Tips Memotret Makanan dan Kuliner Seperti Foto di Instagram

Advertisement

Instagram adalah salah satu sosial media yang saat ini banyak diminati oleh netizen. Kamu bisa berbagai foto dan video yang keren-keren dan mendapatkan tanggapan dari pengguna Instagram lain. Banyak juga yang menjadikan Instagram sebagai wahana untuk mendulang popularitas.

Tentu saja, semua itu tergantung bagaimana minat netizen terhadap postingan di Instagram. Ada yang membagikan foto keren tempat wisata, bahkan juga makanan enak. Khusus untuk kuliner ada beberapa cara memotret agar hasilnya keren dan membuat tampilan makanan jadi lebih wah. Simak informasi berikut ini.

1. Flatlay

Jika kamu hobi banget cuci mata dan mencari-cari kuliner mantap di Instagram, pasti sering melihat ada foto dengan tampilan yang begitu elegan. Beberapa menu ditata dengan rapi di atas meja, lengkap dengan peralatan makan seperti sendok, hingga pisau. Ya jenis foto yang dipotret dari arah atas di sebut dengan flatlay. Untuk mendapatkan hasil yang keren, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan.

Yang pertama adalah background atau latar belakang. Pilihlah permukaan rata dengan warna yang serasi dengan objek kuliner. Biasanya meja berwarna putih atau terbuat dari kayu akan memberikan kesan natural pada makanan yang dipotret. Kemudian tata makanan dengan sebaik mungkin, beri jarak antar objek. Karena jika terlalu rapat atau terlalu banyak, maka akan terlihat kurang menarik. Perhatikan juga soal cahaya, agar bayangan tangan atau tubuhmu tidak masuk dalam frame.

2. Hand in Frame

Jika flatlay adalah foto yang menampilkan makanan di atas permukaan datar, beda lagi dengan gaya Hand in frame. Selain makanan yang dipotret, bagian tangan juga harus masuk dalam frame. Ada banyak cara mendapatkan tampilan seperti itu. Yang pasti adanya tangan di atas meja atau saat memeggang makanan akan memberikan kesan yang lebih alami dan terlihat lebih hangat.

https://www.instagram.com/p/BKCMq2PA8yF/?tagged=handinframe

Kamu bisa minta bantuan orang lain untuk mengambil gambar dari atas seperti teknik flatlay, sedangkan kamu meletakkan tangan di atas meja. Atau kamu melakukan sendiri dengan tangan kiri memegang makanan dan tangan kanan digunakan untuk memotret. Hasil yang baik adalah foto yang cukup mendapatkan cahaya. Tidak kurang, tidak juga berlebihan.

3. Levitasi

Teknik ini sebenarnya tidak banyak digunakan karena makanan yang dipotret harus digerakkan agar nampak melayang. Ya, jenis foto ini cukup unik karena objek yang dibidik akan nampak melayang di udara. Untuk mendapatkan foto semacam ini, sebenarnya kamu bisa menggunakan kamera smartphone atau kamera dengan fitur mumpuni seperti kamera DSLR.

levitasi
levitasi [via]
Kuncinya ada pada shutter speed yang tinggi. Objek yang paling tepat adalah makanan dalam kemasan atau buah, sehingga setelah kamu melemparnya, kamu masih bisa memakannya.  Selain kamera dan objek yang tepat, sekali lagi pencahayaan adalah faktor yang sangat penting untuk mendapatkan hasil foto levitasi kuliner yang terbaik.

4. Menuangkan Minuman

Saat ini memotret makanan sebelum menyantapnya sudah menjadi kebiasaan yang kekinian. Apalagi jika tampilan makanan begitu cantik dan menggoda. Rasanya sayang banget jika tidak mengabadikannya. Itulah mengapa jika berbagai sosial media, terutama Instagram tidak luput dari penampakan foto makanan. Akan lebih keren jika kamu mampu menyajikan foto yang tidak hanya cantik tapi juga unik.

