Kejebak Macet Arus Balik Mudik, 4 Tips Ini Bisa Jadi Solusinya

Saat lebaran dan arus mudik berlangsung, kemacetan adalah hal yang tak terelakan. Terlebih lagi beberapa titik yang terdapat di sepanjang jalur pantai utara. Tak jarang kemacetan juga menjadi salah satu faktor yang bikin gagal mudik. Membayangkannya saja sudah cukup mengeluarkan banyak tenaga. Tapi tips di bawah ini bisa menjadi solusi saat dirimu terjebak macet arus balik mudik lebaran.

Jangan Buang-buang Tenaga

Marah dan emosi hanya akan membuang tenaga via pexels.com
Marah dan emosi hanya akan membuang tenaga via pexels.com

Terjebak macet memang hal yang menjengkelkan. Pengemudi saling serobot, semua ingin lolos dari kemacetan. Hal seperti itu yang menyebabkan naik pitam. Tapi jangan sampai emosimu terpancing dan marah-marah. Karena sikap seperti itu akan membuatmu mengeluarkan banyak energi, kemudian lelah sendiri. Lebih baik jika bisa digunakan untuk istirahat, coba pejamkan mata sejenak.

Dengarkan Radio Lokal

Radio lokal dapat memandumu menemukan jalur alternatif viia pexels.com
Radio lokal dapat memandumu menemukan jalur alternatif viia pexels.com

Beberapa stasiun radio lokal pasti memantau situasi lalu lintas di daerahnya. Terlebih lagi jika musim mudik seperti saat ini. Siaran melalui radio tersebut dapat membantumu mendapatkan informasi terkait kemacetan. Seperti rute alternatif hingga titik kemacetan yang ada di daerah tersebut.

Interaksi dengan Pengguna Jalan Lain

Berinteraksi dengan pemngemudi lain agar mendapat informasi via pexels.com
Berinteraksi dengan pemngemudi lain agar mendapat informasi via pexels.com

Seringkali kemacetan yang terjadi saat arus mudik adalah peningkatan volume kendaraan. Namun beberapa faktor lain juga bisa saja menjadi penyebabnya. Seperti kecelakaan lalu lintas ataupun kendaraan yang bermasalah. Selain dari radio lokal, informasi seperti ini juga bisa kamu dapatkan dari sesama pengguna jalan yang lain.

Membunuh Waktu Sekaligus Dinikmati

Bersantai di mobil dapat menjadi pengalih stress via pexels.com
Bersantai di mobil dapat menjadi pengalih stress via pexels.com

Saat terjebak kemacetan seperti inilah camilan menjadi sangat berguna. Daripada marah-marah dan emosi, lebih baik kamu nikmati aja bekal snack yang sudah dibawa. Minuman dingin dan camilan juga bisa membuatmu lebih tenang. Apalagi jika kamu membawa beberapa buku bacaan ataupun hanya sembari streaming video. Tapi yang paling penting air conditioner harus tetap menyala.

Bagaimanapun kondisinya, mudik saat lebaran menjadi momen yang ditunggu oleh kebanyakan orang. Di tengah padatnya jadwal rutinitas, lebaran merupakan sebuah kesempatan untuk bertemu dengan sanak saudara. Hati-hati ya saat melakukan arus balik mudik lebaran. Bagaimana momen lebaranmu kemarin?

Tags
Arus Balik Indonesia Lebaran Mudik tips
Share