Tips Ampuh Liburan ke Pantai, Jalan-jalan Jadi Lebih Santai

Pantai jauh berbeda dengan perkotaan atau gunung. Jangan asal berangkat jika ingin mendapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Untuk pantai jenis tertentu bahkan ada cara menikmati yang lebih jitu. Kali ini Travelingyuk akan mengulas tips liburan ke pantai.

1. Gunakan Tas dan Pakaian Anti Pasir

Bawa tas yang anti apsir
Bawa tas yang anti pasir via ZestNow.com

Bermain dengan pasir dan air di pantai adalah hal seru yang tidak booleh kamu lewatkan. Sayangnya banyak butiran pasir menempel pada tas atau saku-saku baju. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan tas atau pakaian yang dibuat dengan bahan anti pasir. Lebih bagus lagi jika tas tersebut juga anti air.

2. Bawa Obat Anti Serangga

Pakai lotion anti nyamuk
Pakai lotion anti nyamuk via fitgirls.nl

Jangan sepelekan obat anti serangga. Meski tujuanmu adalah pantai, bukan berarti tidak ada nyamuk atau serangga lainnya. Apalagi jika kamu berkemah. Bawa obat serangga seperti lotion atau semprotan. Gunakan dengan baik ya, jangan sampai mencemari lingkungan.

3. Tambahkan pelampung pada Kunci

Pelampung kunci
Pelampung kunci via Amazon UK

Memang paling aman menyimpan kunci di dalam tas. Tapi jika kamu lupa dan tidak sengaja menjatuhkannya ke dalam air akan jadi masalah. Untuk mengatasinya, kamu bisa menambahkan pelampung pada gantungan kunci.

4. Pelajari Jenis-jenis Ombak

Ombak yang berbahaya
Ombak yang berbahaya via  Encyclopedia Britannica

Ada banyak jenis ombak, dan beberapa di anataranya sangat berbahaya. Jika kamu terkena ombak itu, akan terseret hingga ke tengah lautan. Namanya adalah rip current. Jadi sebelum ke pantai, luangkan waktu untuk mempelajari bagaimana cara membaca ombak.

5. Pelajari Bagaimana Cara Menyelamatkan Diri

Pelajari cara menyelamatkan diri
Pelajari cara menyelamatkan diri via NJ.com

Tahu jenis-jenis ombak saja tidak cukup, kamu juga harus belajar bagaiaman cara menyelamatkan diri dari ombak berbahaya. Jaga dirimu agar tetap tenang dan berenang ke arah yang sejajar dengan panta. Jangan melawan arus. Sebelumnya cari tahu dulu di mana pos penjagaan. Lebih baik lagi jika kamu membawa alat seperti peluit yang bisa dibunyikan untuk meminta pertolongan.

6. Jaga Lingkungan

Jangan buang sampah sembarangan
Jangan buang sampah sembarangan via Mongabay

Menjaga lingkungan adalah tanggungjawab bersama. Meski sudah ada petugas yang membersihkan. Jangan serta merta membuang sampah sembarangan. Lebih baik bawa sendiri kantong sampah jika tidak ingin bolak-balik mencari tempat untuk membuangnya.

7. Bungkus Makanan dengan Beberapa Wadah

Bunkus makanan menjadi beberapa wadah
Bunkus makanan menjadi beberapa wadah via Kumpulan Artikel Bermanfaat

Membawa makan sendiri ke pantai akan membuat liburanmu jadi lebih seru. Nah usahakan untuk membungkusnya dengan beberapa wadah. Jika satu wadah tumpah dan jatuh ke pasir, kamu masih memiliki yang lain. Jadi tak perlu khawatir kelaparan.

8. Bawa Sapu atau Sikat Kecil

Bawa Sikat Kecil
Bawa Sikat Kecil via Toko Alat Cukur Rambut

Pasir laut adalah benda yang mudah menempel terutama pada kulit. Jika kamu terlalu malas untuk membilas kaki dengan air di toilet, bisa menggunakan sapu atau sikat kecil. Dengan begitu kakimu akan tetap bersih saat masuk ke dalam kendaraan.

9. Jangan Lupakan Obat Pribadi

Bawa Obat-obatahn Pribadi
Bawa Obat-obatahn Pribadi via Blibli.com

Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi meski destinasi yang kamu tuju dekat dan liburanmu tidak lama. Begitu juga dengan perlatan untuk pertolongan pertama. Jika terjadi sesuatu, kamu bisa segera memberikan pertolongan.

10. Pakai Tabir Surya untuk Kulit

Menggunakan Lotion
Menggunakan Lotion via Conscious Living TV

Cuaca di pantai bisa sangat penas meski ada pepohonan rindang. Gunakan tabir surya atau sunblock untuk menjaga agar kulit tidak terbakar. Gunakan secara berkala untuk hasil yang lebih maksimal. Jika kamu ingin bereenang atau bermain air, maka pilih tabir surya yang anti tahan air.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan jika ingin liburan ke Pantai. Kamu punya cara lain yang lebih oke? Bagikan di kolom komentar ya.

Tags
Indonesia pantai tips
Share