Tips Mudik Via Darat dengan Orang Tua, Semua Tetap Nyaman

Bagaimana puasanya? Lancar kan? Tidak terasa, Lebaran sudah di depan mata. Salah satu tradisi yang ditunggu-tunggu saat Ramadan datang adalah bisa pulang kampung dan bertemu dengan saudara jauh, serta keluarga besar lainnya. Meski banyak tiket mudik gratis bertebaran, tak sedikit pula yang memilih untuk pergi dengan kendaraan pribadi. Nah, di bawah ini ada beberapa tips mudik via darat bareng orang tua. Biar sama-sama nyaman, nih.

1. Pilih Jalur Mulus

Pilih jalur yang mulus
Pilih jalur yang mulus via Instagram/@dmsdwptr91

Jelas, cepat sampai adalah keinginan setiap pemudik. Namun, kenyamanan juga harus diutamakan. Ingatlah bahwa kamu tak sendiri. Di mobil juga ada orang tua yang bisa saja tidak memiliki fisik sekuat dirimu. Pillihlah jalur dengan jalanan yang mulus. Hindari jalur yang buruk meski itu merupakan jalan pintas ke tujuanmu.

2. Siapkan Cemilan Empuk

Siapkan camilan empuk
Siapkan camilan empuk via Instagram/@rotileutik

Kacang dan biskuit memang menjadi teman perjalanan yang menyenangkan. Berkendara berjam-jam pun bisa tetap happy karena sambil ngemil. Namun, apakah semua penumpang bisa menikmati camilan yang sama? Jangan lupa juga untuk menyiap jajanan yang empuk seperti roti untuk orang tua. Tak ketinggalan air mineral yang banyak di dalam kendaraanmu. Pastikan untuk menyiapkan obat-obatan yang dibutuhkan juga, ya.

3. Sering Singgah di Rest Area

Rest Area
Rest Area via Instagram/@yudhiginanjar

Beberapa orang tua biasanya harus ke kamar mandi cukup sering. Tips mudik via darat bareng orang tua lainnya adalah memastikan untuk berhenti di beberapa titik rest area yang disediakan di sepanjang jalur mudikmu. Selain agar mereka tak perlu menahan keinginan untuk buang air, para pengemudi pun bisa memanfaatkan waktu untuk istirahat. Mungkin kamu akan membutuhkan waktu sedikit lama untuk tiba di tujuan, tapi itu bukan masalah.

4. Siapkan Musik untuk Semua

Siapkan musik untuk semua
Siapkan musik untuk semua via Instagram/@natalia616__

Tips mudik via darat yang nggak boleh ketinggalan adalah menyiapkan musik untuk menemani perjalananmu. Nggak semua penumpang bisa betah tetap terjaga saat berkendara jauh. Musik bisa menjadi hiburan bagi pengemudi. Perlu diingat, bahwa ada orang tua di dalam mobil. Hindari memasang musik kencang dengan aliran rock seperti favoritmu. Siapkan musik lembut yang bisa dinikmati oleh semua penumpang, ya.

5. Download Aplikasi Magma

Aplikasi Magma Indonesia
Aplikasi Magma Indonesia via Playstore

Jangan lupa juga untuk mengunggah aplikasi yang bisa menjadi petunjuk perjalananmu. Salah satunya adalah Magma Indonesia. Aplikasi yang satu ini akan memberikan informasi mengenai kebencanaan mulai dari status gunung berapi, gempa bumi, tsunami dan gerakan tanah tersaji. Sehingga para pengguna jalan bisa waspada akan bencana di jalur yang dilewatinya. Apalagi beberapa gunung di Indonesia sedang ‘batuk’ nih.

Nah, itu tadi beberapa tips mudik via darat bareng orang tua. Semoga perjalananmu dan keluarga lancar, serta selamat sampai tujuan. Selamat mudik, ya.

Tags
Akomodasi Indonesia tips dan inspirasi
Share