Tips Mudik Naik Mobil Pribadi, Aman dan Nyaman

Dalam hitungan pekan, Ramadan alias bulan puasa akan segera tiba. Momen yang paling dinanti tentu saja adalah lebaran dan mudik. Sebagai persiapan, tak ada salahnya menyimpan tips mudik naik mobil pribadi agar bisa selamat sampai ke kampung halaman.

Mudik dengan mobil pribadi biasanya dilakukan oleh keluarga yang tak kebagian tiket kereta api atau ingin menghemat ongkos. Padahal ada banyak resiko yang mungkin muncul, seperti tak hafal rute jalan dan waktu tempuh lebih lama. Tapi jangan khawatir, berikut Travelingyuk punya sejumlah tips mudik naik mobil pribadi agar perjalanan jadi lebih aman dan nyaman.

1. Angkut Orang dan Barang Sesuai Kapasitas

Bawa barang sesuai kapasitas
Bawa barang sesuai kapasitas via Instagram ahong3

Pastikan mengangkut barang dan orang sesuai dengan kapasitas mobil, jangan sampai berlebihan. Selain mengurangi kenyamanan, mobil yang diisi terlalu penuh juga bisa membahayakan penumpangnya. Kendaraan jadi kurang lincah dalam bermanuver dan konsumsi bahan bakar semakin boros.

2. Periksa Kondisi Kendaraan

Cek kondisi kendaraan
Cek kondisi kendaraan via Instagram dancarlab

Sebelum berangkat ke kota tujuan, pastikan mobil berada dalam kondisi prima. Periksa kondisi mesin, rem, oli, airbag, roda, dan komponen penting lainnya. Hal ini sangat penting diperhatikan karena tak sedikit kecelakaan terjadi karena kondisi mobil kurang layak. Jika perlu, lakukan persiapan dua minggu atau bahkan sebulan sebelum perjalanan mudik.

3. Bawa Makan dan Minum Secukupnya

Bawa makanan secukupnya dalam mobil
Bawa makanan secukupnya dalam mobil via Instagram claireyoyoyoyoyo

Perjalanan akan lebih cepat selesai jika mobil tak sering-sering berhenti, salah satunya untuk beristirahat dan makan. Hal ini bisa disiasati dengan membawa persediaan makanan dan minuman secukupnya. Persiapan ini juga tak kalah penting, karena dehidrasi dan rasa lapar bisa menganggu konsentrasi pengemudi.

4. Bawa Uang Tunai Secukupnya

Ilustrasi uang tunai
Ilustrasi uang tunai via Instagram hanzbourak

Di era digital seperti sekarang, melakukan pembayaran dengan kartu kredit atau debit memang lebih praktis. Namun ingat, di lokasi yang dituju belum tentu ada mesin ATM atau pembayaran elektronik. Oleh karena itu, tidak ada salahnya membawa uang tunai secukupnya dengan mempertimbangkan semua biaya yang dibutuhkan selama perjalanan.

5. Aktifkan GPS

Ilustrasi GPS di dalam mobil
Ilustrasi GPS di dalam mobil via Instagram garmin_uae

Hampir semua ponsel keluaran terbaru sudah dilengkapi fitur GPS. Manfaatkan fasilitas tersebut untuk menentukan posisi dan rute terbaik menuju kampung halaman. Bertanya pada penduduk sekitar juga tak ada salahnya, karena kadang aplikasi peta justru mengarahkan ke jalan yang tak mungkin dilewati mobil.

6. Perhatikan Rambu dan Peraturan Lalu Lintas

Ilustrasi rambu lalu lintas
Ilustrasi rambu lalu lintas via Instagram julitodelavega

Ketika sedang berkendara, selalu perhatikan rambu-rambu dan peraturan lalu lintas. Tidak perlu mengebut agar sampai lebih cepat ke kampung halaman. Selain melanggar aturan, hal tersebut juga sangat berbahaya untuk pengemudi dan para penumpang lainnya.

7. Jaga Kondisi

Ilustrasi penumpang beristirahat di mobil
Ilustrasi penumpang beristirahat di mobil via Instagram yrc5542

Bagi pengemudi, menjaga kondisi selama perjalanan sangat penting. Jangan segan menepikan kendaraan untuk beristirahat jika memang sudah merasa lelah. Kelelahan bisa mengakibatkan konsentrasi menurun dan membahayakan keselamatan semua orang.

8. Atur Penempatan Barang

Ilustrasi penempatan barang di dalam mobil
Ilustrasi penempatan barang di dalam mobil via Instagram nestmeister

Meski menggunakan mobil pribadi, bukan berarti penempatan barang-barang di dalamnya bisa sembarangan. Pastikan barang-barang berat dalam kondisi terikat atau diberi jaring pengaman. Hal ini bisa menghindarkan dari cedera berat, andai terjadi kecelakaan.

9. Pemilihan Bahan Bakar

Ilustrasi indikator bahan bakar mobil
Ilustrasi indikator bahan bakar mobil via Instagram waysyidegarage

Kinerja setiap mobil bisa berbeda-beda, tergantung jenis bahan bakar yang digunakan. Oleh karena itu jangan lupa memperhatikan hal ini agar proses pembakaran di dalam mobil bisa lebih optimal. Selain itu perkirakan juga lokasi-lokasi terbaik untuk mengisi ulang bahan bakar.

10. Barang Bawaan Penting

Ilustrasi powerbank
Ilustrasi powerbank via Instagram quantummobilegears

Sebelum berangkat, jangan lupa siapkan semua bawaan penting. Mulai dari nomor telepon montir atau bengkel terdekat, baterai ponsel cadangan, power bank, kabel charger, atau bahkan mungkin SIM Card anyar dari operator dengan sinyal berkualitas di tempat yang akan dituju.

Itulah tadi beberapa kiat ampuh serta tips mudik naik mobil pribadi. Jika tahu triknya, perjalanan ke kampung halaman dengan mobil sendiri bisa terasa lebih aman dan menyenangkan.

Tags
Indonesia tips Wisata
Share