Tips Menyimpan Kue Kering Agar Tahan Lama Saat Lebaran

Momen silaturahmi saat Lebaran kerap identik dengan suguhan berbagai macam kue kering. Mulai dari nastar, kastengel, putri salju, lidah kucing, semprit, dan lain sebagainya. Meskipun termasuk kue yang tahan lama, ada beberapa tips menyimpan kue kering yang perlu diperhatikan.

Salah sedikit dalam melakukan penyimpanan, bisa-bisa kue kering mudah basi, dan tak layak disuguhkan saat Lebaran. Berikut beberapa tips menyimpan kue kering agar bisa lebih tahan lama dan tetap renyah.

1. Pastikan Kue Benar-benar Dingin

Ilustrasi kue di atas piring
Ilustrasi kue di atas piring via Instagram johnnamoore

Jika membuat kue kering sendiri, pastikan kue benar-benar dingin sebelum dimasukkan ke dalam wadah. Pasalnya saat baru diangkat dari oven, kue biasanya agak lembek. Andai dikemas saat masih hangat dan ditumpuk dengan kue lain di dalam wadah, lebih mudah rusak dan melempem.

2. Perhatikan Toples

Toples kue
Toples kue via Instagram homely_interiors_x

Pastikan juga wadah penyimpanan kue benar-benar kering, bersih dan tidak ada sisa makanan. Sisa-sisa kue atau camilan yang mengendap dapat memancing timbulnya bakteri dan menyebabkan kue cepat basi dan berubah rasa.

Jika perlu, tambahkan silica gel agar suhu dalam wadah tetap terjaga dan tidak mudah lembab. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan garam. Bungkus 1-2 sendok teh garam dengan kain bersih lalu masukkan dalam wadah dan susun kue kering di dalamnya.

3. Simpan Kue Sesuai Jenis

Kue kering dalam toples
Kue kering dalam toples via Instagram dditaacookies

Kue kering ada yang bertekstur renyah maupun lembut. Kue renyah seperti kuping gajah lebih baik disimpan dalam toples kaca kedap udara. Sementara kue bertekstur lembut seperti nastar atau kastengel akan jauh lebih baik jika disimpan menggunakan toples plastik. Usahakan pilih wadan yang tak terlalu tinggi agar kue tidak mudah remuk.

4. Berikan Lapisan Kertas

Kue dengan lapisan kertas
Kue dengan lapisan kertas via Instagram inacookiespurwokerto

Jika perlu, Anda bisa menambahkan lapisan kertas pada setiap layer kue agar kue tidak menempel satu sama lain. Disamping itu, penggunaan lapisan kertas akan membuat tampilan kue dalam toples bebas dari remah-remah.

5. Simpan Toples Baik-baik

Simpan toples di tempat aman
Simpan toples di tempat aman via Instagram b.hurdphotography

Saat meletakkan toples, hindari tempat yang terkena sinar matahari langsung dan jauhkan dari makanan berbau tajam. Apabila ingin menyimpan kue dalam kulkas, pastikan menutup wadah rapat-rapat dan upayakan tidak meletakkan terlalu banyak makanan di dalam lemari es. Dengan demikian, kue bisa tetap kering dan awet.

Itulah tadi beberapa trik menarik mengenai tips menyimpan kue kering agar tetap tahan lama. Semoga bisa membantu, terutama bagi Teman Traveler yang penasaran soal cara menjaga jajanan bisa renyah dan menarik ketika disajikan pada tamu.

Tags
kuliner tips dan inspirasi
Share