Tips Sederhana Agar Mudikmu Tetap Aman dan Bebas Ribet

Libur lebaran memang masih lama, tapi bukan berarti kamu bisa santai buat nyiapin acara mudik nanti. Justru karena masih banyak waktu, ada baiknya kamu mempersiapkan rencana mudik sesegera mungkin. Jadi nanti kamu nggak perlu ribet atau kerepotan mengurus segala persiapan secara dadakan.

Sebenarnya mempersiapkan mudik itu nggak harus repot, kok. Dengan mempersiapkan dari awal, kamu justru jadi lebih siap dan santai menunggu momen mudikmu tiba. Ada beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan biar mudikmu tenang, aman dan bebas dari kata ribet. Yuk cek tipsnya berikut ini.

1. Tentukan Lamanya Mudik

Hal pertama yang perlu diperhatikan waktu akan membuat rencana mudik adalah menentukan berapa lama kamu akan pulang kampung. Ini penting terutama buat kamu yang bekerja di perusahaan. Biasanya akan ada liburan di tanggal merah, atau tambahan beberapa hari buat karyawan Muslim. Perhitungkan kapan kamu harus beli tiket pesawat dan kapan berangkat serta pulangnya sejak jauh-jauh hari.

Kalender [Image Source]
Kalender [Image Source]
Kalau memang pengen libur lebih lama, pastikan dulu apa kamu sudah punya cuti. Jangan tiba-tiba mengambil liburan panjang tanpa sepengetahuan. Bisa-bisa pulang dari mudik kamu malah dapat masalah di kantor. Mudik dan kumpul bareng keluarga emang penting, tapi kamu juga nggak boleh melupakan tanggung jawab sebagai karyawan.

2. Perkirakan Jumlah Dana yang Dimiliki

Sebelum memutuskan mudik, kamu juga perlu menghitung tabungan dan dana yang ada. Perhitungkan berapa kira-kira biaya tiket mudik pulang pergi, sekaligus pengeluaran yang mungkin akan kamu lakukan di kampung halaman nanti.

Rupiah [Image Source]
Rupiah [Image Source]
Biasanya buat yang punya keponakan atau adik kecil, akan ada tradisi bagi-bagi angpau lebaran. Nah, siapkan berapa jumlah uang yang akan kamu keluarkan untuk tradisi ini. Jadi kamu nggak sampai kehabisan uang waktu ada di kampung halaman. Nggak lucu kan kalau waktunya kembali dari mudik tapi uangmu ternyata sudah ludes?

3. Persiapkan Dokumen-dokumen Penting

Hal lain yang nggak boleh kamu lupakan adalah mempersiapkan dokumen-dokumen penting seperti KTP misalnya. Kelihatannya sepele, tapi sebenarnya ini adalah salah satu hal penting yang nggak boleh sampai terlewatkan. Jadi kalau terjadi apa-apa keluarga yang di rumah bisa segera dihubungi.

Kartu identitas [Image Source]
Kartu identitas [Image Source]
Kalau kamu mudik dengan membawa kendaraan sendiri, maka jangan sampai ketinggalan membawa SIM dan STNK. Fungsinya bukan cuma biar nggak ditilang saja, tapi kalau seandainya ada kejadian tertentu, kamu bisa membuktikan bahwa kendaraan yang kamu bawa itu benar-benar milikmu sendiri.

4. Amankan Rumah Selama Mudik

Saat mudik, biasanya beberapa orang akan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong tanpa penghuni untuk waktu yang cukup lama. Nah, kamu perlu waspada dan memeriksa keamanan rumahmu terlebih dulu. Jadi selama mudik kamu nggak terus-terusan kepikiran keadaan tempat tinggalmu.

Kunci Rumah [Image Source]
Kunci Rumah [Image Source]
Pastikan semua pintu dan jendela dalam kondisi bagus dan bisa terkunci rapat. Jangan lupa juga untuk memeriksa sambungan tabung gas dan stop kontak listrik. Jadi, kamu sudah mengurangi kemungkinan terjadinya korsleting listrik di rumahmu saat nggak ada orang di rumah.

5. Persiapkan Tiket Sejak Jauh-jauh Hari

Hal lain lagi yang nggak boleh sampai terlewatkan adalah mempersiapkan tiket kalau kamu mudiknya naik transportasi umum. Pastikan kamu sudah beli tiketnya sejak jauh-jauh hari, biar nggak pusing karena kehabisan tiket atau gara-gara harganya yang makin mahal waktu makin dekat hari raya.

Promo Indonesia Flight
Promo Indonesia Flight

Sama juga dengan tiket pesawat yang cenderung makin mahal waktu dekat momen liburan. Karena itulah, belinya pakai aplikasi Indonesia Flight saja yang selalu menawarkan harga yang lebih murah. Serunya lagi, tanggal 9-15 Juni Indonesia Flight bakal ngasih Promo THR Lebaran berupa potongan harga sebesar 125 ribu rupiah untuk transaksi minimum 1,5 juta rupiah. Lumayan kan bisa hemat lebih banyak buat biaya mudik?

Dengan beberapa tips di atas, mempersiapkan mudik lebaran tentu nggak ribet lagi. Makanya, segera persiapkan diri dari sekarang. Selamat pulang kampung dan hati-hati di jalan, ya.

Tags
advertorial Mudik tips mudik
Share