5 Tips Atasi Masalah Sepele Tapi Menyebalkan di Kamar Hotel

Menjadi seorang traveler bukan hanya sekedar berjalan-jalan dan menikmati pemandangan alam yang ada di sekitar. Kadang otak juga dituntut untuk berpikir kreatif guna mengatasi masalah yang muncul sepanjang perjalanan. Bahkan tidak jarang gangguan justru muncul ketika sedang berada di kamar hotel atau penginapan.

Dengan adanya teknologi smartphone, seorang traveler bisa saja menelepon atau mengirim pesan untuk meminta bantuan. Bisa juga menggunakan browser untuk mencari solusi di Internet. Namun demikian, jika ingin kreatif sebenarnya ada sejumlah masalah kecil yang jalan keluarnya bisa dicari dengan mudah.

Lagipula, mengatasi sebuah masalah dengan kreativitas sendiri biasanya bakal memberikan kepuasan yang tidak terkira. Daripada penasaran, berikut TravelingYuk sajikan beberapa tips untuk mengatasi problem sepele namun menyebalkan yang sering terjadi di kamar hotel.

1. Kelupaan Kode Pembuka Koper

Ilustrasi koper dengan kunci kombinasi angka via Instagram hootenpalvelu

Beberapa traveler biasanya memilih membawa koper yang dilengkapi dengan sistem penguncian lewat kode khusus. Tujuannya tentu saja agar barang yang di dalamnya semakin aman dari tangan-tangan jahil. Namun bagaimana jadinya jika sudah sampai di hotel, namun ternyata kita lupa kode untuk membuka koper?

Jangan khawatir, karena selain dibuka dengan paksa masih ada trik yang bisa digunakan. Cukup temukan celah kecil di antara roda-roda angka kombinasi koper. Celah tersebut harus terlihat dan putar satu kali pada tiap kode searah jarum jam. Coba terus hingga koper bisa dibuka dengan sempurna.

2. Bingung Cari Remote AC

Ilustrasi remote TV via Instagram adityafahmi

Kamar hotel biasanya sudah dilengkapi dengan pendingin udara alias AC. Tamu hotel juga akan dibekali remote dan dibebaskan mengatur sendiri suhu ruangan sesuai selera. Namun bagaimana jadinya jika remote tersebut hilang atau rusak?

Tentunya tamu bisa dengan mudah menelpon resepsionis untuk meminta gantinya. Namun jika tak ingin repot, kita bisa memanfaatkan smartphone yang sudah dilengkapi dengan teknologi IR (Infrared) Blaster. Tinggal install aplikasi yang tepat, sesuaikan dengan merk AC, dan voila, smartphone sudah berubah menjadi remote serbaguna.

3. Colokan Listrik Sedikit

Ilustrasi colokan listrik via Instagram ramonvullings

Traveler zaman sekarang umumnya membawa banyak sekali peralatan yang perlu di-charge. Selain smartphone masih ada kamera digital, action camera, powerbank, laptop, tablet, dan masih banyak lagi. Namun sayangnya, hotel biasanya hanya menyediakan maksimal dua sampai tiga steker untuk masing-masing kamar.

Hal ini bisa disiasati dengan memanfaatkan colokan USB yang ada di TV. Kebanyakan TV di hotel modern sudah memiliki slot semacam itu dan ternyata kita bisa memanfaatkannya untuk mengisi daya smartphone. Namun tentunya TV harus dipastikan menyala dulu agar daya listrik bisa mengalir. Solusi mudah lainnya tentu saja adalah membawa kabel ekstensi atau perpanjangan sendiri dari rumah.

4. Alat Masak

Ilustrasi ketel elektrik yang bisa digunakan untuk memasak via Instagram jimlovesdog

Kecuali di kamar-kamar tipe mewah, ruangan hotel pada umumnya tidak menyediakan alat masak. Paling banter hanya ada gelas dan water heater. Alat yang terakhir disebut berguna untuk memasak air panas dalam waktu singkat, tanpa harus menggunakan kompor.

Jika ingin kreatif, alat tersebut ternyata juga bisa digunakan untuk memasak. Siapkan saja mie instan di sebuah piring, taburkan bumbu-bumbu, lalu siram dengan air panas, kemudian tutupi dengan piring atau benda lain untuk menghalangi uap air keluar. Tunggu beberapa menit, mie instan yang disiapkan tadi akan matang dan sudah layak dimakan.

5. Sepatu Basah

Ilustrasi sepatu basah via Instagram nanex,guard

Kebanyakan traveler biasanya hanya membawa satu sepatu untuk perjalanan. Sebagian besar beralasan ingin menghemat ruang di dalam tas atau bagasi. Namun bagaimana jika alas kaki yang jadi andalan tersebut ternyata basah dan tak nyaman dipakai?

Tak perlu panik atau buru-buru membeli sepatu baru. Dengan trik yang tepat sepatu bisa dikeringkan hanya dalam semalam. Caranya mudah, masukkan lembaran koran bekas dalam sepatu hingga penuh, lalu letakkan sepatu di belakang alat elektronik yang menimbulkan panas, seperti TV atau kulkas. Keesokan harinya, sepatu akan kering seperti sediakala.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa dipraktekkan untuk mengatasi sejumlah masalah sepele namun menyebalkan ketika sedang berada di hotel. Jadi, lain kali jika ada masalah serupa kita bisa coba mengatasinya sendiri tanpa perlu repot-repot memanggil petugas.

Tags
tips dan inspirasi tips wisata traveling
Share