Wisata Ke Alam Bebas, Ini Tips Terlindung dari Hewan Liar

Bagi Teman Traveler yang hobi berwisata di alam bebas seperti mendaki, tracking di hutan, atau camping harus tetap siaga dengan hewan liar. Memang tidak buas tetapi perlu lebih berhati-hati, bisa saja hewan tersebut merasa terganggu dan menyerang tiba-tiba. Untuk itu penting menyimak tips menghindari hewan liar di alam bebas. Seperti apa? Yuk ikuti tips di bawah ini.  

1. Gunakan Pakaian Tertutup dan Sepatu Khusus

Ilustrasi Pakaian Tertutup dan Sepatu Khusus via Shutterstock

Pakailah baju, celana panjang dan sepatu khusus jenis boot agar terhindar dari sengatan serangga dan lintah, sering ada di gunung serta hutan. Lindungi juga kepala dengan topi, menghindari dari kejatuhan hewan seperti ular dan serangga di atas pohon. Selain itu terlindungi dari cuaca panas.

2. Jangan Bepergian Saat Malam

Ilustrasi Bepergian Saat Malam via Shutterstock

Jika di tengah-tengah mendaki, tracking atau perjalanan lain sudah memasuki waktu malam, usahakan dilanjutkan saat keesokan harinya. Karena banyak hewan liar yang aktif pada malam hari. Selain itu resiko kecil untuk bertemu hewan buas dan liar.

3. Periksa Kondisi Sekitar Saat Membangun Tenda

Ilustrasi Membangun Tenda via Shutterstock

Teman Traveler saat akan membangun tenda hindari tempat-tempat seperti rerumputan liar dan jangan terlalu dekat dengan sungai sebab merupakan jalur ular, lalu pohon tumbang dan batu besar bisa jadi itu tempat kalajengking, dan terjangkau matahari karena hewan lebih jarang di tempat terang.

4. Hindari Bebauan Yang Menyengat

Ilustrasi Bau Menyengat via Shutterstock

Beberapa hewan liar sangat sensitif dengan bebauan tertentu, seperti sabun dan parfum yang menyengat karena akan mengundang lebah. Pastikan saat terluka sampai berdarah, dibersihkan dan diobati terlebih dahulu.

Karena amis darah bisa juga mengundang hewan buas. Sesaat setelah memasak makanan cuci bersih, makanan dan sisa makanan disimpan rapih di dalam tas jangan sampai bocor. Agar tidak mengundang hewan liar mengikuti.

5. Jangan Panik Saat Bertemu Hewan Liar

Ilustrasi Hewan Liar via Shutterstock

Coba berusaha tenang jangan lari saat bertemu hewan buas karena beberapa hewan bisa menganggap kita mangsa atau lawan saat berlari panik. Ada beberapa hewan sangat sensitif dengan suara seperti ular, pastikan berdiam sebentar agar tidak diserang. 

6. Selalu Bergerombol Satu Tim

Ilustrasi Bergerombol Satu Tim via Shutterstock

Pastikan Teman Traveler tetap berada pada satu tim, jangan ada jarak terlalu jauh satu sama lain, menghindari ketinggalan dan diserang hewan liar. Jika bertemu hewan buas langsung bergerombol karena beberapa hewan liar akan takut pada segerombolan orang.

Itulah tips bagi Teman Traveler yang hobi berwisata di hutan dan gunung, agar terhindar dari hewan liar yang masih banyak ditemui di Indonesia. Tetap berhati-hati dan jangan bepergian sendiri ya Teman Traveler.

Tags
alam bebas Indonesia tips dan inspirasi
Share