegan Martin, telantar di Bali menggegerkan publik. Pihak Imigrasi Bali pun membantah isu itu. Awalnya memang Tegan Martin bermaksud berlibur ke Bali dengan memakai paspor yang basah. Namun, oleh otoritas Australia ia tak diperkenankan berangkat. Lalu, bagaimana jika Teman Traveler mengalami paspor hilang atau rusak saat di luar negeri? Simak yuk tips menghadapinya!

Persiapkan Copy atau Hasil Scan Paspor

paspor hilang atau rusak
Persiapkan Copy Paspor via instagram/persada.travel

Sebelum bepergian ke luar negeri, ada baiknya Teman Traveler membuat copy paspor dan bawa serta dalam perjalanan. Kalian juga bisa memindai paspor dan menyimpan filenya di e-mail atau tempat penyimpanan digital lain, supaya data tersebut bisa dipakai sewaktu-waktu. Miliki juga pas foto dengan latar belakang terang di tempat penyimpanan digital.

Lapor ke Kantor Polisi Terdekat

Lapor ke kantor polisi terdekat via pixabay

Saat menyadari bahwa kalian kehilangan paspor, maka segera membuat laporan ke kantor polisi terdekat dan sampaikan kondisi Teman Traveler kepada petugas yang berjaga. Biasanya pihak kepolisian akan meminta kalian untuk menceritakan kembali kejadian yang dialami secara detail dan meminta kalian untuk mengisi formulir laporan kehilangan. 

Lapor ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI)

Lapor ke Kedutaan atau Konsulat Indonesia via instagram/ ignasius.jonan

Setelah beres mengurus form laporan kehilangan di kantor polisi, bergegaslah menuju KBRI atau konsulat terdekat dengan membawa surat laporan tersebut. Teman Traveler bisa mengajukan permohonan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) di KBRI. SPLP ini berfungsi sebagai paspor sementara dan bisa digunakan sebagai paspor pengganti untuk kembali ke Indonesia. Proses pengurusan paspor sementara ini biasanya memakan waktu 1 – 7 hari. 

Masa berlaku SPLP ini terbatas, tergantung pada kebijakan masing-masing negara. Pastikan kalian mengetahui batas masa berlaku SPLP kalian ya. Untuk mengajukan permohonan SPLP, syaratnya adalah kartu identitas diri, fotokopi paspor, surat keterangan kehilangan dari kepolisian setempat, pas foto dengan latar belakang terang, formulir SPLP yang telah terisi dengan benar, serta membayar biaya permohonan SPLP

Segera Urus Paspor Baru

paspor hilang atau rusak
Urus paspor baru via instagram/ditjen_imigrasi

Perubahan rencana perjalanan adalah konsekuensi kehilangan paspor. Oleh karena itu, sesampainya di Indonesia segera urus paspor baru di kantor imigrasi terdekat. Bisa saja kan kalian sewaktu-waktu membutuhkannya untuk urusan mendadak ke negara lain. 

Sudah tidak bingung lagi bukan jika paspor hilang atau rusak di luar negeri? Pastikan menjaga dan mempersiapkan dengan baik segala identitas agar perjalanan liburan kalian tidak terganggu seperti Tegan Martin. Jaga paspor kalian baik-baik ya, Teman Traveler!

Tags
info terbaru Luar negeri paspor hilang paspor rusak
Share