Sering Ketinggalan Pesawat? Simak Kiat Berikut Ini!

Banyak hal yang bisa menyebabkan Anda ketinggalan pesawat, seperti jadwal keberangkatan yang tertunda karena cuaca buruk. Hal itu memang tidak bisa dihindari. Tapi bagaimana kalau Anda ketinggalan pesawat karena blunder Anda sendiri? Tentu merupakan hal yang bisa dihindari, bukan?

Berbeda dengan cuaca buruk yang merupakan faktor eksternal, ketinggalan pesawat karena blunder merupakan faktor internal yang menyangkut kesiapan diri Anda sendiri. Oleh karena itu, Anda bisa menghindarinya dengan kiat anti-blunder berikut ini:

Periksa Paspor dan Visa

Salah satu blunder paling umum yang dilakukan oleh penumpang pesawat adalah paspor yang sudah mepet dengan tanggal kadaluwarsa, atau bahkan sudah lewat. Hal ini tentu merugikan karena bukan hanya membuat Anda ketinggalan pesawat, tapi juga menggagalkan rencana keberangkatan Anda.

Periksa Paspor dan Visa
Periksa Paspor dan Visa [Image Source]
Selain paspor, Anda juga harus memastikan kelengkapan visa Anda. Memang ada beberapa negara yang tidak memerlukan visa untuk disinggahi. Tapi beberapa negara tertentu justru mengharuskan Anda memiliki visa yang bisa ditunjukkan. Oleh sebab itu, jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan, ada baiknya kalau Anda mencari informasi apakah negara yang dituju mensyaratkan visa atau tidak.

Berangkat Lebih Awal

Hiruk-pikuk jalan raya tentu bisa menjadi alasan Anda ketinggalan pesawat.  Apalagi kalau Anda berangkat mepet dengan jam take-off. Belum lagi kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sepeti ban bocor atau kehabisan bensin saat menuju bandara.

Berangkat Lebih Awal
Berangkat Lebih Awal [Image Source]
Oleh karena itu, pastikan Anda berangkat lebih awal. Selain untuk menanggulangi hal-hal yang tidak diinginkan, kiat yang satu ini juga berguna untuk menghindari antrean panjang saat check-in di bandara. Perlu dicatat bahwa beberapa bandara sangat tegas tentang aturan check-in. Terlambat semenit saja, tiket Anda dianggap hangus.

Waspadai Hari Sibuk

Akhir pekan dan tanggal merah, terutama menjelang lebaran dan tahun baru, bisa dipastikan menjadi hari-hari paling sibuk dalam lalu lintas penerbangan. Sekali pun Anda sudah berangkat jauh lebih awal, sangat mungkin waktu Anda tersita oleh kemacetan jalan raya dan antrean yang sangat panjang di bandara.

Waspadai Hari Sibuk
Waspadai Hari Sibuk [Image Source]
Kalau Anda membawa mobil pribadi, ada baiknya Anda memastikan jalan mana saja yang sekiranya bebas dari kemacetan. Kalau perlu, Anda juga bisa menginap di bandara tersebut karena beberapa bandara memang mengizinkan pelanggannya untuk bermalam.

Jangan Salah Gerbang

Salah gerbang memang terdengar lucu. Tapi niscaya, perkara yang satu ini sangat mungkin menimpa Anda di bandara yang mana saja. Bahkan, ada juga kasus di mana terjadi perubahan gerbang mendadak tanpa pemberitahuan oleh petugas bandara. Tentu waktu Anda akan habis untuk berpindah dari gerbang satu ke yang lain.

Jangan Salah Gerbang
Jangan Salah Gerbang [Image Source]
Lantas apa yang sebaiknya dilakukan? Beberapa maskapai penerbangan telah melengkapi pelayanan dengan aplikasi yang bisa diunduh pada gawai Anda. Informasi perubahan gerbang pun bisa didapatkan dengan mudah. Seandainya gawai Anda jauh dari koneksi internet, Anda bisa bertanya pada petugas bandara secara langsung. Bukankah malu bertanya sesat di gerbang?

Ketinggalan pesawat karena blunder sendiri memang sangat merepotkan. Selain jadwal yang mesti disusun ulang, Anda juga harus merogoh kocek lebih dalam demi mendapatkan tiket yang baru. Tapi dengan persiapan yang matang dan kewaspadaan terhadap blunder tersebut, Anda tentu bisa menikmati perjalanan tanpa perlu ketinggalan pesawat.

Tags
tips di bandara tips traveling tips wisata
Share