Avocado + coffee = ????? ? Snapchat: ANAKJAJAN #AnakJajan #vscofood #coffee

A post shared by ANAKJAJAN.COM (Julia & Marius) (@anakjajan) on

Jika di hadapanmu ada seperangkat peralatan minum lengkap dengan cangkirnya, kamu bisa memotret momen di saat minuman dalam teko mengalir ke cangkir. Tentu saja jika kamu yang memegang kameranya, harus ada orang lain yang menuangkan minuman tersebut. Bisa juga sendiri, caranya tangan kiri menuangkan minuman sedangkan tangan kanan memotret. Bidik dari jarak yang dekat sehingga minuman tersebut terlihat mewah.

5. Mencoba Makanan

Bukan cuma kamu aja yang bisa bergaya, tapi makanan atau kuliner juga bisa tampil begitu menarik di sosial media. Biar orang lain yang melihat foto tersebut makin percaya dan tergoda, kamu bisa memberikan sedikit senyuman dengan masuk juga dalam frame. Untuk mengambil foto semacam ini, caranya tidak terlalu sulit kok. Jangan membelakangi cahaya dan temukan angle atau sudut pemotretan yang tepat. Tetap fokuskan pada makanan, meski di dalam frame terdapat seseorang.

Atur gaya seseorang di dalam foto tersebut agar nampak seperti akan mencicipi makanan. Background yang mendukung juga harus kamu perhatian. Dan jangan lupa untuk memberikan pemandangan berupa senyuman atau ekspresi bahagia untuk mengungkapkan betapa enaknya makanan tersebut.

6. Coba dan Lakukan Sendiri

There are many things I cannot live without and one of it is SAMBAL!! ??? ?Snapchat: ANAKJAJAN #AnakJajan #indonesianfood #vscofood

A post shared by ANAKJAJAN.COM (Julia & Marius) (@anakjajan) on

Apa yang kamu rasakan saat melihat orang lain sedang mencicipi makanan? Jujur saja, mungkin kamu pernah menelan ludah karena menginginkan makanan itu. Begitu juga dengan melihat foto makanan saja, pasti cukup ampuh membuat orang lain mengidam-idamkan makanan tersebut. Coba foto kuliner dengan memperlihatkan tanganmu saat memegang sendok atau sumpit. Gaya seperti ini tidak membutuhkan orang lain untuk membantu, kamu bisa melakukannya sendiri. Ingat, sebaiknya menggunakan tangan kanan untuk memegang peralatan makan dan tangan kiri untuk memotret ya!

7. Buffet

Hampir sama dengan flatlay namun objek yang difoto jauh lebih banyak tidak hanya satu atau dua jenis saja. Biasanya bisa satu meja penuh. Berbagai makanan yang terhidang dalam meja akan memberikan kesan keragaman dan pengalaman berkuliner yang mantap. Cara mengambil foto juga nggak harus dari atas kok, bisa dari samping, asalkan tampilannya cantik dan mendapat cahaya yang cukup.

8. Memotret Es Krim

Jenis makanan ini bisa menjadi tantangan tersendiri bagi para fotografer, Es krim hadir dengan banyak sekali perpaduan warna. Selain itu karena bisa cepat meleleh, maka pengambilan gambar harus dilakukan dengan cepat. Persiapkan segala peralatannya terlebih dahulu, baru setelah itu menyiapkan es krimnya. Kamu juga bisa memilih waktu yang tepat hindari cuaca yang sangat terik. Sesuaikan sudut pengambilan gambar dengan arah datangnya cahaya. Dengan begitu kamu akan mendapatkan penampakan es krim yang begitu fantastis.

ice cream
ice cream [via]
Itulah beberapa tips memotret makanan dan kuliner yang pas banget untuk menghiasi halaman Instagram kamu. Semoga informasi di atas bisa membuat kamu makin kreatif dan terinspirasi ya.

Advertisement
Tags
fotografi Instagram tips
Share