Penting! Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Traveling ke Luar Negeri

Bisa jalan-jalan ke luar negeri adalah impian semua orang. Untuk melakukannya dibutuhkan persiapan yang panjang serta dana yang tidak sedikit. Apalagi jika ini adalah pengalaman pertama ke luar negeri, banyak hal yang musti traveler perhatikan biar liburan tidak berantakan.

Sebagai traveler pemula yang baru pertama kali melakukan perjalanan ke luar negeri harus banyak-banyak membaca pengalaman traveler lain yang sudah pernah atau sering jalan-jalan ke berbagai negara. Dengan begitu akan banyak pengalaman yang didapat serta tahu apa saja yang harus dipersiapkan selama berada di negeri orang. Nah, jika ini adalah pengalaman pertamamu pergi ke luar negeri, baca dulu tips dari Travelingyuk berikut ini biar liburanmu tertata dengan rapi.

1. Cek Kesehatan Sebelum Berangkat

Penting untuk mengontak dokter pribadi atau sekedar cek kesehatan ke puskesmas atau dokter sebelum berangkat ke luar negeri. Apalagi negara yang akan dikunjungi adalah negara yang punya riwayat penyebaran wabah penyakit. Pastikan bahwa kamu mendapatkan vaksin yang diperlukan serta minta resep untuk menjaga kesehatan selama di luar negeri.

Cek Kesehatan Sebelum Berangkat [image source]
Cek Kesehatan Sebelum Berangkat [image source]
Mengapa hal ini dilakukan? Pertama kita tentu tidak ingin rencana liburan berubah jadi petaka saat ternyata kita kurang fit dan memaksakan diri untuk terbang ke negara yang jauh dari rumah kita. Membawa obat-obatan umum yang sering digunakan juga penting untuk mengantisipasi kalau di negara tujuan kita tidak menemukan obat sejenis. Vaksin sangat diperlukan untuk menjaga imunitas tubuh terutama saat berkunjung ke negara-negara yang punya riwayat penyebaran wabah penyakit.

2. Serba-Serbi yang Harus Dilakukan Pada Dokumen Penting

Saat pergi keluar negeri ada satu dokumen yang paling penting yaitu paspor. Dokumen ini harus kamu jaga dengan baik karena ini berkaitan dengan keselamatan dan nasibmu selama di negeri orang. Pendatang yang tidak bisa menunjukkan dokumen ini saat berada di negara tujuan bisa mendapatkan ancaman penjara hingga deportasi.

Serba-Serbi yang Harus Dilakukan Pada Dokumen Penting [image source]
Serba-Serbi yang Harus Dilakukan Pada Dokumen Penting [image source]
Sebaiknya kamu membawa bukan hanya paspor asli namun juga salinannya sebagai cadangan jika paspor asli hilang kamu masih bisa menunjukkan kewarganegaraanmu pada pihak imigrasi. Tinggalkan pula salinan paspor di rumah atau keluarga terdekat, kalau perlu simpan salinan paspor di akun email. Setelah tiba di negara tujuan silahkan kabari kedutaan negaramu, hal ini penting agar jika terjadi apa-apa pihak pemerintah mudah melacak dan memastikan keberadaan serta keselamatanmu di negara tujuan.

3. Pahami Nilai Konversi Mata Uang Serta Masalah-Masalah Perbankan

Sebelum berangkat ke luar negeri pastikan bahwa kamu melek masalah perbankan. Salah satu hal yang paling penting untuk dipelajari adalah nilai tukar mata uang. Jangan buru-buru dulu terbang ke luar negeri, cari tahu dulu nilai tukar mata uang negara asalmu terhadap mata uang negara tujuan biar tidak kaget atau tertipu saat menukar uang di negara tujuan.

