Tips & Trik Menghemat Uang Saat Liburan

Advertisement
Advertisement

Jalan-jalan tidak harus ke tempat yang mahal, yang penting bisa merefresh pikiran dan menambah pengetahuan. Dengan anggaran yang minim traveler tetap bisa kog pergi traveling asalkan pandai-pandai berhemat selama di lokasi.

Akan ada banyak hal yang tak terduga saat di lokasi wisata yang berdampak pada membengkaknya pengeluaran Anda. Namun jika Anda berhati-hati maka bisa terhindar dari pengeluaran yang tak terduga. Berikut tips dan trik menghemat uang saat liburan.

1. Pilih Objek Wisata Gratis

Banyak traveler yang datang ke destinasi wisata namun tidak tahu harus ke mana. Salah-salah mereka malah mengunjungi tempat yang jelek dan mahal pula. Untuk itu sebelum berangkat traveling Anda harus mencari informasi tentang tempat tujuan Anda.

Patung Merlion Singapura (c) 3.bp.blogspot.com
Patung Merlion Singapura source: blogspot

Untuk dapat menghemat uang saat liburan, carilah objek wisata yang gratis atau tarif masuknya murah di kota tujuan. Banyak kog tempat wisata yang murah atau bahkan gratis namun memiliki pemandangan yang luar biasa.

2. Pakai Angkutan Umum Ketimbang Taksi

Sudah menjadi rahasia umum jika saat traveling pengeluaran yang paling banyak ada pada biaya transportasi. Kebanyakan kasus ini terjadi pada traveler yang kurang persiapan matang. Mereka datang ke destinasi wisata namun setelah sampai di sana bingung mau ke mana sehingga hanya berputar-putar tidak jelas.

Naik Angkutan Umum (c) dnaprop.com
Naik Angkutan Umum (c) dnaprop.com

Sebelum berangkat pastikan Anda mengenal lokasi yang akan dituju. Mulai dari objek mana saja yang ingin dikunjungi, rute dan pilihan transportasi umum yang bisa digunakan. Hindari menggunakan taksi karena tarifnya sangat mahal, mending pakai transportasi umum yang tersedia di wilayah tersebut.

3. Jalan Kaki Lebih Hemat dan Sehat

Untuk menghemat uang selama di lokasi wisata ada baiknya Anda memilih destinasi wisata yang satu kompleks. Misalnya liburan ke kawasan Kota Lama Semarang atau Kota Tua Jakarta, lokasi seperti ini memungkinkan Anda untuk dapat menghemat uang.

Jalan Kaki Lebih Hemat
Jalan Kaki Lebih Hemat

Hal tersebut bisa terjadi sebab Anda tidak membutuhkan kendaraan untuk mengelilingi tempat-tempat indah di sana. Cukup jalan kaki Anda bisa mendapatkan tiga manfaat sekaligus, selain bisa lebih puas menikmati suasana dan tubuh menjadi sehat Anda juga otomatis menghemat pengeluaran.

4. Cari Penginapan yang Murah

Apabila liburan Anda tidak cukup satu hari dan harus menginap maka carilah informasi tentang penginapan murah. Menginap di hotel biasanya memerlukan biaya yang tak sedikit jadi akan lebih baik jika Anda memilih sebuah hostel untuk menginap.

Hostel Murah di Bali (c) www.pegipegi.com
Hostel Murah di Bali (c) www.pegipegi.com

Hostel-hostel murah selalu tersedia di setiap daerah. Anda tinggal googling maka informasi yang dibutuhkan akan didapat. Atau Anda bisa tanya kepada penduduk lokal yang lebih tau seluk beluk wilayah tersebut. Ini akan menghemat pengeluaran Anda.

5. Jangan Jajan Sembarangan

Tips hemat berikutnya adalah hindari jajan sembarangan. Artinya jika ingin berkuliner Anda harus pilih-pilih tempat. Makan di restoran atau warung makan di area wisata biasanya memiliki harga yang mahal, mending Anda keluar dari area wisata dan mencari warung makan yang lain.

Hindari Makan di Restoran Mewah (c) www.wantchinatimes.com
Hindari Makan di Restoran Mewah (c) www.wantchinatimes.com

Anda bisa saja makan di tempat makan kaki lima atau cari warteg. Tempat makan model seperti ini banyak dijumpai sekalipun Anda berada di kota besar. Dengan melakukan penghematan ini dana sisa konsumsi dapat Anda alihkan untuk keperluan lain seperti tambahan transportasi atau pun buat beli oleh-oleh.

6. Beli Oleh-oleh di Pasar Tradisional

Jangan terlalu banyak membeli oleh-oleh apalagi barang-barang yang Anda beli tidak begitu penting. Beli oleh-oleh seperlunya seperti beberapa barang khas dari daerah tujuan wisata. Selain menentukan jenis barang yang akan dibeli perhatikan pula di mana Anda akan membeli oleh-oleh.

Pasar Seni Sukawati (c) www.rentalmobilbali.co.id
Pasar Seni Sukawati (c) www.rentalmobilbali.co.id

Apabila berniat menghemat uang jangan membeli oleh-oleh di toko suvenir sebab barang yang dijual biasanya mahal. Mending Anda bertualang di pasar tradisional, jika pandai menawar dan sedang beruntung bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan barang dengan kualitas serupa namun lebih miring harganya.

Nah setelah tahu tips dan trik hemat saat berlibur kini saatnya beraksi! Let’s get lost!

Advertisement
Tags
Menghemat uang saat liburan Tips Liburan Hemat tips traveling
Share