Tips Mudik via Tol, Pulang Kampung Nyaman Tanpa Kendala

Mudik atau pulang kampung sudah jadi salah tradisi wajib saat lebaran. Belakangan, perjalanan ke daerah asal, khususnya bagi yang tinggal di Pulau Jawa, terasa makin mudah berkat rampungnya tol anyar. Namun agar perjalanan tambah nyaman, ada beberapa tips mudik via tol yang bisa Teman Traveler praktekkan.

Rute tol di Pulau Jawa (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Kehadiran Tol Trans Jawa menghubungkan Jawa Timur hingga Ibu Kota tanpa putus. Jalur ini pun siap digunakan untuk mudik 2019. Tapi sebelum berangkat, sebaiknya Teman Traveler perhatikan sejumlah tips berikut agar perjalanan pulang kampung via tol terasa makin menyenangkan.

Saldo E-Toll

Tol Malang-Pandaan saat proses pembangunan (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Pastikan saldo E-Toll atau kartu elektronik cukup untuk membayar biaya masuk tol. Hal ini penting agar perjalanan tetap lancar, tak terhambat proses pembayaran. Jangan sampai karena lalai, Teman Traveler mengakibatkan antrean panjang di depan loket.

Bawa Pakaian Secukupnya

Pintu gerbang tol Singosari (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Berikutnya adalah persiapan pakaian yang dibawa. Pastinya gak mungkin Teman Traveler mengepak semua baju di lemari kan? Siapkan koper maupun tas sesuai kebutuhan. Pastikan barang bawaan tidak melebihi kapasitas kendaraan yang digunakan.

Cek Kondisi Kendaraan

Berikutnya yang tak kalah penting adalah melakukan pengecekan kondisi kendaraan. Lakukanlah melakukan servis sebelum perjalanan ke kampung halaman. Terakhir, jangan lupa mengisi bahan bakar. Bukan tak mungkin Teman Traveler bakal kesulitan menemukan SPBU di tengah perjalanan.

Jaga Kondisi Tubuh

Bawalah buah segar atau makanan lain (c) Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Selain kondisi kendaraan, kondisi tubuh juga perlu dijaga agar tetap sehat. Bawalah vitamin dan obat-obatan sebagai persiapan selama perjalanan. Siapa tahu Teman Traveler membutuhkan suplemen ekstra untuk menjaga daya tahan di tengah mudik.

Membawa bekal makanan atau minuman juga tak ada salahnya. Teman Traveler tak perlu bingung membatalkan puasa jika meski tak kunjung menemukan rest area. Oh ya, yang tak kalah penting adalah siapkan supir pengganti agar kendaraan tetap terkontrol selama perjalanan.

Itulah beberapa tips mudik via tol yang bisa saya sampaikan. Semoga Teman Traveler selamat sampai kampung halaman dan melewatkan momen bahagia bersama keluarga tercinta.

Tags
kontributor tips dan inspirasi Travelingyuk
Share