Pahami Nilai Konversi Mata Uang Serta Masalah-Masalah Perbankan [image source]
Pahami Nilai Konversi Mata Uang Serta Masalah-Masalah Perbankan [image source]
Buat pengguna kartu kredit, pastikan dulu pada bank yang menerbitkan kartu tersebut apakah bisa digunakan di negara tujuan. Yang paling aman sebelum berangkat pergi dulu ke money changer yang ada di dalam negeri untuk menukar beberapa nominal. Hal ini sangat membantu terutama jika di negara tujuan kamu sulit menemukan money changer. Jangan sampai terjadi kamu tidak mempunyai uang cash mata uang negara tujuan saat liburan di luar negeri.

4. Menggali Informasi Mengenai Negara Tujuan

Sangat ceroboh untuk melakukan perjalanan ke luar negeri sedangkan kamu buta akan tempat yang akan dituju. Di zaman modern dimana teknologi bisa diakses kapan saja seperti sekarang ini bisa kamu manfaatkan untuk mempelajari negara tujuan. Kamu bisa membuka situs-situs wisata negara tujuan dan mengetahui tempat-tempat mana saja yang terbaik untuk dikunjungi.

Menggali Informasi Mengenai Negara Tujuan [image source]
Menggali Informasi Mengenai Negara Tujuan [image source]
Mempelajari negara tujuan sebelum berangkat memberikan banyak manfaat. Calon traveler jadi tahu waktu terbaik untuk berkunjung hingga tempat-tempat populer yang menjadi ciri khas negara tujuan. Melakukan riset kecil-kecilan bukan hanya untuk mengetahui keadaan dan kondisi negara tujuan tapi kamu juga bisa mencari informasi tentang penerbangan menuju ke sana. Pemesanan tiket jauh hari kadang akan membuat kita mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

5. Barang Elektronik yang Haram Tertinggal

Barang satu ini ukurannya kecil tapi bisa membuat kamu mati gaya kalau sampai terlupa atau tertinggal. Namanya adalah universal adaptor, semacam colokan multifungsi yang bisa beradaptasi dengan berbagai jenis colokan. Jangan kamu kira semua negara memiliki stopkontak yang sama berlubang dua berbentuk bulat seperti di Indonesia.

Barang Elektronik yang Haram Tertinggal [image source]
Barang Elektronik yang Haram Tertinggal [image source]
Setiap negara memiliki versi stop kontak yang berbeda ada yang gepeng, ada yang berkaki tiga dan lain sebagainya. Itulah mengapa selalu membawa universal adaptor saat bepergian ke luar negeri sangat penting. Tidak mungkin dong gadgetmu bisa hidup terus tanpa diisi daya? Nah, selain itu menginstal aplikasi traveling juga penting. Aplikasi travel global membantumu menemukan moda transportasi lokal hingga penginapan.

6. Tips Packing

Kegiatan packing adalah salah satu yang terpenting dan menentukan sukses tidaknya kamu traveling. Tips keamanan saat packing adalah dengan menambahkan satu set pakaian ekstra yang terpisah dari koper utama. Masukkan ke dalam tas bawaan yang bisa dibawa masuk ke dalam kabin pesawat. Hal ini dilakukan untuk jaga-jaga jika sesuatu yang buruk terjadi, misalnya kehilangan bagasi. dengan begitu kamu masih punya pakaian cadangan untuk dipakai.

Tips Packing [image source]
Tips Packing [image source]
Cari tahu pula aturan bagasi pada penerbangan, setiap maskapai biasanya memiliki aturan yang berbeda mengenai berat bagasi dan barang-barang yang boleh di bawa. Patuhi aturan tersebut jika tidak ingin repot membongkar ulang kopermu lantaran tidak memenuhi sarat. satu hal lainnya yang bisa ditambahkan dan cukup penting, yaitu membawa makanan ringan. Berada di luar negeri memang menyenangkan tapi kadang-kadang mendapatkan makanan di negara tujuan lumayan sulit apalagi pada pengalaman pertama. Dari pada kelaparan mending antisipasi dengan bawa makanan ringan.

Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum berlibur ke luar negeri untuk pertama kali. Ada yang mau menambahkan?

Tags
Tips Liburan ke Luar Negeri
Share