Catat Nih, 8 Trik Bikin Pakaian Tak Kusut Usai Packing

Seberapa sering kamu berlibur dengan mengenakan pakaian kusut dan seperti tak berbentuk? Padahal kamu sudah ekstra hati-hati saat memasukkannya ke dalam koper. Jika hal ini terjadi, mau tak mau kamu harus menyetrikanya lagi begitu sampai di tempat tujuan. Beberapa hotel memang sudah menyediakan setrika, tapi siapa yang ingin repot melakukannya saat liburan? Namun kabar bagusnya, situasi semacam itu bisa dihindari jika sudah mengetahui teknik menyetrika dan melipat yang tepat.

1. Setrika dengan Teknik Khusus

Menyetrika pakaian saat hendak traveling via Instagram Octavana

Sebelum menyetrika pakaian, semprot dulu dengan air, terutama untuk bagian lengan, kerah, dan pergelangan tangan. Kencangkan semua kancing dan sebarkan panas secara merata di bagian depan dan belakang pakaian.

2. Cara melipat yang benar

Tumpukan pakaian setelah dilipat via Instagram Mkharvey

Gantung pakaian di hanger dan pastikan sudah benar-benar kering sebelum dilipat. Hal ini akan meminimalisir kusut sebelum kamu melipatnya. Jangan lupa kencangkan semua kancing atau zipper sebelum membalik bagian depan dan melipat bagian lengan ke arah belakang. Lipat sisi kiri dan kanan pakaian ke arah dalam, sesuai dengan panjang bagian lengan, sebelum melipat bagian bawah dan membentuk persegi sempurna dengan kerah di bagian atas.

3. Gunakan koper berbahan keras

Pilihan koper untuk traveling via Instagram Goldieskiclub

Jika memang mungkin, upayakan untuk bepergian dengan koper berbahan keras alih-alih membawa travel bag atau tas punggung. Mungkin sedikit kurang praktis, namun hal ini akan meminimalisir risiko pakaian berpindah posisi ketika koper terkena guncangan dan artinya lebih sedikit kemungkinan untuk kusut.

4. Jangan bawa barang berlebihan

Jangan membawa banyak barang saat packing via Instagram Minamaxine

Hindari membawa barang dengan jumlah berlebihan hingga membuat tas atau koper penuh sesak. Hal ini juga beresiko membuat pakaian mudah kusut hingga tampak kurang oke ketika digunakan saat berjalan-jalan di tempat wisata.

5. Gunakan plastik khusus

Pakaian dalam plastik dry cleaning via Squarespace

Jika bersedia mengeluarkan dana lebih, masukkan masing-masing potong pakaian yang dibawa dalam plastik dry cleaner, seperti yang biasa digunakan di laundry. Bisa jadi Anda akan harus merogoh kocek lumayan dalam, namun cara ini cukup ampuh untuk mengurangi resiko pakaian terlihat kusut maupun lecek.

6. Packing dengan urutan yang benar

Packing barang saat traveling dengan urutan benar via Instagram Hungryhipster

Lipat dan simpan pakaian yang paling sulit kusut di bagian paling bawah koper. Setelah itu, lanjutkan dengan pakaian yang lebih mudah kucel, seperti kaus. Berikutnya, kamu bisa mulai memasukkan celana panjang atau rok, sebelum akhirnya menutupnya dengan menambahkan handuk maupun jas. Melakukan packing dengan urutan yang benar seperti ini juga sangat efektif dalam mencegah pakaian mudah kusut.

7. Kencangkan strap

Strap untuk koper via Zintex

Jika koper yang dibawa memiliki strap elastis, jangan lupa kencangkan bagian ini. Hal ini akan membantu pakaian yang Anda bawa tetap aman berada di posisinya hingga sampai tujuan dan tentunya masih tampak rapi seperti ketika dimasukkan.

8. Menggulung pakaian

Menggulung pakaian untuk mencegah kusut via Travel Leisure

Menggulung lebih direkomendasikan untuk pakaian casual seperti t-shirt berbahan katun. Sementara untuk menggulung celana jeans, jangan lupa untuk melipat satu bagian kaki menutupi bagian kaki lainnya. Mulai dari bagian mata kaki dan lipat secara rapi hingga pinggul.

Untuk menggulung atasan, lipat bagian lengan ke arah belakang hingga membentuk persegi panjang. Lipat lagi hingga setengahnya dan gulung secara rapi. Teknik ini akan membantu Anda menghemat ruang di dalam koper dan juga mencegah pakaian kusut.

Itulah beberapa tips yang bisa dipraktekkan untuk menjaga pakaian tetap rapi selama liburan. Menjaga penampilan tentunya juga akan membuat liburan jadi terasa semakin menyenangkan.

Tags
tips Tips Packing tips traveling tips wisata
Share