Dibatasi di Pesawat, Ini Tips Buat Para Pengguna Setia Power Bank

Pada 9 Maret 2018 ini, pemerintah sudah resmi mengeluarkan keputusan pelarangan membawa power bank berkapasitas tinggi melalui SE Nomor 015 Tahun 2018. Hal tersebut berkaitan dengan adanya risiko meledak karena bahan lithium di dalamnya. Surat edaran tersebut sudah sah dan diedarkan ke maskapai penerbangan dalam dan luar negeri. Karenanya, meski tidak sepenuhnya dilarang, kamu yang berencana liburan perlu mengetahui informasi tentang membawa power bank di pesawat berikut ini.

1. Cari Tahu Ketentuannya

Hal pertama yang perlu untuk kamu cari tahu sebelum memutuskan untuk membawa power bank ke pesawat adalah ketentuan yang diterapkan. Jangan sampai karena tidak teliti dengan ketentuannya, power bank kesayanganmu nanti malah disita otoritas bandara. Nggak mau kan kejadian sial ini menimpamu?

Cari tahu ketentuan membawa power bank Via Instagram powerbank_itemit

Power bank sendiri tetap diperbolehkan untuk dibawa, asal daya per jamnya tidak lebih dari 100 Wh. Sementara itu untuk daya yang lebih besar, kamu bisa menanyakannya pada otoritas bandara. Pastinya, power bank dengan daya lebih dari 160 Wh tidak diperkenankan untuk dibawa.

2. Hindari Penggunaan Power Bank dalam Pesawat

Gunakan selain di dalam pesawat Via Instagram powerbank_itemit

Merujuk pada ketentuan yang sudah ditetapkan, tidak diperkenankan untuk menggunakan power bank di dalam pesawat. Maka dari itulah patuhi aturan tersebut dengan seksama supaya power bank tetap aman dan penumpang lainnya juga tak dalam kondisi membahayakan.

3. Lakukan Pengisian Power Bank atau Gadget Lainnya di Airport

Lakukan pengisian ulang baterai di Airport Via Instagram alldaynknight

Supaya lebih aman dan kamu tetap memiliki baterai yang full di dalam pesawat lakukan pengisian ulang di airport, baik itu power bank sendiri ataupun juga gadget yang lainnya. Intinya, usahakan baterai gadget tetap penuh atau masih bisa digunakan saat penerbangan.

4. Gunakan Fasilitas Pengisian Daya yang Lain

Bisa gunakan USB port di flight entertainment Via Instagram eowyn_daora

Jika memang baterai gadget benar-benar dalam kondisi kritis, kamu bisa mengisi baterai menggunakan fasilitas lainnya. Misalnya saja menggunakan pengisian daya lain berupa USB port yang ada di flight entertainment. Biasanya ada USB yang bakal bisa kamu gunakan. Dengan begini kamu tidak akan melanggar peraturan apapun yang dibuat oleh pemerintah.

Untuk jaga-jaga, patuhi segala peraturan yang sudah ditetapkan ya. Jangan sampai membahayakan diri sendiri atau orang lain dengan melanggar peraturan. Yuk jadi traveler cerdas mulai dari sekarang.

Tags
Indonesia Power Bank tips bawa power bank
Share