Tips ke Madura Naik Bus, Seru Banget Lho!

Diam-diam Madura ternyata punya banyak wisata seru lho Teman Traveler. Mulai dari aneka goa kapur hingga beragam pantai indah. Nah, agar perjalanan kalian ke sana lebih berkesan, boleh banget simak tips ke Madura naik bus berikut ini.

Yap, Teman Traveler bisa menggapai wilayah Pulau Garam dengan menumpang bus. Transportasi umum itu bisa membawa kalian ke Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, hingga Sumenep. Oke, tanpa banyak kata, inilah tips ke Madura naik bus dari saya.

Berangkat dari Bungurasih

Lorong menuju shelter bus AKDP di Bungurasih (c) Rosita/Travelingyuk

Tempat pertama yang wajib Teman Traveler sambangi adalah Terminal Bungurasih, Surabaya. Dari sini kalian bisa pilih ingin naik bus patas atau non-patas. Masing-masing bus tersebut menempati shelter berbeda ya.

Jika baru pertama ke Bungurasih, tak perlu bingung Teman Traveler. Masing-masing shelter sudah dilengkapi informasi komplet mengenai jurusan dan jam keberangkatan.

Buat Teman Traveler yang ingin memangkas waktu perjalanan, bisa naik bus patas di shelter 3 tujuan Madura. Bus jurusan ini akan mengantar kalian hingga titik akhir di Terminal Arya Wiraraja, Sumenep.

Tarifnya juga tergantung tujuan. Penumpang yang turun di Kabupaten Bangkalan cukup membayar Rp30.000. Sementara bagi yang turun di Sumenep, sisi paling timur Madura, wajib merogoh kocek Rp60.000.

Jembatan Suramadu

Pemandangan Selat Madura (c) Rosita/Travelingyuk

Beberapa menit usai berangkat dari Terminal Bungurasih, Teman Traveler akan melewati Jembatan Suramadu. Jembatan ikonik ini menjadi penghubung antara Surabaya dan Madura. Dari sinilah nama ‘Suramadu’

Diresmikan pada 2009 silam, Jembatan Suramadu jadi salah satu daya tarik wisata populer di Madura. Meski pengendara tidak diperkenankan berhenti, sebagian orang sudah puas hanya dengan melintas di jalurnya. Teman Traveler bakal melihat suguhan apik pemandangan Selat Madura di sini.

Mengapa Harus ke Madura?

Arosbaya, objek wisata di Bangkalan (c) Rosita/Travelingyuk

Madura diam-diam menyimpan segudang atraksi wisata menakjubkan lho Teman Traveler. Mulai dari bukit kapur indah, wisata religi, air terjun, pantai, hingga pulau-pulau kecil semua ada di sini. Apalagi musim penghujan akan segera berakhir, waktu tepat untuk liburan ke Pulau Garam. .

Bangkalan misalnya, kabupaten yang paling dekat dengan Surabaya ini memiliki bukit kapur eksotis Jaddih dan Arosbaya. Lanjut ke ujung timur di Sumenep, ada segudang pulau mungil dengan berbagai karakteristik menarik. Teman Traveler bisa menjajal asyiknya snorkeling maupun berenang di sini.

Bus patas tujuan Madura di Bungurasih (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas tips ke Madura naik bus yang bisa Teman Traveler praktekkan. Tak disangka, ternyata menumpang bus menuju Pulau Garam bisa sangat seru dan mengasyikkan. Jadi tunggu apa lagi, segera wujudkan rencana liburan kalian.

Tags
kontributor Madura Travelingyuk Wisata Madura
Share