Ini Lho Tips Menikmati Kereta Ekonomi yang Katanya Bikin Nggak Betah

Di satu sisi kereta ekonomi adalah penyelamat dompet karena harga tiketnya yang murah. Namun, di sisi lain tak bisa dipungkiri kalau menaiki kereta bertiket murah ini jadi hal yang sangat menyiksa. Ya, kita sedang bicara soal kenyamanan di dalam sana. Tentang kursi tegak angkuhnya yang bisa bikin pantat membentuk segitiga siku-siku gara-gara kelamaan duduk.

Sudah jadi rahasia umum kalau kereta ekonomi itu bagai neraka. Apalagi kalau perjalanannya jauh, sebut saja Malang-Jakarta. Waduh, bisa sangat menyiksa tuh buat yang nggak kuat. Tak bisa disalahkan sih kenapa seperti ini. Karena harga tiketnya murah ya itu yang kita dapatkan. Makanya, kemudian selanjutnya tergantung kita bagaimana cara menyikapinya. Dan harus kamu tahu, adalah bukan hal yang mustahil untuk membuat kereta ekonomi senyaman bisnis asal kita tahu caranya.

Bukan, bukan dengan memborong dua tiket yang posisinya berseberangan biar kaki kita bisa selonjor. Tapi, dengan melakukan trik-trik khusus lainnya. Lalu, seperti apa itu? Simak ulasannya berikut.

Selalu Pilih Bagian Tengah dan Dekat Jendela

Tips pertama biar nyaman di kereta ekonomi adalah dengan memilih tempat duduk yang berada di bagian tengah. Artinya tidak di ujung banget, baik di depan atau belakang. Alasannya banyak, pertama adalah biar tidak duduk di dekat kamar mandi yang biasanya semriwing, serta tidak keberisikan gara-gara rantai yang beradu antar gerbong.

Pilih yang dekat jendela [Image Source]
Pilih yang dekat jendela [Image Source]
Kalau sudah dapat bagian tengah, usahakan pilih yang dekat jendela. Alasannya sih biar kita bisa mendapatkan banyak pemandangan sehingga bisa jadi sedikit pengalih perhatian rasa capek. Dan usahakan juga memilih yang berlawanan arah. Maksudnya posisi duduk kita membelakangi arah laju kereta, jadi nggak bikin pusing dan bisa melihat pemandangan di luar lebih lama.

Manfaatkan Jasa Sewa Bantal di Kereta

Kamu yang pernah atau sering naik kereta ekonomi pasti tahu kalau tempat duduknya memang angkuh banget. Sandarannya tegak lurus dan bikin pantat kram. Horornya lagi, kita nggak dimungkinkan untuk mengutak-atik kursi tersebut. Alhasil, kita sendirilah yang harus tricky untuk menyelamatkan diri. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan memanfaatkan jasa penyewaan bantal.

Ilustrasi bantal kereta api [Image Source]
Ilustrasi bantal kereta api [Image Source]
Kita bisa bikin macam-macam bantal satu ini, namun cara terbaiknya adalah pakai untuk sandaran belakang. Jadi, tubuh akan sedikit rileks karena tidak tegak lurus. Sewa bantal ini murah kok, hanya sekitar lima ribu saja. Pesan dua juga boleh kalau masih butuh satu lagi untuk bantal kepala atau semacamnya.

Bersosialisasi Bisa Bikin Nyaman

Bersosialisasi adalah cara terbaik selanjutnya untuk mendapatkan kenyamanan di kereta ekonomi. Di kereta ekonomi itu sangat mendukung untuk melakukan hal tersebut. Pasalnya posisi kita dan mereka itu sangat dekat. Saking dekatnya, bahkan dengkul pun bakal sering bersinggungan satu sama lain.

Bersosialisasi di kereta [Image Source]
Bersosialisasi di kereta [Image Source]
Beberapa orang memang tak suka berkenalan dengan wajah-wajah baru. Tapi, di kereta mereka akan bersikap lain. Jadi, setiap perkenalan akan selalu terbuka. Kita bisa bicara apa pun mulai dari hal-hal menarik belakangan macam Donald Trump, sampai pribadi masing-masing. Syukur-syukur kalau lawan bicara adalah wanita atau pria cakep sehingga bisa sekalian di-prospek.

Manfaatkan Media Hiburan

Membawa gadget adalah hal yang wajib dilakukan ketika berada di kereta. Pasalnya, inilah media hiburan yang bisa bikin nggak mati kutu dan capek di kereta. Dengan gadget kita bisa melakukan apa pun, mulai dari internetan sampai mendengarkan musik. Film juga bisa tuh disimpan di smartphone untuk ditonton ketika di kereta dan ketika tak ada sinyal.

Ilustrasi mendengarkan musik di kereta [Image Source]
Ilustrasi mendengarkan musik di kereta [Image Source]
Buku mungkin hal yang bagus, tapi tetap tidak akan mengalahkan gadget. Selain juga bakal bikin berat bawaan kita apalagi untuk buku-buku tebal yang halamannya ratusan. Oh iya, kita tak perlu khawatir kehabisan baterai karena masing-masing kursi punya colokannya sendiri. Aman, tho?

Makan, Makan, dan Makan

Ya, makan adalah cara temporary terbaik untuk kenyamanan selama di kereta. Menikmati kelezatan akan selalu sukses membuat kita sedikit lupa dengan hal-hal yang bikin capek. Tak harus makanan berat sih, snack-snack favorit juga akan sangat membantu.

Makan di kereta [Image Source]
Makan di kereta [Image Source]
Kalau kamu bertanya bagaimana jika muntah, jawabannya sangat sederhana. Ya, kereta tidak akan membuatmu seperti itu. Tidak seperti mobil yang jalurnya naik turun dan kemungkinan berkelok-keloknya sering, kereta cenderung lurus dan tidak akan naik turun. Jadi, sangat aman.

Inilah tips yang bisa dilakukan untuk mengubah kereta ekonomi rasa bisnis. Tipsnya tidak selalu tentang tools sih, tapi juga something fun. Pasalnya, kenyamanan itu letaknya di pikiran. Mau eksekutif sekalipun kalau pikiran kita lagi nggak banget, maka akan jadi tidak nyaman. Sebaliknya, meskipun keretanya ekonomi, kalau bisa menikmatinya dengan cara-cara asyik, dijamin lebih oke dari kereta mahal. Tak percaya? Kapan-kapan kamu harus mencobanya sendiri.

Tags
tips naik kereta tips unik
Share