Lakukan Ini Untuk Tindak Keamanan di Hotel, Agar Tidur Bisa Tenang

Memilih akomodasi merupakan salah satu hal yang penting dipertimbangkan saat merencanakan liburan. Salah pilih, jelas akan membuat acara liburan jadi berantakan. Namun, bisa juga ada peristiwa tak terduga yang terjadi selama beristirahat di hotel. Tenang saja, lakukan beberapa tindak keamanan di hotel agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Apa saja, ya.

1. Hindari Kamar di Lantai Dasar

Hindari kamar di lantai dasar
Hindari kamar di lantai dasar via Instagram/@waikiki_resort_hotel

Hal-hal yang tak diinginkan bisa saja terjadi saat kamu menginap di hotel. Mintalah pada resepsionis untuk tidak memberimu kamar di lantai dasar. Kamar-kamar di lantai ini mudah dijangkau. Paling aman adalah kamar-kamar di lantai tengah. Tidak mudah dibobol orang asing, namun juga mudah untuk turun jika terjadi kebakaran.

2. Simpan Sendiri Semua Identitas

Simpan identitas
Simpan identitas via Instagran/@semangatnikah

Pastikan untuk menyimpan semua identitasmu dengan baik. Apalagi jika sedang berkunjung ke luar negeri, penting untuk membawa selalu paspor dalam tasmu. Tidak lupa juga untuk menyimpan foto copy paspor di koper atau tas yang berbeda. Ini merupakan salah satu tindak keamanan di hotel yang bisa dilakukan. Lakukan agar terhindar masalah jika ternyata petugas kebersihan hotel tidak sengaja menghilangkan atau sekedar memindah di tempat yang membuatmu kebingungan.

3. Barang Berharga di Brankas

Brankas di hotel
Brankas di hotel via Instagram/@magicthenature

Tindak keamanan di hotel lainnya yang bisa dilakukan adalah menyimpan barang-barang berharga dalam brankas. Sebagian besar hotel kini menyediakan lemari penyimpanan dengan kode di setiap kamarnya. Pastikan untuk menyimpan uang, perhiasan, dan dokumen berharga lainnya di lemari tersebut saat meninggalkan hotel untuk keliling wisata sekitar. Aman, deh.

4. Simpan Kontak Hotel

Simpan kontak hotel
Simpan kontak hotel via Instagram/@grandelyseelaresidence

Tindak keamanan di hotel yang sering lupa dilakukan adalah meminta kartu nama dari tempat menginap. Simpan dalam tas dan bawa kemana pun pergi. Hal ini akan sangat berguna jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti tersesat. Kamu bisa meminta tolong orang lain untuk menunjukkan letak dari hotel yang kamu tempati.

5. Pindah Kamar

Minta pindah kamar
Minta pindah kamar via Instagram/@residence4apartments

Perhatikan hal ini saat proses check in di hotel. Jika resepsionis menyebut nomer kamarmu dengan lantang, segera minta ganti dengan ruangan yang lain. Kita tidak tahu siapa saja yang sedang mendengarkan atau berencana buruk dan sedang menunggu kesempatan. Lakukan hal yang sama saat kamu kehilangan kunci atau kartu untuk pintu kamar hotel. Pastikan dulu untuk memeriksa semua barangmu.

Nah, di atas tadi adalah beberapa tindak keamanan di hotel yang perlu dilakukan. Siapa sih yang ingin liburan jadi berantakan? Namun, jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan, kamu sudah siap dan tetap aman. Bagaimana, setuju kan?

Tags
Akomodasi Indonesia keamanan hotel tips dan inspirasi
Share