Kecelakaan Maut di Cipularang, Ini Tips Lakukan Road Trip Aman

Kecelakaan maut terjadi di Tol Cipularang KM 91, Senin (2/9/2019). Sebagaimana dilansir dari Kompas, tabrakan beruntun tersebut melibatkan truk, bus, dan juga mobil pribadi. Insiden ini mengakibatkan mobil terbakar, serta menelan masing-masing enam korban jiwa dan luka-luka. 

Kejadian naas semacam ini cukup sering terjadi jalan tol manapun di Indonesia. Penyebabnya bisa datang dari beberapa hal, seperti kelalaian manusia, kerusakan kendaraan, maupun kondisi jalan. Maka dari itu, Travelingyuk akan berikan tips lakukan road trip aman. Yuk, simak bersama ulasannya. 

Memacu Kendaraan Sesuai Anjuran

kecelakaan cipularang
Memacu kendaraan sesuai aturan kecepatan via shutterstock

Salah satu penyebab kecelakaan yang paling sering terjadi adalah kecepatan. Oleh karena itu Teman Traveler sebaiknya memacu kendaraan sesuai anjuran petugas lalu lintas. Jangan sampai berkendara dengan kecepatan berlebihan, karena jalan raya bukanlah sirkuit yang bisa dengan bebas dilintasi kendaraan melesat cepat. 

Beri Jarak dengan Kendaraan Lain 

kecelakaan cipularang
Beri jarak dengan kendaraan lain via shutterstock

Cara selanjutnya yang bisa Teman Traveler lakukan adalah memberi jarak dengan kendaraan lain. Percuma jika kalian berkendara dengan kecepatan sesuai aturan, namun tidak memberi space lebih pada mobil atau motor lain. Hal inilah yang sering mengakibatkan terjadinya kecelakaan beruntun, seperti yang terjadi di Tol Cipularang. Ayo deh, mulai sadar diri memberi jarak beberapa meter dengan kendaraan lainnya. 

Beristirahat Ketika Sudah Lelah 

Beristirahat ketika lelah via shutterstock

Pengemudi yang lelah namun masih memaksakan diri menyetir melakukan salah satu penyebab utama kecelakaan lalu lintas. Hal ini bisa dihindari dengan segera memutuskan beristirahat. Boleh tidur atau sekedar membaringkan tubuh di rest area. Dengan melakukan ini, risiko terjadinya kecelakaan bisa dikurangi. 

Memeriksa Kendaraan Sebelum Bepergian 

Periksa kendaraan sebelum bepergian via shutterstock

Selain melakukan tiga hal di atas, Teman Traveler juga perlu memeriksa kondisi kendaraan yang akan digunakan sebelum bepergian. Mulai dari ban, mesin, sampai rem. Usahakan jangan ada yang terlewat, agar mobil maupun motor tetap aman digunakan sepanjang perjalanan. Lebih baik repot di awal daripada harus mengalami kejadian tak menyenangkan di jalan raya. 

Itulah cara-cara yang bisa Teman Traveler lakukan untuk menghindari kecelakaan saat road trip. Intinya tetaplah berhati-hati dan jangan sampai insiden maut seperti di Cipularang terulang kembali.  

Tags
kecelakaan cipularang tips traveling
Share