Tips Habiskan Waktu Jika Tak Mudik ala Anak Kost

Menjelang Lebaran, tak semua orang beruntung bisa mudik. Para karyawan atau anak kost biasanya justru bertahan di kota karena berbagai alasan. Teman Traveler termasuk salah satunya? Tenang, ada beberapa tips habiskan waktu jika tak mudik ala anak kost yang bisa kalian coba.

Nonton Film di Bioskop

Ilustrasi bioskop (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Tinggal di kos-kosan saat momen hari besar seperti lebaran bisa sangat menjengkelkan dan membuat bad mood. Untuk itu, penting sekali mencari hiburan. Salah satu hal yang bisa Teman Traveler lakukan adalah pergi ke bioskop.

Di Hari-H Lebaran pengunjung bioskop biasanya tidak terlalu ramai, meski mungkin ada beberapa orang gabut lain yang juga datang menonton. Saat seperti ini bioskop biasanya juga menayangkan film-film baru dengan tema khusus. Yah, paling tidak kalian bisa refreshing dan tidak sekedar berdiam diri di kamar.

Jalan-jalan di mall juga oke (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Selain menonton, Teman Traveler juga bisa sekedar jalan-jalan di mall. Lantaran suasanya bakal relatif sepi, kalian bisa lebih leluasa menikmati suasana. Melihat-lihat aneka barang lucu atau sekedar menyusuri lorong mall tentunya akan bikin kalian sedikit lebih santai.

Nongkrong di Food Court Mall

Ilustrasi food court (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Jika belum ingin pulang setelah selesai menonton, Teman Traveler bisa mampir ke food court. Selain menikmati suasana keramaian, kalian juga takkan kesulitan mencari tempat makan yang buka.

Nongkrong di food court bakal makin asyik jika bersama teman, apalagi jika ada yang bernasib sama – gagal pulkam saat Lebaran. Percayalah, rasa sepi akan hilang dari diri kalian Teman Traveler. Ditambah lagi Lebaran memang seharusnya dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga.

Membeli Stok Camilan untuk di Kos

Ilustrasi camilan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Bermain di mall terlau lama efeknya bisa jadi tidak baik. Tanpa sadar, uang akan terkuras karena kepincut membeli ini itu. Apalagi setelah lebaran biasanya ada banyak cuci gudang dengan diskon lumayan.

Jika sudah begitu, sebaiknya Teman Traveler pergi ke supermarket dan membeli aneka camilan untuk dibawa pulang. Setidaknya beragam makanan kecil tersebut bisa menemani kegabutan kalian di kost, sembari menghabiskan libur yang terasa panjang.

Ilustrasi belanja camilan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Namun ingat Teman Traveler, sebaiknya beli camilan seperlunya saja ya. Pasalnya libur lebaran pun sebenarnya tidak terlalu lama. Namun kadang memang susah menahan godaan begitu sudah masuk mall dan melihat banyak snack menarik.

Bermain Game Online

Ilustrasi main game online (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Berdiam diri di kos tanpa hiburan tentu bukan hal asyik. Apalagi di jaman serba digital seperti sekarang. Agar tak bosan, Teman Traveler bisa coba membunuh waktu dengan bermain game online di smartphone.

Bermain game online bakal jadi obat mujarab mengusir kebosanan. Teman Traveler bakal tenggelam dalam dunia permainan, hingga mungkin sampai lupa waktu. Tambah nikmat didampingi camilan yang sudah dibeli sebelumnya.

Tapi ingat, sediakan kuota internet memadai Teman Traveler. Jangan sampai kegabutan kalian malah makin luar biasa karena tak bisa terhubung dengan internet.

Nonton Youtube Seharian

Ilustrasi menonton video Youtube (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Menonton video di Youtube juga ampuh untuk membunuh kebosanan. Teman Traveler bisa pilih video ringan yang ada kaitannya dengan hobi, atau bertemakan kuliner, vlog menghibur, maupun rekaman bernuansa humor.

Youtube-an sangat pas untuk usir kegabutan karena TV biasanya hanya memutar film yang itu-itu saja saat Lebaran. Bisa jadi stasiun TV tersebut juga bingung harus ngapain karena ditinggal karyawannya liburan.

Jalan-Jalan Keliling Kota

Ilustrasi berkendara keliling kota (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Kegiatan lain yang bisa Teman Traveler lakukan adalah jalan-jalan di luar sembari mencari udara segar. Dijamin pikiran akan kembali fresh. Tapi ingat ya, jangan masuk mall lagi. Sama saja kalian akan masuk ke lingkaran kebosanan karena sudah berkunjung ke sana sebelumnya. 

Sekedar berkeliling kota naik kendaraan bermotor bisa jadi pilihan tepat. Apalagi memasuki Hari-H Lebaran lalu lintas kota bakal sangat lengang. Pengguna jalan lebih leluasa bergerak dan kalian bisa nyaman menikmati suasana kota tanpa dibebani stress karena macet.

Cobalah menyusuri seluruh penjuru kota. Siapa tahu Teman Traveler menemukan tempat unik. Kalian bisa berhenti sejenak untuk menghibur diri.

Main Bersama Teman

Ilustrasi main bareng teman (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Satu lagi yang bisa bikin Teman Traveler tak merasa sendirian saat Lebaran adalah berkumpul bersama teman senasib. Kalian bisa sekedar nongkrong bareng, pergi makan, atau berwisata bersama. Jika mungkin, usahakan mengunjungi destinasi bernuansa alam karena wisata buatan umumnya justru makin padat saat Lebaran.

Itulah beberapa tips habiskan waktu jika tak mudik ala anak kost. Bisa Teman Traveler coba jika kebetulan tak pulang kampung tahun ini. Selamat liburan.

Tags
kontributor tips dan inspirasi Travelingyuk
Share