Etika saat Naik Pesawat Agar Tak Dicap Norak

Melakukan perjalanan dengan kendaraan umum tentu saja harus memperhatikan kenyamanan penumpang lain. Kamu tidak boleh bertingkah seenaknya, seolah-olah bepergian menggunakan kendaraan pribadi. Bila hal tersebut tidak diperhatikan, bisa-bisa kamu mendapatkan teguran. Agar tidak mengalami kejadian seperti ini, beberapa tips dibawah ini bisa kamu terapkan.

1. Jangan menggunakan kamar mandi terlalu lama, apalagi membuatnya menjadi berantakan. Ini adalah fasilitas publik, yang penggunanya pun bukan kamu seorang. 

Tertib di kamar kecil ya
Tertib di kamar kecil ya [image source]
2. Hindari menggunakan parfum dengan berlebihan, apalagi yang baunya terlalu menyengat. Juga jangan memakan sesuatu yang baunya akan menempel lama di mulut.

Jangan berlebihan nanti dibilang norak
Jangan berlebihan nanti dibilang norak [image source]
3. Membawa anak kecil dalam perjalanan kadang memang melelahkan. Meski begitu, jagalah dia agar tidak berlari-lari atau mengganggu penumpang lain.

Jaga baik-baik jika membawa anak kecil
Jaga baik-baik jika membawa anak kecil [image source]
4. Tidur saat perjalanan memang lumrah dilakukan, terutama untuk kamu yang mobilitasnya padat. Ada baiknya menggunakan bantalan untuk penyangga leher. Agar tidak terbangun dalam keadaan kepalamu berada di pundak penumpang sebelah.

Bawa bantal leher agar kepala tidak bergeser ke penumpang lain
Bawa bantal leher agar kepala tidak bergeser ke penumpang lain [image source]
5. Kursi tengah biasanya adalah kursi panas yang seringkali dihindari oleh para penumpang. Karena mayoritas tempatnya tidak terlalu lebar, belum lagi diapit oleh dua orang tidak kenal. Maka dari itu, jangan memaksa melakukan pembicaraan apabila penumpang kursi tengah sedang tidak mood. Karena itu akan semakin membuatnya tidak nyaman.

Toleransi kepada penumpang kursi tengah
Toleransi kepada penumpang kursi tengah [image source]
6. Lihatlah situasi sekitar jika ingin meninggalakan kursi. Jangan memaksa beranjak dari kursi ketika pramugari lewat dan membawa troli. Karena itu akan menimbulkan keribetan yang tidak hanya mengganggu penumpang lain, tapi juga kru pesawat.

Jangan meninggalakan tempat duduk ketika pramugari sedang lewat membawa troli
Jangan meninggalakan tempat duduk ketika pramugari sedang lewat membawa troli [image source]
7. Jangan habiskan tempat penyimpanan di atas tempat duduk dengan barangmu sendiri. Hindari kejadian di mana barangmu mengganggu space untuk barang orang lain. Caranya adalah letakan barangmu secara kdan jika masih tidak muat, taruh beberapa di antara kakimu. 

Menata koper secara vertikal akan lebih baik
Menata koper secara vertikal akan lebih baik [image source]
8. Menempuh jarak perjalanan yang jauh pasti akan melelahkan. Jika sudah begini, menurunkan sandaran pasti akan nikmat sekali rasanya. Tapi jangan lupa untuk melihat ke belakang terlebih dahulu dan lakukan secara perlahan. Agar tidak mengganggu penumpang yang ada di belakangmu.

jangan sampai mengganggu penumpang di belakangmu
jangan sampai mengganggu penumpang di belakangmu [image source]
9. Hindari meminum minuman beralkohol sebelum masuk pesawat. Selain merugikan dirimu sendiri, kamu juga akan mengganggu penumpang lain dengan aroma alkohol yang menusuk dan kemungkinan untuk pergi ke kamar mandi lebih sering dalam jarak yang berdekatan.

Meminum minuman beralkohol membuat perjalanan tidak nyaman
Meminum minuman beralkohol membuat perjalanan tidak nyaman [image source]
10. Bersikap baik terhadap pramugari dan taat terhadap instruksinya adalah hal paling bijak yang dapat kamu lakukan. Karena jika kamu bersikap buruk terhadap mereka, kamu bisa rugi sendiri karena jadwal terbang bisa mundur karena permasalahan sepele seperti ini.

Bersikap baiklah terhadap pramugari
Bersikap baiklah terhadap pramugari [image source]
Kalau kamu tidak ingin mendapat predikat norak oleh penumpang lain, jangan lakukan hal-hal di atas ya.

Tags
Akomodasi Indonesia tips
Share