Begini Serunya Rayakan Hari Tanpa Bayangan, Sudah Coba?

Rabu, 21 Maret 2018 adalah momen yang istimewa dan tidak biasa. Kamu yang tinggal di wilayah khatulistiwa akan menghadapi Hari Tanpa Bayangan, yaitu fenomena matahari tepat berada di atas garis yang membelah bumi menjadi bagian utara dan selatan. Peristiwa yang juga disebut equinox ini terjadi dua kali dalam setahun. Yang pertama di Bulan Maret ini dan akan terjadi lagi pada September mendatang. Lalu apa saja yang bisa kamu lakukan untuk merayakannya bersama teman-teman? Berikut ulasannya.

1. Pakai baju yang Tepat

Pakai baju yang tepat
Pakai baju yang tepat via Popsugar

Fenomena equinox akan membuat akan membuat matahari jadi lebih terik dan panas. Itulah mengapa kamu harus menggunakan pakaian yang sesuai. Hindari baju yang menyerap panas seperti yang berwarna hitam atau tebal. Jangan lupa juga membawa topi ya.

2. Menikmati Kuliner yang Menyegarkan

Kuliner Es Segar
Kuliner Es Segar via ResepMagz

Saat siang ketika matahari berada di puncaknya, suhu jadi lebih panas. Apalagi yang paling nikmat dari meredakan gerah dengan kuliner-kuliner segar. Kamu bisa mencoba es-es yang legendaris di kotamu. Atau bikin sendiri dan dinikmati bersama teman-teman juga boleh.

3. Datang ke Festival di Pontianak

Tugu Khatulistiwa
Tugu Khatulistiwa via Backpacker Jakarta

Tugu Khatulistiwa berada di Pontianak. Saat peristiwa Hari Tanpa Bayangan terjadi, kita ini menggelar festival yang meriah. Akan ada pameran-pameran dan atraksi yang bertema luar angkasa. Menarik sekali bukan?

4. Bermain Telur Ayam

Telur berdiri saat hari tanpa bayangan
Telur berdiri saat hari tanpa bayangan via lampungpro.com

Hari Tanpa Bayangan ini juga terbilang unik dan menyita perhatian banyak orang. Saat menikmatinya, coba bawa telur ayam. Biasanya akan ada banyak orang yang mencoba fenomena unik yaitu tegaknya telur ayam saat Matahari berada tepat di atas Khatulistiwa.

Itulah beberapa cara seru untuk menikmati Hari Tanpa Bayangan. Kamu punya cara lain? Coba ceritakan pengalamanmu merayakan fenomena tersebut di kolom komentar ya!

Tags
Hari Tanpa Bayangan Indonesia Pontianak
Share