Tips Backpacker Minim Biaya, Mau Bali atau Raja Ampat? Bisa!

Jalan – jalan tanpa keluar uang banyak, masa sih? Emang bisa? Sebagian Teman Traveler mungkin berpikir traveling hanya bisa dilakukan jika sudah mempunyai tabungan lumayan. Namun tenang, kalian bisa coba backpacker-an, wisata asyik dengan budget irit.

Nah, agar biaya yang Teman Traveler keluarkan makin sedikit, berikut adalah beberapa tips backpacker minim biaya yang bisa kalian praktekkan. Yuk, kita simak bersama.

Tentukan Tujuan Wisata

List peta lokasi wisata
Peta lokasi wisata via Unsplash

Sangat penting melakukan riset mengenai tempat yang ingin dikunjungi. Cari sebanyak mungkin informasi dan catat berapa biaya minimal yang dibutuhkan untuk liburan di sana. Semakin jauh, tentu bakal butuh makin banyak dana.

Memilih Transportasi

Kereta api
Naik kereta api (c) Pradina Eka Anugraheny/Travelingyuk

Perjalanan udara jelas butuh biaya ekstra. Jika ingin lebih hemat, sebaiknya Teman Traveler rajin mencari info tiket promo. Alternatif lain, pesanlah tiket sejak jauh – jauh hari untuk mendapatkan harga terbaik.

Sementara itu, perjalanan darat bisa dibilang lebih ekonomis. Teman Traveler bisa memilih menggunakan bus, kereta api, maupun kendaraan pribadi. Namun tentu saja, waktu tempuhnya tidak secepat jika menggunakan pesawat. 

Transpotasi kapal ferry
Bepergian lewat jalur laut (c) Pradina Eka Anugraheny/Travelingyuk

Meski demikian, karena pertimbangan ekonomi sebagian backpacker lebih senang bepergian lewat jalur darat ini. Bagi yang menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya cek kondisi sejak jauh-jauh hari. Pastikan juga fisik Teman Traveler prima, agar tetap nyaman selama perjalanan. 

Alternatif terakhir adalah transportasi laut. Sangat murah jika Teman Traveler berencana pergi ke tempat yang lumayan jauh, apalagi dibandingkan pesawat. Namun demikian waktu tempuhnya bisa cepat atau lambat, tergantung kondisi cuaca sekitar.   

Mencari Informasi dan Promo Penginapan

Daftar hotel promo
Hotel via Unsplash

Teman Traveler sebaiknya mencari informasi penginapan dan promo sejak jauh-jauh. Jika memungkinkan, pilihlah akomodasi yang jaraknya tidak terlalu jauh dari destinasi idaman. Demi menghemat budget, Teman Traveler juga bisa menginap di rumah kerabat atau teman, jika memang ada.

Bawa Barang Secukupnya

Packing koper simple
Packing baju simple via Unsplash

Saat traveling, bawalah barang, pakaian, serta perlengkapan yang penting saja. Sesuaikan dengan kebutuhan. Contohnya perlengkapan mandi, obat-obatan atau vitamin, power bank, dan lainnya.

Selain gak bikin repot, Teman Traveler juga gak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk bagasi. Selain itu masih ada ruang lebih di dalam tas, jika kalian berencana membeli oleh-oleh.

Sewa Kendaraan

Sewa motor harian
Sewa motor via Unsplash

Nah, agar lebih leluasa menikmati dan menelusuri lokasi wisata, sebaiknya Teman Traveler menyewa kendaraan bermotor. Perjalanan kalian bakal semakin efisien. Selain itu kalian juga bebas menjelajah lokasi manapun yang diinginkan.

Bikin Daftar Objek Wisata

Daftar objek wisata
List objek wisata via Unsplash

Untuk mendapatkan pengalaman liburan maksimal, usahakan mengunjungi tempat wisata yang jaraknya berdekatan. Lebih bagus jika bisa yang dapat ditempuh dengan jalan kaki. Teman Traveler bakal lebih hemat waktu, biaya, maupun tenaga.

Sebaiknya buat rute se-efisien mungkin agar Teman Traveler tidak kelelahan. Lakukan pengecekan terlebih dulu, siapa tahu di sekitar penginapanmu ada beberapa destinasi wisata tersembunyi.

Bawa Bekal

Bekal makanan perjalanan
Bekal makanan via Unsplash

Membawa bekal sendiri bisa mengurangi biaya jajan lho, apalagi saat sedang traveling. Bawalah perbekalan praktis dan tahan lama, seperti roti, air mineral, selai kacang, abon, dan lainnya. Pastikan mengandung kadar kalori tinggi, sehingga Teman Traveler tak cepat lapar di tengah perjalanan.   

Pakailah Fasilitas Umum 

Fasilitas umum Cafe
Manfaatkan fasilitas umum via Unsplash

Pastikan Teman Traveler menggunakan fasilitas umum seperti WiFi di taman, bandara, penginapan, tempat makan, atau lainnya. Ampuh banget buat kalian yang suka jalan-jalan, namun tak ingin boros kouta, hehehe.

Nah, itulah sebagian tips backpacker minim biaya dari aku. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk semua Teman Traveler. Salam petualang.

Tags
kontributor tips dan inspirasi Travelingyuk
Share