4 Tips Agar Foto Jepretanmu Tak Kalah Dengan Selebgram

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Luar Negeri

Membuat foto lanskap alam yang indah ala selebgram sebenarnya tak terlalu susah. Dengan mempelajari sedikit teknik, foto-foto hasil jepretanmu pun jadi bisa makin cantik dan indah. Memang, pemahaman terhadap segi teknis dan peralatan akan membutuhkan waktu, uang dan tenaga. Namun kami sudah merangkum sedikitnya 4 teknik paling mudah yang bisa segera kamu praktekkan.

Dua Elemen Dalam Satu Frame

Dua pemandangan dalam satu frame
Dua pemandangan dalam satu frame [image source]
Foto underwater tentu saja memiliki visual yang menarik. Pemandangan bawah laut yang eksotis menjadi daya tarik, tapi bagaimana cara menggabungkan dengan pemandangan di luar air? Foto semacam ini tidak terlalu susah untuk dibuat. Tinggal memasang sebuah alat bernama Dome pada moncong kamera dan situasi tersebut telah dapat direkam.

Air Terjun Lebih Dramatis Dengan Shutter Speed Cepat

Air terjun yang eksotis
Air terjun yang eksotis [image source]
Mengambil foto dengan latar belakang air seperti air terjun yang deras bisa jadi lebih dramatis jika kamu tahu triknya. Kamu bisa mengambil foto lewat kamera dengan menggunakan high speed shutter. Buih-buih yang jatuh akan terekam secara jelas dan membuatnya menjadi makin manis dan dramatis. Disarankan juga untuk menggunakan lensa dengan Focal Length panjang supaya kamera terhindar dari basah.

Membuat Fantasi Dengan Menggunakan Slow Speed

Foto dengan menggunakan metode slow speed
Foto dengan menggunakan metode slow speed [image source]
Bermain dengan teknik slow speed di pantai memang sangat seru, apalagi saat bisa menemukan tepian dengan batuan yang diterpa ombak. Jika ingin mengambil gambar di siang hari, penggunaan ND filter pasti dibutuhkan. Tapi apabila waktu pengambilan dilakukan saat petang, menggunakan ISO rendah dan angka aperture besar sudah sangat membantu. Jangan lupa bawa tripod ya.

 

Foto ala Wallpaper Desktop yang Bikin Melongo

Lansekap gunung yang memukau
Lansekap gunung yang memukau [image source]
Masih ingat gambar pada layar komputer yang menampilkan foto lanskap sederhana namun menarik? Karya semacam itu juga kamu dapatkan bermodalkan kamera. Kuncinya adalah pemahaman tentang medan dan kondisi cuacanya. Lakukan pre-visualisasi sebelum eksekusi di lapangan. Waktu paling tepat adalah saat matahari terbit atau menjelang petang. Posisi objek dan lokasi untuk membidik juga harus diperhatikan. Setelah itu baru pemilihan lensa bisa ditentukan.

Punya foto-foto indah bagai selebgram ternyata bisa juga kamu lakukan. Tak cuma memperindah feed Instagram, tapi kamu juga jadi punya tambahan ilmu fotografi. Seru ya?